Minggu, 13 Oktober 2024

Lima Tanda Anda Belum Menyadari Potensi Diri dan Cara Mengatasinya


Oleh : Gilang Aji Saputro (M05)

Abstrak

Sebagian dari manusia pasti ada yang pernah mengalami kebingungan tentang langkah yang akan diambil untuk masa depannya, seperti pekerjaan mana yang mau dipilih, jurusan apa yang akan dituju , hingga bahkan merasa tidak cocok dan yakin dengan jurusan yang telah dipilih. Kebingungan yang terjadi, tidak hanya dikarenakan terlalu banyak dihadapkan dengan pilihan.

Ada juga hal lain yang menjadi faktor penghambatnya yaitu mungkin terlalu banyak tuntutan yang harus dipelajari, sehingga hanya ada kecil kesempatan untuk dapat memahami diri sendiri. Pada akhirnya, saat manusia tersebut telah beranjak dewasa, dia akan merasa kebingungan dengan jalan mana yang akan ditempuh untuk mencapai keberhasilannya di masa yang akan datang.

Ada yang mengatakan bahwa kepribadian dapat mempengaruhi minat seseorang. Makna dari kepribadian ini adalah pola cara berfikir dan berperilaku terhadap lingkungan dengan menyesuaikan situasi dan kondisi. Menurut John Holland, psikolog asal Amerika menyatakan bahwa hubungan antara kepribadian dan lingkungan yang cocok, dapat juga menentukan kepuasan dan kebahagiaan dalam beraktivitas. Sampai saat ini, tidak sedikit dari kita yang masih belum menemukan minat, bakat, maupun potensi yang sebenarnya telah ada dalam diri. Tidak perlu khawatir, karena ada banyak cara yang dapat membantu permasalahan yang kerap terjadi ini dengan tujuan dapat mengetahui potensi.

Kata kunci

a. Potensi Diri: kemampuan, bakat, kreativitas, dan sifat unggul yang dimiliki setiap orang, baik yang telah terwujud maupun yang belum. Potensi diri dapat berkembang melalui usaha, kerja keras, belajar, atau bakat alami yang dimiliki sejak lahir.

b. Menyadari Potensi Diri: proses mengenali dan memanfaatkan kemampuan, bakat, kreativitas, dan sifat unggul yang dimiliki untuk mencapai tujuan dan meningkatkan kualitas hidup.

Pendahuluan

  Potensi Diri adalah kemampuan, bakat, kreativitas, dan sifat unggul yang dimiliki setiap orang, baik yang telah terwujud maupun yang belum. Potensi diri dapat berkembang melalui usaha, kerja keras, belajar, atau bakat alami yang dimiliki sejak lahir, tetapi dalam diri manusia terkadang setiap orang belum paham akan potensi dirinya sendiri.

  Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam mengenai tanda belum mengenalnya potensi diri. Melalui kajian literatur dan analisis kasus, penelitian ini akan mengidentifikasi faktor-faktor psikologis, sosial, dan lingkungan yang berperan dalam pengembangan potensi diri. Selain itu, penelitian ini juga akan mengusulkan strategi-strategi yang dapat diterapkan untuk mengatasi kurannya kesadaran dalam mengenali potensi diri.

Permasalahan

Semua orang terlahir dengan potensinya masing-masing. Pasti ada kelebihan yang dimiliki oleh seseorang yang membuatnya berbeda dengan orang lain, berdasarkan penelitian dan pengalaman, terdapat bebrapa tanda belum mengenal potensi diri seperti bingung keinginan, sering gonta-ganti pikiran, kurang pede, banyak penyesalan, dan gampang dipengaruhi orang lain hal ini mungkin dikarenakaan beberap faktor seperti kurangnya keyakinan diri Lingkungan yang negatif, Ketakutan akan kegagalan, membandingkan diri dengan orang lain, dan kurangnya dukungan dan bimbingan mungkin lima hal tersebut menjadi tanda dan faktor utama kita belum bisa menyadari potensi diri sendiri.

Pembahasaan

Terdapat beberapa tanda kita belum menyadari potensi diri sendiri.

Pertama Sering Bingung Sama Keinginan Sendiri

     Kalo kamu sering banget ngerasa bingung sama apa yang sebenernya kamu mau dalam hidup, ini bisa jadi tanda kalo kamu belum bener-bener kenal diri sendiri. Misalnya, kamu gak tau mau kuliah jurusan apa, atau bingung mau kerja di bidang apa. Nah, kalo udah gini, biasanya kita jadi susah buat nentuin langkah-langkah yang harus diambil buat mencapai tujuan kita.

Kedua Pikiran Sering Gonta-ganti

    Tanda kedua, kamu sering banget gonta-ganti pikiran. Hari ini pengen jadi dokter, besoknya pengen jadi YouTuber, lusanya pengen jadi pengusaha. Kalo kayak gini terus, bisa-bisa kamu jadi ragu sama kemampuan diri sendiri dan susah buat bikin keputusan yang mantap.

Ketiga Kurang Pede

    Nah, ini nih yang sering banget dialamin sama banyak orang. Kalo kamu sering ngerasa gak pede atau selalu ragu sama kemampuan diri sendiri, bisa jadi ini tanda kalo kamu belum bener-bener kenal potensi yang ada dalam diri kamu. Padahal, kalo kita udah kenal diri dengan baik, harusnya kita bisa lebih pede dan yakin sama langkah-langkah yang kita ambil.

Kempat Banyak Hal Yang Disesalin dalam Hidup

     Kalo kamu sering banget ngerasa nyesel sama keputusan-keputusan yang udah kamu ambil, ini juga bisa jadi tanda kalo kamu belum kenal diri dengan baik. Orang yang udah kenal dirinya biasanya lebih bisa nerima keputusan yang udah diambil dan gak gampang nyerah gitu aja.

Kelima Gampang Banget Dipengaruhi Orang Lain

    Terakhir, kalo kamu gampang banget kebawa-bawa sama pendapat atau keinginan orang lain, dan sering ngelakuin sesuatu cuma karena ikut-ikutan temen, ini juga bisa jadi tanda kalo kamu belum bener-bener kenal diri sendiri. Orang yang udah kenal dirinya biasanya lebih bisa dengerin kata hatinya sendiri dan gak gampang terpengaruh sama orang lain.

    Dalam hal tersebut kita perlu mengatasinya agar bisaa lebih mengenal potensi diri sendiri,

Dapat dilakukan dengan hal-hal berikut :

Pertama kenali diri

Paham akan kepribadian yang ada dalam diri kita merupakan aspek penting yang mendasar. Perlunya mengetahui potensi yang dimiliki dapat menentukan langkah yang pantas untuk diambil. Mungkin pada sebagian orang ada yang masih mengalami kesulitan dalam memahami diri. Perenungan bisa menjadi solusi yang tepat atau bertanya kepada teman yang sudah benar-benar mengenal kita.

Kedua cari hal yang menarik bagi dirimu

Sebagian besar dari kita mungkin masih belum menyadari kalau sebenarnya ada hal yang membuat kita tertarik. Ciri-ciri sesuatu menarik bagi kita yaitu ketika merasa enjoy, nyaman, hingga tidak terasa jika ternyata kita sudah lama melakukan aktivitas itu.

Ketig cari hal yang bisa dan suka dikerjakan

Hal yang bisa apalagi suka untuk dikerjakan termasuk tanda bahwa kamu mempunyai bakat dalam bidang tersebut. Sebagai contoh kamu suka merias wajah, potensi itu bisa kamu asah secara terus-menerus dan kemudian hari bisa anda jadikan pekerjaan yaitu merias orang lain.

Kempat berani mencoba untuk mencari pengalaman

Mempunyai sikap untuk berani mencoba banyak hal akan menambah banyak pengalaman. Dari sikap tersebut bisa menjadi acuanmu dalam mengetahui bakat terpendam yang kamu miliki. Terkadang kita tidak tahu, apakah hal yang kita lakukan merupakan bakat atau bukan. Bisa jadi hal yang kita senangi yang belum pernah kita lakukan. Alasan inilah yang terkadang menjadi dasar untuk terus berani mencari pengalaman sebanyak-banyaknya.

Kelima bisa meengikuti Tes Minat dan Bakat

Cara ini mungkin menjadi cara paling mudah, cepat, dan instant yang sudah seringkali dilakukan oleh orang-orang zaman sekarang. Mulai dari anak kecil hingga dewasa sudah mengikuti tes ini.

Kegunaan dari tes minat dan bakat dapat membantu mengarahkan mereka sesuai dengan potensi yang mereka punya. Namun, tidak semua orang berhasil sesuai dengan hasil tes ini. Ada beberapa orang yang harus menerima kegagalan karena hasil dengan kenyataan yang ada ternyata tidak sesuai. Ketika sudah mengetahui minat dan bakat yang kamu punya, jangan lupa untuk terus diasah dan dilatih. Sesuatu yang sering dilakukan akan berkembang dengan seiringnya waktu. Sikap berani dan pantang menyerah diperlukan dalam bertekad meraih sesuatu yang diimpikan.

Kesimpulan

  Potensi Diri adalah kemampuan, bakat, kreativitas, dan sifat unggul yang dimiliki setiap orang, baik yang telah terwujud maupun yang belum. Potensi diri dapat berkembang melalui usaha, kerja keras, belajar, atau bakat alami yang dimiliki sejak lahir, tetapi dalam diri manusia terkadang setiap orang belum paham akan potensi dirinya sendiri. Dalam tersebut terdapat beberapa tanda seseorang belum menyadari potensi diri mereka masing-masing seperti bingung keinginan, sering gonta-ganti pikiran, kurang pede, banyak penyesalan, dan gampang dipengaruhi orang lain, tetapi kita dapat mengatasinya dengan beberapa cara seperti mengenali diri, mencari hal yang menarik bagi diri sendiri, berani mencoba untuk mencari pengalaman, mengikuti tes minat dan bakat.

Saran

Saran dari penulis untuk arahan lebih lanjut, yaitu dengan adanya artikel dibuat ini, untuk memahami beberaapaa tanda bahwaa seseorang tersebut belum menyadari potensi diri sendiri, dan dijelaskan juga mengenai cara untuk mengatasinya agar seseorang bisa paham akan potensi diri meraka masing-masing karena dengan mengetahui potensi diri kita dapat mengembaangkaannya dan memuwujudkan apa yang diiinginkannya.

Daftar Pustaka

https://www.lifeskills.id/tandaandabelummengenaldirisendiridenganbaik

https://www.kompasiana.com/indhira224/635872f04addee2cfb2a63e3/5caramengetahuiminatbakatdanpotensidalamdiri

https://www.idntimes.com/life/inspiration/daysdesy/penghambatdirimengetahuipotensisebenarnya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar