Senin, 14 Oktober 2024

Menyongsong perubahan : Mengubah Tantangan Menjadi Kesempatan

 


Oleh : Wardah Syarifah Alawiyyah (M41) Program Studi Psikologi

Abstrak

Perubahan masyarakat adalah suatu keniscayaan tidak ada yang tidak berubah, di dunia ini kecuali perubahan itu sendiri perubahan yang terus menerus yang disebabkan oleh perubahan zaman dan perbedaan waktu tersebut, menyentuh berbagai aspek kehidupan manusia baik bidang sosial ekonomi, kultural moral, politik, maupun sistem hukum sikap masyarakat muslim dalam merespon perubahan berbeda-beda sebagian dari mereka ada yang secara tegas menolak dan panik dengan berlindung pada romantisme sejarah masa lalu sebagian yang lain masuk dan mengikuti arus perubahan di antara dua golongan yang ekstrim, terdapat kelompok yang mampu merespon perubahan dengan melakukan pengkompromian ideal-idealnya, melakukan reaksi dengan mengasimilasi, dengan mengembangkan dimensi-dimensi baru.

Tantangan dalam perspektif kehidupan, sejatinya mengasah kecerdasan dan kreatifitas manusia untuk menyelesaikan dan mengubahnya menjadi harapan peluang atau disebut juga probabilitas merupakan harga angka yang menunjukkan seberapa besar kemungkinan suatu peristiwa atau kejadian akan terjadi. Nilai peluang di antara 0 dan 1 peluang kejadian 0 artinya kejadian tersebut tidak mungkin terjadi sedangkan peluang kejadian 1 artinya kejadian tersebut pasti terjadi. Jadi antara tantangan dan peluang suatu tantangan memang akan selalu sejalan dengan sebuah peluang. akan selalu ada konsep keseimbangan seperti ini dalam hidup ada awal, ada akhir ada perjumpaan, ada perpisahan tantangan dan peluang hanyalah salah satu bagiannya.

Kata Kunci : Perubahan; Tantangan; Peluang

Abstract

Changes in society are a necessity, there is nothing that does not change, in this world except change itself, continuous changes caused by changing times and differences in time, touching various aspects of human life in the socio-economic, moral cultural, political, and legal systems. The attitude of the Muslim community in responding to changes varies, some of them firmly reject and panic by taking refuge in the romanticism of past history, some others enter and follow the flow of change between the two extremes, there are groups that are able to respond to changes by compromising their ideals, reacting by assimilating, by developing new dimensions. Challenges in the perspective of life, actually sharpen human intelligence and creativity to solve and turn them into hope opportunities or also called probability is a number price that shows how likely an event or event will occur. The probability value is between 0 and 1. An event probability of 0 means that the event is unlikely to occur while an event probability of 1 means that the event is certain to occur. So between challenges and opportunities a challenge will always go hand in hand with an opportunity. there will always be a concept of balance like this in life there is a beginning, there is an end there is an encounter, there is a separation of challenges and opportunities is just one part of it.

Keywords : changes; challenges; opportunities


PENDAHULUAN

Perubahan adalah sebuah keniscayaan, sekaligus menjadi tantangan dan peluang bagi setiap manusia untuk tumbuh dan berkembang seiring dinamika perubahan yang terjadi. Dalam era  digital  dewasa  ini,  penggunaan peralatan berteknologi canggih menjadi sebuah kebutuhan dan   tidak dapat dielakkan dalam berbagai aktivitas  kehidupan  sehari-hari. Sebagai akibatnya terjadi pula perubahan perkembangan pada seseorang, terutama bila orang itu dapat menyelesaikannya secara positif. Kenaikan pangkat dan perubahan jabatan, misalnya, adalah hal yang wajar terjadi dalam alur kehidupan perkembangan karier pekerjaan seseorang. Dalam alur kehidupan tersebut seseorang dituntut untuk terus-menerus mengenal diri-sendiri sebagai suatu proses yang wajar seumur hidupnya. Tuntutan itu dimaksudkan agar seseorang dapat menghayati proses penyesuaian diri terhadap tugas pekerjaan yang dihadapinya. Perlu dipahami bahwa seseorang tidak hanya selalu menemukan tantangan dari luar untuk menguji konsep karier kerja dirinya. Seseorang perlu pula menguji konsep itu melalui tantangan dari dalam yang berupa perasaan dan dorongan yang muncul. Perasaan dan dorongan itu mungkin sesuai dengan konsep karier kerja dirinya (Schein, 1983 Terutama hal itu akan menjadi tantangan yang membebani perasaan sewaktu seseorang memulai hal yang baru, menerima tugas pekerjaan yang baru, menerima jabatan sosial yang belum pernah dialami, dan menjalani perubahan proses alamiah menjadi semakin tua. Dalam hidup, tantangan adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari. Namun, yang membedakan antara mereka yang berhasil dan yang tidak adalah bagaimana mereka menghadapi tantangan tersebut. Beberapa orang melihat tantangan sebagai hambatan yang menghentikan mereka, sementara yang lain melihatnya sebagai peluang untuk tumbuh dan berkembang. Mengubah tantangan menjadi kesempatan adalah keterampilan penting yang dapat dipelajari dan dikembangkan.


PERMASALAHAN

Mengubah tantangan menjadi kesempatan bukanlah hal mudah bagi setiap orang, dibutuhkan  orang yang berjiwa besar, yang mau berfikir secara out of the box dan bersedia menanggung berbagai resiko atas  pilihan atau  langkah-langkah besar yang akan dilakukannya. Sejarah telah mencatat dengan baik bahwa hasil tidak mungkin mendustai usaha. Semakin besar pengorbanan yang dilakukan, semakin banyak waktu yang diluangkan dan semakin keras. Seseorang berfikir dalam menyelesaikan sebuah tantangan, maka semakin besar pula hasil atau prestasi yang dicapai. Hidup yang penuh dengan tantangan, baik dalam lingkup pribadi maupun profesional, rintangan tidak dapat dihindari. Namun, bukan tantangan itu sendiri yang mendefinisikan kita, melainkan bagaimana kita menanggapinya. Kunci keberhasilan dan pertumbuhan jangka panjang terletak pada mengubah tantangan menjadi peluang. Dengan mengadopsi pola pikir dan strategi yang tepat, dapat mengatasi kesulitan dan menggunakannya sebagai batu loncatan menuju pencapaian baru

 

PEMBAHASAN

Menurut Jeff Davidson (2003) perubahan adalah terjadinya sesuatu yang berbeda dengan sebelumnya perubahan juga bermakna melakukan hal-hal dengan cara baru, mengikuti jalur baru, mengadopsi teknologi baru, memasang sistem baru, mengikuti prosedur-prosedur manajemen baru, atau terjadinya peristiwa yang bersifat menganggu (disruptive) yang sangat signifikan perubahan terjadi dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam kehidupan pribadi sebagai makhluk sosial, kita tidak hidup sendirian  (solitaire) apabila lingkungan berubah, maka tidak dapat tinggal diam apabila kita tidak ingin tertinggal perubahan ada yang berasal dari internal maupun eksternal. Dari internal kita sering mengalami perubahan emosi, mulai dari naik turunnya semangat, hingga aneka perubahan yang dilandasi oleh mentalitas dalam diri selain itu secara fisik kita juga selalu berubah, dari bayi, tumbuh jadi anak-anak, remaja, dewasa, tua, hingga akhirnya menginggal sedangkan dari eksternal ada perubahan musim dan cuaca ada panas ada dingin ada malam ada siang ada hujan ada kemarau ada gelap ada pula terang dan semua itu berjalan beriringan sehingga selalu mendorong terjadinya perubahan (Andrie Wongso, 2010) bila kita tahu hukum perubahan, yaitu bahwa semua pasti berubah, akan membuat kita selalu tersadar apa yang hari ini kita sebut sebagai hebat, popular, sukses, berkuasa, belum tentu semuanya akan terus seperti itu dari ini sukses, belum tentu besok akan sukses kembali dan sebaliknya, jika hari ini gagal, belum tentu esok hari akan mengalami kegagalan yang sama (Andrie Wongso, 2010). Perubahan adalah transformasi dari keadaan yang sekarang menuju keadaan yang diharapkan di masa yang akan datang, suatu keadaan yang lebih baik.

Dalam melihat adanya gejala perubahan, terdapat beragam pandangan tentang bagaimana terjadinya perubahan tersebut, ada yang memandang perubahan sebagai suatu proses, ada yang melakukan dalam bentuk tahapan, ada pula yang melakukan dengan pendekatan sistem, dan ada pula yang mengajukan perubahan sebagai suatu model. Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia, perubahan diambil dari kata bah yang berarti penggantian atau perbaikan. Perubahan pada konteks ini berarti mengganti atau perbaikan dari sebelumnya ke situasi yang lebih baik

Dalam perjalanan hidup, tantangan adalah bagian yang tidak terpisahkan. Setiap orang menghadapi berbagai rintangan, baik dalam karier, hubungan pribadi, maupun aspek kehidupan lainnya. Namun, alih-alih melihat tantangan sebagai hambatan yang menghalangi kita, kita dapat mengubahnya menjadi kesempatan untuk tumbuh dan berkembang. Berikut adalah beberapa strategi untuk mengubah tantangan menjadi kesempatan:

1.      Gali Potensi dari Tantangan
Tantangan sering kali membawa pelajaran berharga yang dapat membantu kita berkembang. Ketika menghadapi masalah, cobalah untuk mengidentifikasi pelajaran yang bisa diambil. Misalnya, kegagalan dalam proyek bisa mengajarkan kita tentang perencanaan yang lebih baik atau keterampilan baru yang diperlukan.

2.      Ubah Perspektif

Cara kita memandang sebuah tantangan sangat mempengaruhi bagaimana kita menghadapinya. Alih-alih merasa tertekan atau putus asa, ubah perspektif Anda menjadi lebih positif. Pikirkan tantangan sebagai peluang untuk menguji dan meningkatkan kemampuan diri. Dengan sikap mental yang positif, akan lebih termotivasi untuk mencari solusi dan menciptakan inovasi.

3.      Rencanakan dengan Cermat
Setiap tantangan memerlukan perencanaan yang matang untuk menghadapinya. Buatlah rencana aksi yang jelas untuk mengatasi masalah tersebut. Pecahkan tantangan besar menjadi bagian-bagian kecil yang lebih mudah dikelola. Rencana yang terstruktur akan membantu fokus pada langkah-langkah konkret yang perlu diambil untuk mengubah tantangan menjadi peluang

4.      Bangun Dukungan
Menghadapi tantangan sendirian bisa menjadi beban yang berat. Dukungan sosial juga dapat membantu tetap termotivasi dan fokus pada tujuan.

5.      Tetap Fleksibel
Tantangan bisa datang dengan berbagai bentuk dan intensitas. Kadang-kadang, solusi yang Anda rencanakan mungkin tidak berjalan sesuai harapan. Dalam situasi seperti ini, tetap fleksibel dan terbuka terhadap perubahan. Fleksibilitas memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pendekatan dan tetap berada di jalur yang benar meskipun menghadapi hambatan.

Dengan strategi ini, dapat menghadapi rintangan dengan lebih percaya diri dan menemukan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang. Ingatlah bahwa setiap tantangan adalah kesempatan untuk memperkuat diri dan mencapai kesuksesan yang lebih besar.

Dalam perjalanan hidup kita, kita seringkali dihadapkan pada berbagai rintangan dan kesulitan yang dapat membuat kita merasa putus asa atau terhenti. Namun, penting untuk diingat bahwa setiap tantangan yang kita hadapi sebenarnya adalah kesempatan untuk tumbuh dan berkembang. Dalam artikel ini, akan menjelaskan mengapa tantangan seharusnya tidak dianggap sebagai halangan, tetapi sebagai kesempatan untuk menjadi lebih baik, karena :

Tantangan Mengajarkan Pembelajaran dari Kegagalan

Kegagalan adalah bagian alami dari hidup. Namun, seringkali kita cenderung menghindarinya atau merasa malu ketika gagal. Tantangan mengajarkan kita bahwa kegagalan adalah kesempatan untuk belajar dan tumbuh.

Tantangan Membuka Peluang Baru

Tantangan seringkali membawa kita ke arah yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Ketika kita terus mencoba dan menghadapi rintangan, kita mungkin menemukan peluang- peluang baru yang tidak akan muncul jika kita tetap dalam zona nyaman kita. Pintu-pintu baru terbuka dan memberi kita kesempatan untuk menjelajahi bidang baru dan mengembangkan minat baru.

Tantangan Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Ketika kita berhasil mengatasi tantangan yang sulit, kita merasa bangga dan percaya diri. Pengalaman ini meningkatkan rasa percaya diri kita dan memberi kita keyakinan bahwa kita mampu menghadapi rintangan apa pun yang mungkin muncul di masa depan.


KESIMPULAN

Dalam melihat adanya gejala perubahan, terdapat beragam pandangan tentang bagaimana terjadinya perubahan tersebut, ada yang memandang perubahan sebagai suatu proses, ada yang melakukan dalam bentuk tahapan, ada pula yang melakukan dengan pendekatan sistem, dan ada pula yang mengajukan perubahan sebagai suatu model. Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia, perubahan diambil dari kata bah yang berarti penggantian atau perbaikan. Perubahan pada konteks ini berarti mengganti atau perbaikan dari sebelumnya ke situasi yang lebih baik. tantangan adalah bagian alami dari hidup yang seharusnya tidak kita hindari atau takuti. Sebaliknya, kita seharusnya melihatnya sebagai peluang untuk tumbuh dan berkembang. Ketika kita mengubah pandangan kita tentang tantangan dari “halangan” menjadi “peluang,” kita akan lebih siap dan termotivasi untuk menghadapinya dengan penuh semangat. Jadi, mari terus mencari tantangan, karena di balik setiap rintangan ada kesempatan untuk menjadi lebih baik.


SARAN

Artikel ini dapat membantu seseorang untuk mengubah tantangan menjadi kesempatan, dengan menerapkan strategi-strategi seperti; gali potensi dari tantangan, ubah perspektif, setiap tantangan memerlukan perencanaan yang matang untuk menghadapinya, manfaatkan kreativitas, bangun tantangan, mengevaluasi hasil dari upaya yang telah dilakukan, tetep fleksibel dan terbuka terhadap perubahan. Setelah membaca ini pembaca dapat mengetahui strategi mengubah tantangan menjadi kesempatan, pembaca juga diajak untuk menerapkan bagaimana menghadapi tantangan agar dapat menginspirasi satu sama lain.

Dengan ini pembaca diharapkan untuk mempelajari dari materi artikel ini dan diharapkan untuk terus belajar serta menimba ilmu untuk mencari informasi mengenai mengubah tantangan menjadi peluang dari artikel lain, buku dan seminar-seminar yang berkaitan dengan materi ini. Dengan demikian, pengetahuan atau wawasan yang didapat mengenai menyongsong perubahan mengubah tantangan menjadi kesempatan dapat semakin kaya ilmu dan lebih banyak dipahami dalam pengaplikasiannya dalam kehidupannya

 

DAFTAR PUSTAKA

Islam, Dakwah et al. 2021. “Volume 5 , No . 2 , Juni – Desember 2021 ISSN : 2580-3409 ( Print ); 2580-3972 ( Online ) Peran Nahdlatul Ulama Cabang Sumenep Dalam Mewujudkan Kebijakan Prokes Pemerintah Mengatasi Pandemi Covid-19 Sitti Khotijah Moh . Hamdani Institut Dirosat Islamiyah Al-Amen 5(2): 161–74.

Jondra. 2022. “Pola Pembinaan Akhlakul Karimah Remaja Untuk Menghadapi Tantangan Era Society 5.0.” : 120. http://e-theses.iaincurup.ac.id/1338/.

Pusat Jurnal Ilmiah. “Mengubah Tantangan Menjadi Peluang: Strategi Untuk Sukses.” Universitas medan area. https://pji.uma.ac.id/index.php/2024/08/07/mengubah-tantangan-menjadi-peluang-strategi-untuk-sukses/ (October 12, 2024).

Rahayu, Yani Dwi. 224AD. “Tantangan Bukan Halangan : Mengubah Rintangan Menjadi Peluang.” smkfarmasinasional.sch.id/. https://smkfarmasinasional.sch.id/2024/01/02/tantangan-bukan-halangan-mengubah-rintangan-menjadi-peluang/ (October 13, 224AD).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar