Kamis, 31 Agustus 2017

Jadilah Dirimu Sendiri

JADILAH DIRIMU SENDIRI


Sudahkah anda mengenal dirimu sendiri? Mungkin dari milyaran orang banyak yang meniru artis ataupun idola mereka, mungkin karena merasa minder atas kekurangan yang dimiliki. Seakan - akan mereka hidup dalan dalam tekanan karena harus mengikuti budaya yang mereka sukai tanpa difilter terlebih dahulu dan perlahan mulai memudarkan budaya dan identitas sebagai Indonesia.

Pengalaman itu pernah saya alami ketika SMA, banyak teman perempuan yang banyak mengikuti budaya kpop, sehingga melupakan budaya Indonesia. Dari gaya berpakaian dan tutur kata hingga musik indonesia sudah dikudeta oleh negara ginseng tersebut.

Untuk mengurangi dampak itu, kita harus menanamkan nasionalisme dengan menjaga kebudayaan kita dan harus bisa memfilter arus globalisasi yang semakin kuat. Atau dengan mendengarkan lagu yang berjudul kun anta kemudian diresapi maknanya.

George Eliot pernah mengatakan “it’s never too late to be who you might have been” yang artinya tidak ada kata terlambat untuk menjadi dirimu sendiri.

Jadi kesimpulannya adalah jangan mudah terpengaruh arus globalisasi dan jika anda sudah terpengaruh maka ubahlah diri anda sendiri dengan mengeluarkan jati diri anda sendiri asalkan positif karena tidak ada kata telat untuk berubah asalkan niat yang kuat.

Daftar Pustaka:
Kepikromantis.blogspot.co.id/2014/03/be-yourself-jadilah-diri-sendiri.html?m=1


Tidak ada komentar:

Posting Komentar