Selasa, 20 Desember 2016

PROAKTIF Gan&Sist



Artikel tentang “Proaktif”
Proaktif adalah sikap seseorang yang mampu mengenali kesempatan dan memanfaatkannya sehingga menghasilkan perubahan ke arah yang lebih baik. Orang dengan sikap proaktif tidak sekedar bereaksi terhadap berbagai keadaan tetapi inisiatif untuk melakukan  aksi terhadap perubahan. Dalam menghadapi suatu masalah atau sesuatu yang membutuhkan suatu respon, walau hanya dalam sekejab, manusia hendaknya tahu bahwa ia memiliki serangkaian alternatif, dan berdasarkan atas kemampuannya dalam mengendalikan pikiran dan perasaan, maka manusia barulah mengambil suatu keputusan. Suatu keputusan yang hartus juga diikuti dengan dengan tanggung jawab yang kemudian pada akhirnya akan memberikan suatu kebebasan bukan suatu penyesalan. Atau suatu keputusan yang tidak akan mengikatkan mereka ke dalam suatu penyesalan.

Contoh Sikap Proaktif Seseorang
1.      Memiliki rasa tanggung jawab. Mereka tidak mudah menyalahkan orang lain atas suatu kejadian tapi lebih memilih bertanggung jawab dan mencari solusi atas permasalahan.
2.      Lebih fokus bekerja dan berusaha
3.      Melakukan perubahan dimulai dari dirinya sendiri dengan melakukan introspeksi diri
4.      Memiliki prinsip-prinsip yang dianggap benar
5.      Berupaya mengoptimalkan apa yang ada di dalam dirinya

Kesalahan Terbesar Dalam Melakukan Proaktif
Kebanyakan orang menganggap bahwa melakukan respon sesuai dengan pendapat kebanyakan orang adalah suatu hal yang Proaktif.
Sebagai contoh: jika seseorang melihat orang lain berbuat kesalahan, maka sebagai respon proaktif adalah mengingatkan orang tersebut atas kesalahannya. Apakah hal tersebut benar? Tidak, jawabannya adalah Tidak benar. Yang terpenting bukan tindakan yang diambil, namun bagaimana proses atas tindakan tersebut diambil, kemudian setelah respon tersebut diambil maka hal tersebut tidak akan mengikatnya atas tindakan tersebut. Respon yang diambil tersebut akan membebaskan dia dari persoalan selanjutnya. Hal lain yang mengikuti tindakan yang diambil adalah tanggung jawab yang akan dipikulnya secara suka rela, tanpa harus membebaninya lebih jauh.

DAFTAR PUSTAKA:

“Pengertian Proaktif dan Contoh Sikapnya”. Desember 21. 2016. http://www.definisimenurutparaahli.com/pengertian-proaktif-dan-contohnya/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar