Rabu, 21 Desember 2016

Peduli


     Peduli adalah sebuah sikap keberpihakan kita untuk melibatkan diri dalam persoalan, keadaan atau kondisi yang terjadi di sekitar kita. Orang-orang peduliadalah mereka yang terpanggil melakukan sesuatu dalam rangka memberi inspirasi, perubahan, kebaikan kepada lingkungan di sekitarnya.

     Bayangkan suatu hari Anda tengah merasa sendiri menghadapi sebuah masalah yang lumayan mengusik kedamaian hati Anda. Bayangkan pada saat itu tidak ada satu orang pun yang menanyakan keadaan Anda apalagi menawarkan solusi dari permasalahan yang tengah Anda hadapi. Tiba-tiba Anda menerima “sms” dari seorang teman lama yang tidak Anda duga sama sekali, isi “sms” tersebut menanyakan keadaan Anda dan memberikan informasi yang dapat menyelesaikan permasalahan Anda. Perasaan apa yang akan timbul dalam hati Anda? Haru? Senang? Atau malah kesal?. Jika kejadian tersebut terjadi pada saya kemungkinan besar saya akan merasakan keharuan dan kebahagiaan walaupun belum tentu informasi tersebut dapat menyelesaikan masalah namun kepedulian yang telah diberikan teman kepada kita setidaknya memberikan setitik rasa bahagia seolah tidak lagi sendiri dalam menghadapi masalah.
     Betapa besar arti sebuah rasa peduli kepada seorang teman. Setidaknya hal tersebut menunjukkan bahwa diri kita masih tersimpan dalam hatinya. Pertanyaannya sekarang adalah sudahkah kita memiliki jadwal untuk menjaga tali silaturahmi walaupun hanya sekedar lewat “sms”, e-mail ataupun media komunikasi lainnya.
     Sepertinya akan lebih baik jika kita mempunyai budgetkhusus untuk menjaga dan menjalin tali silaturahmi, menumbuhkan rasa peduli di antara kerabat. Dengan itu semua diharapkan dunia akan terasa lebih nyaman di singgahi, kedamaian dan kebersamaan setidaknya mampu berlama-lama bersemayam dalam hati.
Anonym, 2016.perduli.
https://id.m.wiktionary.org/wiki/perduli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar