Minggu, 13 Oktober 2024

Hubungan Antara Tujuan Hidup dan Motivasi Berprestasi : Bagaimana Keduanya Berjalan Seiring

 


Oleh : Fatwa Afghan Syakara (Public Relations, Universitas Mercu Buana)


Abstrak

Setiap manusia yang hidup di dunia, pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai dalam hidupnya. Tujuan yang dimaksud dapat berupa kesejahteraan, kebahagiaan, dan kesuksesan, dalam hal pekerjaan, romansa, keluarga, finansial, dan lainnya. Dengan adanya tujuan, manusia akan menjalani hidup yang lebih terarah. Namun seringkali terjadi kekeliruan, dimana seseorang memiliki tujuan di dalam hidupnya tetapi tidak memiliki motivasi untuk meraih tujuannya. Motivasi memiliki hubungan yang erat dengan tujuan hidup. Motivasi adalah kunci dari timbulnya dorongan untuk seseorang melakukan hal yang ingin dilakukan. Oleh karena itu, motivasi sangat penting dalam segala aspek kehidupan manusia, seperti pendidikan, pekerjaan, dan karir. Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk membantu pembaca mengenal tentang motivasi, bagaimana motivasi berperan dalam usaha dan aksi untuk mencapai tujuan hidup, serta mengetahui bahwa motivasi dan tujuan hidup saling “membutuhkan” satu sama lain. Jika anda memilki tujuan hidup, maka anda harus memiliki motivasi untuk mewujudkannya. Selain itu, anda harus memiliki tujuan hidup agar terus termotivasi dan memiliki semangat dalam hidup.

Seringkali seseorang lupa akan pentingnya tujuan hidup, sehingga tidak memiliki arah dalam menjalani kehidupannya, tidak tahu apa yang ingin dicapai dalam hidup. Hal ini akhirnya mendorongnya untuk melakukan hal yang cenderung negatif dan tidak bermanfaat bagi dirinya sendiri. Ketika seseorang sudah mencapai fase ini, sulit baginya untuk Kembali menikmati hal-hal yang terjadi di dalam hidupnya dan segala sesuatu yang dimilikinya. Hal ini sejalan dengan prinsip yang menjadi judul artikel ini, yaitu bagaimana tujuan hidup dan motivasi berprestasi berjalan seiring. Dengan tidak adanya tujuan di dalam hidup, seseorang tidak memiliki motivasi untuk menjalani kehidupan.

Motivasi yang disebutkan disini dapat berupa motivasi berprestasi, yaitu motivasi yang dapat mendorong seseorang untuk melakukan sebuah usaha untuk mencapai sebuah tujuan di dalam hidup. Jika tidak ada motivasi berprestasi, kehidupan seseorang tidak akan berjalan mengarah ke kehidupan yang lebih baik, melainkan akan terus terjebak di dalam kondisi yang sama. Untuk menemukan motivasi berprestasi di dalam kehidupan, harus dimulai dari hal yang paling sederhana, yaitu membuka diri. Ketika seseorang sudah berani membuka diri, ia akan menjadi lebih mudah untuk melihat sesuatu dari pandangan orang lain, mendapatkan kritik dan saran dari orang lain, serta berbagi pengalaman. Hal-hal tersebut mendorong seseorang untuk mendapatkan motivasi untuk mencapai tujuan di dalam hidupnya, atau yang dapat disebut sebagai motivasi berprestasi.


Kata Kunci
Motivasi, motivasi berprestasi, tujuan hidup, semangat, kebahagiaan, dorongan.


Pendahuluan

Apakah anda pernah merasakan kehilangan semangat untuk sesuatu? Bagi anda yang masih pelajar, pernahkah anda kehilangan semangat untuk berangkat ke sekolah? Atau jika anda sudah bekerja, pernahkah anda merasa tidak semangat, tidak ingin bersosialisasi dengan orang lain, atau melakukan rutinitas pekerjaan anda? Jika anda pernah mengalaminya, perlu anda ketahui bahwa ciri tersebut merupakan salah satu ciri anda kehilangan motivasi.

Motivasi merupakan sebuah alat yang sangat diperlukan untuk menjalani kehidupan dan menyusun rencana hidup kita, apa yang akan kita lakukan, kebahagiaan seperti apa yang kita inginkan, dan apa arti kesuksesan dan prestasi di dalam hidup kita. Motivasi dapat diibaratkan menjadi kendaraan yang mengantarkan kita pada tempat yang ingin dituju (tujuan).

Bicara tentang tujuan, yang dalam hal ini merujuk pada prestasi, kesuksesan, dan kebahagiaan, setiap orang memiliki versinya sendiri tentang definisi prestasi, kesuksesan, dan kebahagiaan. Bagi seorang petani, kebahagiaan adalah ketika hasil panennya memiliki kualitas yang bagus sesuai harapannya. Berhasil menjual hasil panen sesuai dengan target yang ditentukan merupakan prestasi bagi petani, lalu jika ia bisa mempertahankan hal tersebut, itu merupakan sebuah kesuksesan. Lain halnya dengan seorang pelajar, kebahagiaan adalah ketika ia bisa lulus di mata pelajaran favoritnya. Nilai yang bagus dan menjadi juara dalam sebuah kompetisi dan perlombaan sekolah merupakan prestasi baginya. kesuksesan bagi seorang pelajar adalah ketika ia bisa menjaga kebahagiaan dan prestasinya seimbang. Lain halnya lagi dengan seorang dokter, investor, ibu rumah tangga, dan lain-lain, setiap mereka pasti memiliki definisi sendiri akan prestasi, kebahagiaan, dan kesuksesan. Setiap orang memiliki tujuan yang berbeda di dalam hidupnya yang dipengaruhi oleh banyak faktor baik internal (dalam diri sendiri) maupun eksternal (orang lain dan lingkungan).

Dengan beragamnya tujuan yang dimiliki oleh setiap orang, maka motivasi yang dibutuhkan pun akan berbeda. Ada banyak faktor yang mempengaruhi timbulnya motivasi. Sebagai contoh, faktor eksternal yang mempengaruhi timbulnya motivasi adalah lingkungan. Lingkungan dimulai dari lingkaran yang paling kecil, yaitu keluarga, lalu lingkungan yang lebih besar seperti sekolah, pekerjaan, pertemanan, dan lainnya. Beberapa hal tersebut perlu diperhatikan demi terpeliharanya sebuah motivasi.


Permasalahan

Dewasa ini, sosial media semakin berkembang di seluruh penjuru dunia. Berkembangnya sosial media memiliki dampak yang besar, baik dampak positif maupun dampak negatif. Salah satu dampak negative sosial media adalah dapat menurunkan motivasi seseorang untuk mencapai tujuan hidupnya. Di dalam dunia sosial media, publik saling membagikan cerita kehidupannya yang berbagai macam, baik positif maupun negatif. Cerita yang dibagikan bisa jadi benar dan nyata, atau bahkan sesuatu yang tidak nyata, yang dikarang hanya untuk membentuk citra seseorang. Dengan begitu, para pengguna sosial media cenderung mendapatkan guncangan emosi ketika menggunakan sosial media, kadang mereka merasa Bahagia, kadang merasa takut, kadang merasa sedih, sehingga emosi cenderung tidak stabil. Emosi yang tidak stabil dapat berpengaruh kepada mental seseorang. Pengaruh yang paling besar salah satunya adalah penurunan motivasi dan kehilangan tujuan hidup. Beberapa orang mungkin sudah memiliki kesadaran untuk “menyelamatkan” dirinya jika sudah berada di fase ini, karena jika kehilangan motivasi, menjalankan aktivitas rutin sehari-hari pun menjadi tidak menyenangkan. Ketika sudah berada di fase kehilangan motivasi, mereka juga cenderung mempertanyakan kehidupan mereka, termasuk tujuan hidup mereka. Bahkan sebagian orang membutuhkan bantuan seorang professional untuk mengembalikan semangat hidup mereka, motivasi, dan tujuan hidup mereka. Seiring dengan berkembangnya dunia sosial media, hal ini menjadi sesuatu yang sangat penting yang perlu diperhatikan agar tidak mempengaruhi kehidupan kita, seperti kehilangan motivasi dan kehilangan tujuan hidup.


Pembahasan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu usaha tertentu. Dorongan ini dapat berbentuk semangat dari dalam diri sendiri ataupun dukungan yang diberikan oleh orang-orang di lingkungan sekitar. Sedangkan, prestasi berarti hasil yang telah dicapai. Sehingga dapat disimpulkan bahwa arti dari motivasi berprestasi adalah dorongan dalam individu untuk melakukan sesuatu sebaik mungkin demi mencapai kesuksesan. Kata “berprestasi” yang dimaksud yang dimaksud pada kalimat tersebut adalah ketika seseorang sudah mencapai kesuksesan di dalam hidupnya. Dengan adanya motivasi berprestasi, seseorang akan terdorong untuk berusaha lebih keras untuk mencapai tujuan hidupnya.  

Namun semakin berkembangnya zaman, seseorang berpotensi menerima banyak pengaruh dari sekitar yang tidak ada habisnya. Pengaruh ini bisa didapatkan dari lingkungan mana saja, bisa dari keluarga, teman, rekan kerja, dan lainnya yang kita temui sehari-hari. Terlebih lagi saat ini sosial media memegang peran yang cukup besar bagi kehidupan manusia. Dalam menghadapi banyaknya pengaruh yang masuk dan diterima setiap hari, seseorang perlu memiliki kepercayaan diri dan intergritas sehingga tidak mudah goyah atau terpengaruh. Seperti yang kita  tahu, pengaruh yang diterima tidak hanya pengaruh yang positif, namun juga ada pengaruh negatif. Seseorang sebisa mungkin harus bisa mengendalikan dirinya dan memilah pengaruh apa saja yang dapat diterima dan diimplementasikan dalam kehidupannya. Jika tidak, ia akan kehilangan jati dirinya, hal ini berpengaruh pada penurunan motivasi berprestasi dan kehilangan tujuan hidup.

Motivasi berprestasi dan tujuan hidup memiliki hubungan yang sangat erat,  keduanya saling berpengaruh satu sama lain. Tujuan hidup merupakan salah satu hal yang membuat seseorang bertahan dan semangat menjalani kehidupan. Jika tidak ada tujuan hidup, seseorang akan kehilangan arah hidupnya, sehingga ia tidak tahu apa yang ia cari dalam hidup. Apakah anda pernah melihat seseorang yang memiliki kehidupan yang mapan, memiliki banyak keahlian, namun hidupnya tidak pernah merasa puas dan tidak bahagia? Orang yang ada di pikiran anda ketika membaca pertanyaan tersebut kemungkinan tidak memiliki tujuan di dalam hidupnya, sehingga apapun yang dia miliki tidak membuatnya bahagia. Tujuan hidup diperlukan sebagai bahan untuk memacu diri agar berusaha lebih keras dan merasakan kebahagiaan, serta bersyukur dengan apa yang dicapainya. Hal ini juga dapat disebut sebagai motivasi berprestasi.

Untuk memelihara adanya motivasi berprestasi di dalam hidup, kita perlu mengendalikan beberapa hal yang memberikan pengaruh bagi kita, salah satunya seperti yang sudah disebutkan yaitu sosial media. Kendalikanlah diri anda agar tidak tenggelam terlalu dalam di kehidupan dunia maya atau sosial media. Motivasi berprestasi juga bisa berupa dukungan dari orang sekitar anda. Oleh karena itu, anda harus bisa menempatkan diri anda pada lingkungan yang positif dan suportif. Hal ini dilakukan agar motivasi di dalam diri anda selalu terpelihara. Ketika motivasi sudah terpelihara, maka anda akan terbawa oleh semangat untuk mencapai kehidupan anda. Dengan semangat dan dorongan tersebut, anda akan yakin dengan usaha yang anda lakukan. Tujuan akan cenderung lebih mudah untuk dicapai ketika anda sudah memiliki motivasi berprestasi, karena anda berpikir positif dan optimis terhadap usaha yang anda lakukan. Jika dihadapkan kegagalan, anda juga tidak akan menyerah karena percaya bahwa kegagalan adalah awal dari kesuksesan.


Kesimpulan

Motivasi berprestasi adalah dorongan dalam individu untuk melakukan sesuatu sebaik mungkin demi mencapai kesuksesan. Motivasi berprestasi membantu mendorong seseorang agar yakin terhadap usaha yang dilakukannya. Motivasi berprestasi yang terus diyakini oleh seseorang dapat membawanya mencapai tujuan hidup. Motivasi berprestasi timbul dari dalam diri sendiri dan dapat berupa dukungan dari orang di lingkungan sekitar.

Namun begitu, motivasi berprestasi juga dapat pudar jika anda menerima pengaruh buruk dari orang lain. Dewasa ini, pengaruh yang paling besar diterima  berasal dari sosial media, mengingat sosial media memiliki peran yang cukup penting di dalam kehidupan sehari-hari. Hal yang perlu anda ingat adalah ketika anda kehilangan motivasi berprestasi, maka anda tidak bisa mencapai tujuan hidup, dan ketika anda kehilangan tujuan hidup, anda tidak akan memiliki motivasi berprestasi.


Saran

Eratnya hubungan antara motivasi berprestasi dengan tujuan hidup, membuat anda harus menjaganya agar tidak pudar dari dalam hidup anda. Berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan.

  1. Mengendalikan diri dari pengaruh yang mungkin diterima dari lingkungan sekitar dan sosial media.
  2. Ketahuilah bahwa beberapa hal yang dibagikan di sosial media belum tentu benar adanya, hal ini dapat membantu anda untuk memelihara Kesehatan mental sehingga tidak kehilangan motivasi berprestasi dan tujuan hidup.
  3. Bersikap selektif terhadap lingkungan, anda harus bisa memilih lingkungan yang positif sehingga bisa mendukung usaha yang anda lakukan
  4. Memiliki target yang masuk akal di dalam hidup. Sesekali bicaralah pada diri anda, apa yang anda tuju di dalam hidup ini? Kebahagiaan dan kesuksesan seperti apa yang anda cari? Hal ini dapat membantu anda refleksi diri dan memahami diri anda lebih dalam. 

Daftar Pusaka
https://kbbi.web.id/motivasi
https://kbbi.web.id/prestasi
https://www.halamanmoeka.com/artikel/8-alasan-mengapa-motivasi-itu-penting#google_vignette

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar