Minggu, 13 Oktober 2024

Peran Inovasi dalam Menyongsong Perubahan dalam Bisnis dan Karir


Oleh : Anita Setiawati (M46)


Pendahuluan

Dengan derasnya kemajuan teknologi yang membawa perubahan yang sangat cepat ke dalam hampir seluruh aspek kehidupan kita, termasuk dunia profesional. Kita dituntut untuk mampu beradaptasi dan berinovasi, baik secara individu (perorangan) dan secara kolektif (bersama). Yang mampu berinovasi dapat menciptakan produk dan layanan baru yang mengisi kebutuhan pasar. Inovasi juga memungkinkan kita untuk efisiensi operasional yang lebih baik, meperbaiki produktivitas, bahkan menciptakan lapangan baru. 

Inovasi punya peranan sangat penting untuk kemajuan ekonomi.


Permasalahan

Setiap perubahan di dunia akan selalu membawa 2 sisi, yaitu sisi positif dan negatif. Berdasarkan penelitian Dengan derasnya arus informasi saat ini, menciptakan kebiasaan baru yaitu pendeknya fokus seseorang dalam menerima informasi. Segala sesuatu harus disampaikan dalam waktu yang sangat singkat namun efektif. Sementara kemampuan kita untuk menerima, memproses suatu informasi dan beradaptasi akan memerlukan waktu. Tantangan ini dihadapi oleh semua orang dalam dunia karir dan bisnis. 


Pembahasan

Inovasi yang terus menerus dibutuhkan dalam dunia bisnis dan karir. Saat ini dunia mempunyai banyak jenis pekerjaan atau bisnis  yang mungkin 10 - 20 tahun yang lalu tidak ada. Dengan kemajuan teknologi yang menghasilkan banyaknya media sosial, kini timbul pekerjaan social media specialist. Dunia bisnis juga sangat berkembang dengan adanya kemajuan teknologi. Dulu dunia usaha hanya bisa dibangun oleh pihak yang mempunyai modal, namun sangat ini persaingan terbuka bagi siapa saja. Siapa saja bisa memulai usaha.


Kesimpulan

Dengan kemajuan dekade ini, inovasi sangat penting untuk kemajuan ekonomi.

Inovasi dapat meningkatkan daya saing dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumen/pasar yang terus berkembang. Inovasi mendorong efisensi dan keberlanjutan.


Saran

Inovasi adalah kunci dalam menghadapi tantangan di masa depan. Perubahan teknologi, pergeseran trend pasar, dan perubahan sosial menghadapkan pada tantangan dan peluang baru bagi bisnis. Yang mampu berinovasi dapat mengantisipasi perubahan, beradaptasi dengan cepat, dan memanfaatkan peluang yang muncul. Inovasi memungkinkan kita untuk menciptakan terobosan baru, mengubah cara kita melakukan bisnis dan menciptakan masa depan yang lebih baik.Tetaplah kreatif dalam memecahkan masalah.


Balai Pustaka

https://lib.stieken.ac.id/peran-inovasi-dalam-transformasi-bisnis-dan-ekonomi/

https://jurnal.unpad.ac.id/share/article/download/31443/15062

https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jamika/article/download/2678/1826/

https://markplusinstitute.com/explore/apa-itu-inovasi-bisnis/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar