Selasa, 15 Oktober 2024

MENGUBAH DIRI UNTUK MASA DEPAN YANG LEBIH BAIK, MENYONGSONG PERUBAHAN DENGAN PERCAYA


                                                                 

Oleh : Heni Handayani (M49)
                  

 ABSTRAK

     Perubahan global yang cepat dalam bidang teknologi, ekonomi,dan sosial menurut individu untuk beradaptasi dan mengubah diri demi menghadapi tantangan hidup yang semakin kompleks. proses penyesuaian diri menjadi sangat penting dalam menghadapi berbagai tekanan,ketegangan, dan konflik yang muncul dalam kehidupan sehari-hari.

salah satu faktor kunci dalam proses ini adalah kepercayaan diri yang memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampun individu untuk merespon tantangan dan mengambil resiko yang di perlukan . namun hambatan utama dalam mengembangkan kepercayan diri sering kali berasal dari kekeatan ,keraguan diri,dan ketidak pastian yang meliputi individu. ketakutan,ketakutan akan kegagalan dan perubahan dapat membuat seseorang terjebak dalam zona nyaman, meskipun situasi tersebut tidak memberikan ruang untuk perkembangan yang positif.konsep diri yang matang juga memiliki peran besar dalam membentuk kepercayaan diri seseorang .individu dengan pemahaman dan penilaiyan positif terhadap diri mereka cenderung lebih mampu menghadapi tantangan dengan keberanian.

Dalam lingkungan yang selalu berubah, dukungan dari keluarga dan suasana yang kondusif sangat penting untuk mermbangun kepercayaaan diri,terutama pada anak,lingkungan yang mendukung dapat mendorong individu untuk mengambil langkah-langkah baru dan menghadapi ketidak pastian dengna lebih siap.Artikel ini menerapkan perlunya keyakinan diri, keberanian untuk menghadapi ketidak pastian,serta dukungn lingkungan dalam membangun rasa percaya diri yang lebih kuat ,sehungga individu dapat lebih siap menghadapi masa depan yang lebih penuh tantangan.

Kata Kunci; Percya Diri,Perubahan,Adaptasi,Masa Depan

                                                           PENDAHULUAN

        Didunia moderen yang terus berubah, kemampuan untuk beradaptasi dan mengubah diri menjadi semakin penting.Perubahan terjadi di berbagai aspek kehidupan, mulai dari perkembangan teknologi ,ekonomi,hingga perubahan sosial yang cepat. untuk menghadapi semua ini, setiap individu di tuntut untuk siap menyesuaikan diri dengan tantangan baru.penyesuaiyan diri merupakan suatu proses dalam hidup yang melibatkan reaksi mental dan prilaku saat menghadapi tekanan , ketegangan, frustasi konflik dan tantangan hidup agar individu mampu menyesuaikan diri di lingkungan baru [Ningrum dan Intan,2023].

         perubahan global ini sering kali membawa tekanan yang besar .teknologi Teknologi yang terus maju dan tuntutan hidup yang semakin kompleks membuat banyak orang merasa tertinggal jika tidak mampu untuk beradaptasi, seseorang bisa merasa terjebak dan kesulitan untuk menghdapi masa depan.kegaglan dalam bersaing ,kemampuan yang belum memenuhi tuntutan ,serta kesulitan beradaptasi adalah sejumlah hal yang membuat mereka cemas [Hanim dan Ahlas 2020].Sebaiknya dengan mengubah diri dan bersikap terbuka terhadap perubahan, peluang-peluang baru bisa terbuka dan membawa kemajuan dalam berbagai aspek kehidupan 

         Salah satu kunci untuk menghadapi perubahan ini adalah percaya diri, self confidence atau kepercayaan diri merupakan sikap positif seorang individu yang memampukan dirinya untuk mengembangkan penilaiyan positif,baik terhadap dirinya maupun terhadap lingkungn atau situasi yang sedang di hadapi [Rais, 2022].Percaya diri bukan hanya tentang merasa yakin pada kemampuan diri, tetapi juga tentang keberanian untuk menghadapi ketidak pastian dan mengambil langkah maju.Orang yang percaya diri akan lebih siap untuk menerima tantangan, mencoba hal baru ,dan berani mengambil resiko . kepercyaan diri memberikan dorongan untuk terus berkembang ,bahkan ketika sesuatu yang tidak pasti.

         Namun rasa percaya diri yang rendah sering kali mrnjadi hambatan .Orang yang kurang percaya diri cenderung ragu , takut gagal,dan merasa tidak mampu menghadapi perubahan . kondiri ini bisa menghambat proses pengembangan diri dan membuat seseorang sulit untuk maju.Oleh karena itu , membangun rasa percaya diri sangat penting agar seseorng bisa siap menghadapi setiap perubahan yang datang.

        Dalam dunia yang selalu berubah, kita tidak bisa menghindari perubahan, tetapi kita bisa menyiapkan diri,Mengubah diri untuk menjadi lebih baika adalah langkah awal menuju masa depan yang sukses.Dengan percaya diri,Setiap tantangan bisa dihadapi dengan lebih ringan, dan kita akan lebih siap menyongsong masa depan yang penuh peluang.

                                                                PERMASALAHAN 

         Proses mengubah diri untuk masa depan yang lebih baik sering kali penuh dengan tantangan dan hambatan . bagi kebanyakan orang, Perubahan adalah suatu yang ,menakutkan , terutaman ketika di hadapkan pada ketidakpastian dan resiko yang mungkin terjadi . Hambatan ini berasal dari faktor internet seperti ketakutan, keraguan diri dan ketidak pastian, maupun faktor eksternal seperti lingkungan tidak mendukung . Semua ini dapat menghambat seseorng dalam mencapai perkembangan yang diinginkan.

         Keraguan diri juga menjadi tantangan signifikan dalam mengubah diri. Individu yang kurang percaya diri. sering kali meragukan kemampuan mereka sendiri untuk menghadpi perubahan . mereka mungkin merasa tidak cukup baik , tidak memiliki keterampilan yang di perlukan ,atau meraguakan apakah mereka layak untuk mencapai tujuan yang lebih besar . keraguan ini membuat mereka lebih sering menunda-nunda atau bahkan menghindari langkah-langkah yang di perlukan untuk mencapai perubahan .Dan dengan rasa percaya diri yang rendah dapat mengakibatkan frustasi,depresi,serta ada juga yang sampai bunuh diri[Purwadi,2021]. Selain itu ketidakpastian tentang masa depan sering kali menjadi faktor yang menghambat proses perubahan diri. Tidak ada yang memastikan apa yang akan terjadi di masa depan, dan bagi semua orang, ketidakpastian ini bisa menimbulkan kecemasan yang besar . Kecemasan adalah respon yang tepat terhadap ancaman .Tetapi kecemasan bisa menjadi abnormal bila tingkatan tidak sesuai dengan proposi ancaman,atau seperti datang tanpa ada penyebab, yaitu bila bukan merupakn respon terhadap perubahan lingkungan [Nevid et al.,2018]. Merea takut perubahan yang di lakukan mungkin tidak membawa hasil yang di inginkan, atau lebih buruk dari situasi saat ini. Akibatnya banyak yang memilih untuk tetap di tetap meskipun mereka tahu bahwa perubahan sebenernya bisa membawa peluang yang lebih baik.

        Contoh nyata di mana orang merasa kesulitan beradaptasi dengan perubahan besar adalah ketika mereka harus beralih dari pekerjaan tradisional ke dunia digital.Perubahan teknologi yang cepat sering kali membuat orang merasa tertinggal, terutama mereka yang tidak terbiasa dengan teknologi .Situasi ini bisa sangat menantang bagi seseorang yang telah lama bekerja di sektor yang relatif tradisional . mereka merasa kesulitan untuk memahami teknologi baru, merasa tidak terampil dan akhirnya mereasa tidak percaya diri untuk bersaing dengan generasi yang lebih muda.

          Kepercyan diri adalah pondasi penting dalam menghadapi perubahan dan tentang hidup.Namun tantangn seperti ketakutan ,keraguan diri dan ketidakpastiaan dapat secara signifikan mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang.Ketika seseorang terlalu lama terjebak dalam ketakutan akan kegagalan atau kegagalan terhadap kemampuan diri, rasa percaya diri mereka akan semakin menurun .Mereka akan sering meragukan kemampuan untuk berhasil, merasa tidak berhaga dan akhirnya berhenti mencoba .Sebaiknya individu dengan kepercyaan diri yang lebih tinggi akan lebih siap untuk menghadpi tantangan dan perubahan dengan sikap positif. mereka lebih mungkin untuk melihat setiap hambatan sebagai peluang untuk belajar dan berkembang , bukan ancman .rasa percya diri yang kuat memiliki dampak positif terhadap presentasi akademik, interaksi sosial dan kemampuan pemecah masalah[Haunaeroh et al,2024] kepercayaan diri memberikan keberanian memberi resiko dan keyakinan bahwa apapun hasilnya ,mereka akan mampu mengatasinya.

                                                                        SARAN

             Untuk meningkatkan kepercayaan diri,langkah yg lebih perlu di lakuakn adalah menyakinkan diri bahwa kita mampu mengerjakan sesuatu dengan hasil yang baik dan memuaskan ,keyakinan ini perlu disetai dengan keberanian untuk mencoba hal-hal baru, tanpa takut kegagalan , jika hasilnya belum memuaskan , terus mencoba sampai berhasil .selain itu penting untuk selalu percaya bahwa Tuhan Yang Maha Esa selalu bersama kita ,sehinggga rasa takut ,malu atau gengsi berlebihan harus dihindari karena kan menghambat kemajuan diri. upaya ini juga akan melibatkan kesadaran bahawa kesdaran diri dapat di pisahkan dari konsep diri dan di pisahkan dari konsep ini .Konsep diri berperan dalam perkembangan kepribadian ,karena menentukan orang bersikap ,berpikir dan bertindak.Semakin mantap konsep diri seseorang ,semakin kuat rasa percaya diri.

            Membnagun rasa percaya diri juga dapat di mulai dari lingkungan terdekat seperti menciptakan suasana rumah yang kondusif dan penuh dukungan .orang tua dapat melibatkan anak dalam pengambilan keputusan keluarga.memberikan ruang untuk anak mengapresikan pendapat dan persasaannya ,serta mendorong mereka untuk bicara dan bertanya .selain itu pentingga memberikananak tanggung jawab atas tugas-tugas mereka sendiri ,tanpa perlu melindungi atau mencemooh pendpat mereka.Denagn cara ini anak akan menghadapi situasi dengan keberanian dan kemandirian ,yang pada gilirannya akan membangun kepercayaan diri yang kuat untuk kehidpannya di mana depan.

                                                                  DAFAR PUSTAKA

Hanim,L. M& Ahlas,S.A(2020).Orientasi Masa Depan dan kecemasan

Mengadapi Dunia Kerja Pada Mahasiswa.Jurnal Penelitin Psikolog, 11(1)41-48

Humaeroh,S.,Dewi, D.A & Hayat ,R.S(2024).Pentingnya Membangun Rasa Percaya Diri Siswa Melalui Literasi Budaya dan kewargaan Di Sekolah dasar 

ELSCHO:jurnal pendidikan Guru Sekolah dasar,2(1),12-17

Nevid,J.S., Ratus,S.A&Greene.(2018).psikologi Abnormal.Jakarta:Elrangga

Ningrum S.O.V& Intansari,F.(2023).Penyesuaian Diri Mahasiswa Perantau Di UniversitS pringsewu Thun 2023Jurnal Psikologi,1(1),1o-10

Purwadi (2021)Membutuhkan rasa percaya diri peserta didik.jurnal ilmia swara ganesha,8(2),23-37

Raus, M.R(2020).Kepercayaan Diri (Self Confidence) dan Perkembngannya Pada remaja AL-Isyad:jurnal pendiddikan dankonseling , 12(1),40-47

Siswadi,G.A.Dualitas Harapan dan Ketakutan Dalam Hidup Manusia:Sebuah Telah Filosofi,Widya Katambung,13(1),16-26


Tidak ada komentar:

Posting Komentar