Oleh : Vivy Angelica
(B01 - VIVY)
Kerja sama tim merupakan kerjasama antar individu untuk mencapai sukses, dan harus saling berkomunikasi. Beberapa konsep kunci kerjasama yaitu :
•Tujuan bersama, tim yang sukses mempunyai tujuan yang jelas dan dipahami bersama.
•Pembagian tugas & tanggung jawab, harus memahami peran masing2 & tanggung jawab yang melekat pada peran tersebut. Menghindari tumpang tindih , bahwa setiap tugas dapat dikelola dengan baik.
•Komunikasi efektif, jujur & terbuka adalah kunci kerjasama tim.
•Kepercayaan, merupakan dasar dalam tim. yang memungkinkan tim mengatasi konflik & tantangan dengan lebih efektif.
•Kerjasama & kolaborasi, tiap tim bersedia bekerja sama & berkolaborasi dengan yang lainnya. Harus ada sinergi, berbagi pengatahuan, saling support untuk mencapai tujuan bersama.
•Penghargaan & pengakuan, dapat meningkatkan motivasi bisa dalam bentuk apresiasi yang menunjukkan nilai & dedikasinya.
•Penyelesaian konflik, ditangani dengan baik, dengan menghargai perspektif orang lain, mencari solusi bersama untuk menyelesaikan konflik dengan cara yang konstruktif.
•Fleksibilitas, terbuka dengan perubahan, harus cemat cerdas didalam beradaptasi dalam perubahan situasi / kebutuhan tim. & bersedia belajar dari pengalaman.
•Produktivitas yang tinggi, menciptakan lingkungan kerja yang positif dimana setiap anggota tim merasa dihargai & dan didukung dalam mencapai tujuan bersama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar