Minggu, 08 September 2019

PENGENALAN DIRI

Nama : Satria Aji Surya (N15-SATRIA)

ABSTRAK  
Pada dasarnya setiap manusia cenderung untuk mengembangkan dirinya sendiri menjadi lebih baik, lebih matang dan lebih mantap. 
Namun kecenderungan seseorang untuk menimbulkan kemampuannya tidak terwujud begitu saja, tanpa ada upaya untuk pengembangan kepribadian yang dimilikinya, karena setiap manusia memiliki kemampuan dan keunikan tersendiri.  Sejauh mana kepribadian  terwujud sangat ditentukan oleh seberapa jauh lingkungan mendorong untuk perkembangan terhadap konsep diri seseorang dan seberapa jauh seseorang tersebut merasa dirinya perlu belajar agar lebih baik lagi.

PENDAHULUAN
Pengenalan diri merupakan kemampuan seseorang untuk melihat kekuatan dan kelemahan yang ada pada dirinya sehingga dapat melakukan respon yang tepat terhadap tuntutan yang muncul dari dalam maupun dari luar. Pengenalan diri adalah salah satu cara untuk membentuk konsep diri. Konsep diri merupakan persepsi seseorang terhadap dirinya sendiri, baik secara fisik, psikis, maupun moral. Konsep diri positif akan membentuk harga diri yang kuat. Harga diri merupakan penilaian tentang keberartian diri dan nilai seseorang. Orang dengan harga diiri rendah akan kurang percaya diri, sehingga tidak efektif dalam pergaulan social. Mengenal diri sendiri berarti memperoleh pengetahuan tentang totalitas diri yang tepat, yaitu menyadari kelebihan/keunggulan yang dimiliki maupun kekurangan/ kelemahan yang ada pada diri sendiri.  Dengan mengenal diri sendiri secara tepat akan diketahui konsep diri yang tepat pula, dengan berupaya mengembangkan yang positif dan mengatasi/ menghilangkan yang negatif.



PEMBAHASAN
Beberapa ahli dalam bidang psikologi memberikan beberapa pandangan tentang terbentuknya kepribadian manusia. Teori bakat yang menganggap bahwa kepribadian manusia terbentuk dari hasil bawaan waktu lahir. Dengan perkataan lain, sangat bergantung pada potensi yang dimilikinya. Teori lingkungan yang menganggap bahwa kepribadian manusia terbentuk dari seberapa jauh lingkungan membentuk pribadi manusia itu. Jadi titik berat perkembangan pribadi manusia terletak pada seberapa besar lingkungan memengaruhinya. Sementara itu, W Stern mengemukakan teori konvergensi yang mengatakan bahwa kepribadian manusia terbentuk sebagai hasil interaksi dari bakat dan lingkungan. Jadi, potensi yang dimiliki manusia yang dibawa sejak lahir berintegrasi dengan pengalaman manusia yang diperoleh dari lingkungan tempat manusia itu berada. Berkaitan dengan hal tersebut, program pengenalan diri dan pengembangan kepribadian bertujuan membantu manusia sebagai individu untuk bisa mengembangkan bakat dan lingkungan yang tepat dengan harapan anda bisa mengembangkan potensi-potensi yang ada seoptimal mungkin, dan memberikan patokan- patokan dasar yang bisa dilaksanakan.
Menurut John Robert Powers (1977),  konsep diri adalah ‘kesadaran dan pemahaman terhadap dirinya sendiri yang meliputi ; siapa aku, apa kemampuanku, apa kekuranganku, apa kelebihanku, apa perananku, dan apa keinginanku’ Konsep diri menjadi dasar perilaku hidup sehari-hari yang disadari. Kesadaran dan pemahaman akan dirinya semakin mencerminkan prinsip hidup dan kehidupannya.
Tujuan
·         Tumbuhnya kesadaran seseorang untuk memahami dan mengenali dirinya serta mampu mengembangkan kemampuannya. 
·         Terbentuknya sikap dan perilaku percaya diri serta prinsip hidup menuju kehidupan yang sejahtera. Sikap dan perilaku percaya diri adalah kemampuan mengekspresikan diri atau mengemukakan hak-hak pribadi serta mempertahankannya tanpa melanggar hak orang lain.
TAHAPAN PENGENALAN DIRI
Pengenalan diri dapat dilakukan melalui 2 tahap, yaitu pengungkapan diri (self disclosure) dan tahap menerima umpan balik. Pengungkapan diri didefinisikan sebagai aktifitas yang mengungkapkan bagaimana anda sedang bereaksi pada suatu situasi yang terjadi pada saat itu dan memberikan informasi mengenai pengalaman masa lalu yang masih relevan untuk memahami reaksi yang terjadi pada saat itu. Umpan Balik ditujukan untuk membuktikan informasi yang konstruktif dalam rangka membantu seseorang untuk menjadi sadar bagimana perilaku seseorang mempengaruhi orang lain. Tahapan pengungkapan diri, orang memperluas daerah Tersembunyi (C) (Gambar 1), sedangkan untuk memperluas daerah B (Gambar 2) dibutuhkan umpan balik dari orang lain. Akhirnya ia akan mempunyai daerah public (A) (Gambar 3) yang semakin luas. Semakin Luas daerah Publik (A) dapat dikatakan seseorang mempunyai konsep diri yang positif. Ia telah tahu, baik secara kuantitas maupun kualitas, kelemahan dan kekuatan dirinya.

PENUTUP
Pengenalan diri adalah wahana untuk mencapai tujuan hidup. Oleh karenanya setelah seseorang mengetahui tentang dirinya sendiri maka orang itu akan menjadi orang yang sukses
DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar