Rabu, 21 Desember 2016

semangat dalam melakukan aktivitas sehari-hari


Semangat dalam melakukan aktivitas sehari-hari

Pengertian tentang semangat berhubungan dengan perasaan dan tindakan. Semangat adalahkeadaan pikiran ketika batin tergerak untuk melakukan satu atau banyak tindakan. Jadi, semangat itu memiliki fungsi sebagai penggerak batin untuk bertidak.



Seseorang yang memiliki semangat bagus, sikap dan perilakunya biasanya terlihat dinamis.
Fungsi Semangat
Semangat itu memiliki fungsi sebagai penggerak batin untuk bertidak.



Semangat Memiliki Sifat Spiritual Yang Angin-anginan
Semangat itu sifatnya spiritual, adalah dimana batin tergerak untuk bertindak.

Semangat juga bersifat angin-anginan, dia terkadang ada dan tidak ada. semangat tidak hanya datang satu kali, bisa puluhan kali atau ratusan kali bahkan lebih. Semangat bisa datang dan pergi berulang kali tanpa bisa dihitung. Jika memang demikian, bagaimana mempertahankannya ?


Menambah Semangat
Bagaimana caranya untuk menambah semangat ?

Semangat yang melemah bisa ditambah dengan beberapa hal dibawah ini, diantaranya adalah :
  • Merasa HARUS bertindak
  • Keinginan untuk melakukan sesuatu yang bermakna bagi diri sendiri, keluarga, kerabat dan orang banyak serta alam semesta
  • Perasaan bertanggung jawab
  • Merasa peduli terhadap sesama, dan lain-lain


Mempertahankan Semangat Yang Ada
Diperlukan tekad yang kuat untuk mempertahankan semangat. Jika sekarang anda merasa sedang memiliki semangat, anda pula seharusnya mengingat-ingat satu kondisi dan situasi dimana semangat itu sedang pergi atau dengan kata lain ketika anda sedang tidak bersemangat, maksudnya adalah agar anda bisa merasakan apa saja perbedaannya, lalu mempertahankan eksistensinya atau bahkan untuk menambah kekuatan dari semangat itu.
Mempertahankan kehadiran semangat bisa dilakukan dengan memiliki terlebih dahulu tekad yang hebat untuk mempertahankan semangat itu sendiri, lalu meng-arah-kannya agar bisa menghasilkan hal-hal yang produktif dan membuat anda senang. Mengapa demikian ?
Sebab jika semangat itu tidak menghasilkan sesuatu yang menyenangkan, nantinya cenderung biasa-biasa saja bagi anda dalam hal tekad mendapatkan sesuatu, yang seharusnya didukung oleh semangat yang kuat.
Demikian pengetahuan tentang pengertian semangat, Semoga bisa bermanfaat.

10 Tips Agar Tetap Semangat Sepanjang Hari

informasitips.com – Aktivitas yang padat tentunya sudah menjadi makanan kita sehari-hari. Sayangnya, dalam menjalankan rutinitas dan aktivitas itu tubuh kita tak selalu berada dalam kondisi yang fit dan prima. Sering kali, lesu, tak bertenaga datang mengacaukan konsentrasi dan menurunkan performa kerja kita. Bahkan, rasa lesu bisa tiba-tiba datang di pagi hari, padahal baru bangun tidur. Tak hanya di pagi hari, rasa lesu itu biasanya juga menghinggapi diri kita sepanjang hari. Jika sudah begini, pastinya produktivitas dan kreativitas kita akan menurun.
Mungkin Anda, dan termasuk juga saya merupakan orang yang sering dihinggapi rasa lesu dan tak bersemangat sepanjang hari. Tapi, haruskah performa kita terhambat oleh keluhan-keluhan tersebut? Tentunya tidak. Kita perlu mencari tips untuk mengatasinya agar tidak mengganggu performa kita sehari-hari.
Apa saja tips agar bisa semangat sepanjang hari?
1.    Kelilingi Diri dengan Warna Cerah

Melihat warna-warna cerah dan terang dapat membuat adrenalin semakin aktif. Energi akan bertambah dan rasa kantuk akan lenyap. Coba gunakan warna-warna cerah di kamar Anda, agar begitu Anda bangun tidur, maka Anda akan langsung disambut oleh warna-warna cerah yang Anda lihat di kamar Anda. Misalnya, gunakan sprei dan sarung bantal yang warnanya cerah. Anda juga bisa meletakkan bunga berwarna-warni (cerah) di sudut kamar Anda.
2.    Meditasi

Lepaskan stress dengan meditasi. Tak perlu lama-lama, terlebih bila Anda harus segera berangkat beraktivitas ke kantor, kampus, dan lain sebagainya. Cukup lakukan sebentar selama 3 – 5 menit. Sambil duduk bersila, pejamkan mata Anda, tenangkan pikiran, tarik nafas dalam-dalam, lalu hembuskan perlahan, ulangi beberapa kali. Meski hanya sebentar, meditasi dapat menenangkan pikiran dan meredakan stress yang mungkin saja menghinggapi Anda. Anda dapat melakukan meditasi sambil ditemani dengan musik kesukaan yang bisa menenangkan pikiran.
3.    Olahraga Ringan

Tubuh memerlukan olahraga agar tetap bugar dan sehat. Bila ingin tetap semangat sepanjang hari, Anda perlu melakukan olahraga ringan di pagi hari misalnya senam ringan, jalan kaki, atau lari pagi. Bila memang tidak sempat, Anda bisa berolahraga sembari berangkat menuju ke kantor atau kampus. Misalnya, jika Anda berangkat dengan kendaraan pribadi, tak ada salahnya mencari tempat parkir yang agak jauh agar Anda bisa berjalan kaki dari tempat parkir ke ruangan kantor atau kampus. Atau, Anda juga bisa berolahraga dengan lebih memilih menaiki tangga di kantor atau kampus dari pada menggunakan lift.

4.    Sarapan dengan Protein Lebih Banyak

Hal yang tidak boleh ditinggalkan setiap pagi adalah sarapan. Sarapan penting untuk menjaga Anda agar siap menjalani aktivitas sepanjang hari. Untuk mengetahui lebih lanjut mengapa kita harus sarapan, Anda dapat membaca artikelnya DI SINI
Saat sarapan, sebaiknya konsumsi jenis makanan protein lebih banyak dari pada karbohidrat. Karbohidrat memang dapat menghasilkan energi bagi tubuh, namun jika dikonsumsi terlalu banyak justru akan membuat tubuh lebih cepat lelah. Beberapa studi kesehatan menunjukkan bahwa orang yang konsisten mengurangi asupan karbohidratnya, mengaku lebih berenergi sepanjang hari.
5.    Bayangkan Kegiatan yang Bersemangat

Awali hari Anda dengan sesuatu yang positif yang bisa membangkitkan semangat. Salah satunya adalah dengan optimis menatap hari dan membayangkan kegiatan-kegiatan yang bersemangat. Imajinasi yang harus dimainkan adalah yang gembira. Bayangkan diri kita ke luar rumah dengan ceria, melangkah masuk kantor bersemangat, dan siap menghadapi tantangan.
Menurut seorang psikolog dari Amerika, Dana Lightman, Ph.D., ketika kita mengerjakan suatu hal, ada bagian otak yang aktif. Separuh bagian otak ini bisa kita bangkitkan dengan imajinasi. Itu artinya, dengan membayangkan hari dan kegiatan yang bersemangat, separuh bagian otak kita sudah lebih dulu bekerja membangkitkan energi postif. Ketika kita benar-benar melakukan apa yang kita bayangkan itu, maka level energi kita akan bertambah lagi, sehingga alasan “tak bersemangat” tak perlu ada dalam kamus harian kita.
6.    Makanlah Pada Waktunya

Salah satu yang membuat kita lelah adalah menunda makan. Tubuh perlu makan (sarapan) di pagi hari. Jangan melewatkannya, atau menundanya sampai waktu makan siang, dengan alasan tidak sempat, atau ingin diet. Menunda makan dapat membuat tubuh menjadi lemas dan tak bersemangat.
Anda pun perlu makan siang untuk mengisi energi Anda kembali. Tapi, pada saat makan siang, sebaiknya hindari makanan yang terlalu berat karena justru bisa membuat Anda lemas dan ngantuk.
7.    Jaga Kadar Gula Darah

Untuk menjaga kadar gula darah, makanlah makanan utama 3 kali sehari dan camilan 2 kali sehari. Untuk makan utama, makanlah makanan yang sehat di pagi hari dengan jumlah yang sedang. Khusus untuk makan siang, sebaiknya hindari makan makanan yang terlalu berat pada saat makan siang karena justru akan membuat tubuh kita terasa lebih lemas. Dan, untuk makan malam, hindari makan makanan yang terlalu berat. Sebaiknya makanlah makanan dengan porsi sedang.
Waktu ngemil setiap hari cukup 2 kali sehari, biasanya dilakukan diantara waktu makan utama. Untuk camilan, pilihlah camilan yang lebih menyehatkan seperti buah-buahan. Sebaiknya, hindari makan kue atau cokelat yang terlalu manis karena justru bisa membuat Anda merasa lebih lemas dan lelah.
8.    Jaga Pasokan Air

Selain menjaga pasokan kadar gula darah, Anda juga perlu menjaga pasokan air ke dalam tubuh Anda. Konsumsilah air putih dalam jumlah yang cukup agar tubuh terasa segar. Saat tubuh Anda terasa lelah terkadang yang Anda butuhkan hanyalah segelas air putih. Dan, semakin tinggi aktivitas Anda, akan semakin tinggi pula kebutuhan air bagi tubuh Anda.
9.    Jangan Lupa Break

Saat sudah lelah menjalani berbagai aktivitas di kantor atau kampus, sebaiknya Anda segera berisitrahat sebentar sambil menikmati segelas minuman yang menyegarkan. Istirahat atau break bisa membantu Anda meredakan stress dan rasa penat. Di saat break, Anda juga bisa berbincang-bincang dengan teman membicarakan hal-hal yang lucu atau hal lain yang bisa membangkitkan semangat.
10.  Tidur Cukup

Tubuh memerlukan waktu tidur yang cukup. Rata-rata orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7 – 8 jam per hari. Tidur yang cukup dapat membuat tubuh Anda menjadi segar dan bersemangat. Sebaliknya, kurang tidur akan membuat Anda menjadi lemas dan tak bersemangat (meskipun baru bangun tidur). Tak hanya harus cukup, kita juga perlu menjaga agar tidur kita berkualitas (nyenyak).

Daftar Pustaka
Ruslani.2015.pengertian tentang semangat,http://www.ruslani.com/pengertian-tentang-semangat.html

Informasitips.com.2014.trik agar tetap semangat sepanjang hari,http://informasitips.com/tips-trik-agar-tetap-semangat-sepanjang-hari


Tidak ada komentar:

Posting Komentar