Oleh : Dita Auliyah (@B26-DITA)
Konsep profesional merujuk pada seperangkat norma nilai sikap dan perilaku yang di ukan untuk berhasil dalam lingkungan kerja atau bidang tertentu.
Beberapa aspek penting mengenai profesionalitas yaitu :
1. Kompetensi
Melibatkan kemampuan seseorang untuk melakukan tugas dengan tingkat keahlian yang tinggi yaitu pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman secara efektif dan efisien.
2. Etika
Pentingnya berperilaku dengan integritas dan etika yang tinggi dalam sebuah kegiatan dalam mengambil keputusan.
3. Manajemen konflik
Bagaimana konflik diselesaikan dihindari dengan cara yang baik kemudian menyangkut etika juga Berbicara jujur dan mematuhi kode etik profesional yang berlaku.
4. Tanggung Jawab
Bagaimana kita bertanggung jawab terhadap siapapun yang terkait dan memenuhi standar yang ditetapkan.
5. Kerjasama tim
Harus mampu berkomunikasi dengan baik dan mendukung rekan kerja untuk mencapai tujuan bersama.
6. Pengembangan diri
Mencakup komitmen untuk pengembangan diri dan pembelajaran berkelanjutan.
7. Tepat waktu
Bagaimana menepati tenggat waktu waktu yang sudah dijanjikan.
8. Kepatuhan hukum, mematuhi dan meregulasi hal yang relevan.
9. Respek terhadap rekan kerja atau atasan
Menghormati rekan sejawat atasan dan semua pihak yang terlibat dalam lingkungan kerja.
10. Kesadaran terhadap kebutuhan
Melibatkan kemampuan mendengarkan dan bagaimana memberi solusi yang memuaskan mengenai keluhan yang disampaikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar