Senin, 14 Oktober 2024

Bagaimana Komunikasi Efektif Meningkatkan Produktivitas Tim


Oleh: Muhammad Hanif (M36)

Abstrak

Artikel ini ditulis untuk memenuhi nilai Tugas Besar 1 Mata Kuliah Pendidikan Anti Korupsi dan Etik UMB yang diampu oleh Bapak Atep Afia Hidayat Ir. MP. Artikel ini mengupas pengertian komunikasi efektif dan produktivitas hingga korelasi dari komunikasi efektif yang menyebabkan meningkatnya produktivitas tim. Artikel ini menggunakan penilitian dan jurnal yang sudah ada secara online sebagai sumber data dan informasi yang diperlukan. Setelah mendapatkan pelajaran dan ilmu baik itu secara langsung ataupun melalui modul oleh Dosen Pengampu, Penulis yakin bahwa komunikasi efektif adalah kunci utama dari peningkatan produktivitas tim. Dengan artikel ini, penulis berharap supaya kedepannya komunikasi efektif dapat digunakan lebih banyak orang lagi guna meningkatkan produktivitas tim yang nantinya akan melahirkan banyak hal cemerlang.

Kata kunci: komunikasi, efektif, produktivitas, peningkatan


I. Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

Dalam era industri 4.0, setiap individu ditantang untuk bisa berkolaborasi dengan individu lain dengan mudahnya interaksi sosial. Kolaborasi yang tercipta bisa datang dari sektor profesional, sektor hiburan, sektor pemerintahan, atau bahkan lintas sektoral. Kemudahan interaksi sosial terasa semakin mudah dengan maraknya sosial media yang terjadi dari akibat globalisasi.

dua atau lebih individu yang bekerja sama dapat kita sebut sebagai tim. Pro dan kontra dari berjalanya suatu tim adalah hal yang lumrah terjadi. Semua harus didasari dengan nilai empati dan komunikasi yang efektif. Komunikasi efektif sangat diperlukan untuk menciptakan tim yang kuat dan produktif.

1.2 Tujuan

Selain untuk mendapatkan nilai Tugas Besar 1 untuk Mata Kuliah Pendidikan Anti Korupsi dan Etik UMB, artikel ini bertujuan untuk membuktikan bahwa komunikasi efektif adalah kunci utama dari produktivitas pada suatu tim.

II. Permasalahan

2.1 Apa itu komunikasi efektif?

Komunikasi Efektif adalah komunikasi yang terjadi bersifat dua arah dan makna yang distimulasikan antara kedua individu adalah sama atau serupa.

2.2 Apa itu produktivitas?

Produktivitas berasal dari kata produktiv yang berarti sesuatu yang mengandung potensi untuk digali. Sementara produktivitas adalah suatu proses kegiatan yang terstruktur guna menggali potensi yang ada dalam sebuah komoditi atau objek. Potensi yang ada pada suatu komoditi pada objek dapat berupa harga, hasil barang, jasa, ataupun potensi-potensi lainya.

Menurut Sedarmayanti (2001 : 57) produktivitas kerja adalah perbandingan antara hasil yang di capai (output) dengan keseluruhan sumber daya yang di gunakan (input).

2.3 Apa saja yang mempengaruhi produktivitas tim?

Produktivitas sangat dipengaruhi oleh faktor faktor sebagai berikut: 

A. Sikap antar individu
B. Hubungan antara individu dalam tim
C. Manajemen produktifitas
D. Efisiensi tenaga kerja
E. Kewiraswastaan. 

III. Pembahasan

Komunikasi Efektif adalah komunikasi yang terjadi bersifat dua arah dan makna yang distimulasikan antara kedua individu adalah sama atau serupa. Sedangkan produktivitas berasal dari kata produktiv yang berarti sesuatu yang mengandung potensi untuk digali. Sementara produktivitas adalah suatu proses kegiatan yang terstruktur guna menggali potensi yang ada dalam sebuah komoditi atau objek. Potensi yang ada pada suatu komoditi pada objek dapat berupa harga, hasil barang, jasa, ataupun potensi-potensi lainya. Menurut Sedarmayanti (2001 : 57) produktivitas kerja adalah perbandingan antara hasil yang di capai (output) dengan keseluruhan sumber daya yang di gunakan (input).

Produktivitas sangat dipengaruhi oleh faktor faktor sebagai berikut: 

A. Sikap antar individu
B. Hubungan antara individu dalam tim
C. Manajemen produktifitas
D. Efisiensi
(Sedarmayanti, 2001:57)

Komunikasi mempunyai hukum yang terdiri dari: saling menghargai, empati, didengar dengan baik, kejelasan yang baik, dan rendah hati. Hukum dari komunikasi efektif sudah sesuai dan memenuhi salah satu faktor pertama dalam produktivitas dalam tim yaitu sikap antar individu. Komunikasi efektif melahirkan tujuan hubungan yang baik yang sesuai dengan faktor hubungan antar individu daripada produktivitas tim. Komunikasi mempunyai tips, syarat, tujuan, hukum, dan juga unsur manajemen lainya yang memiliki kaitan dengan faktor manajemen produktivitas. Komunikasi efektif juga bersifat efisien.

IV. Kesimpulan dan Saran

Komunikasi efektif adalah komunikasi yang terjadi bersifat dua arah dan makna yang distimulasikan antara kedua individu adalah sama atau serupa. produktivitas adalah suatu proses kegiatan yang terstruktur guna menggali potensi yang ada dalam sebuah komoditi atau objek. Produktivitas dipengaruhi oleh faktor sikap, hubungan, manajemen, dan efisiensi. 4 Faktor dari produktivitas dalam tim sejalan dengan komunikasi efektif. Hal ini memiliki arti bahwasanya jika setiap individu dalam tim melakukan komunikasi efektif, setiap individu tersebut juga sudah melengkapi faktor-faktor daripada peningkatan produktivitas dalam tim

V. Daftar Pustaka

Andriany,Dian,2000,Faktor produktifitas pada industri kecildan menengah,Vol II,Jawa barat. E. Setiawan, 2


Kotler, philips, 2003,Manajemen Pemasaran PT. INDEK kelompok Gramedia,Jakarta


Nitisemito,Alex,1996, Manajemen Personalia, Ghalia Indonesia, Jakarta  


Sukirman,2007, Pengaruh kecerdasan emosional dan penguasaan ketrampilan pembelajaran terhadap produktifitas guru mata Pelajaran Akuntansi Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2 No. 2 Juli, Tahun 2007 2

Sedarmayanti, M. Pd, 2001, Sumber Daya Manusia Dan Produktifitas Kerja, CV. Mandar Maju, Bandung. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar