Sabtu, 07 September 2019

MENGENAL DIRI


Oleh : Firsta Fauzyah
@P23-FIRSTA,, @PROYEKP01



Pengenalan diri adalah salah satu cara untuk membentuk konsep diri. Konsep diri merupakan persepsi seseorang terhadap dirinya sendiri, baik secara fisik, psikis, sosial, maupun moral. Persepsi tersebut meliputi sesuatu yang dicita citakan maupun keadaan yang sesungguhnya. Aspek fisik yang dipersepsi meliputi penilaian terhadap tubuh, pakaian, benda miliknya dsb. Aspek sosial meliputi bagaimana peranan sosial dalam masyarakat. Sementara aspek moral meliputi nilai dan prinsip yang memberi arti dan arah dalam kehidupan seseorang.
1.       Konsep diri
Definisi konsep diri, konsep diri adalah suatu gambaran campuran dari apa yang kita pikirkan orang-orang lain berpendapat, mengenai diri kita, dan seperti apa diri kita yang kita inginkan. Konsep diriadalah pandangan individu mengenai siapa diri individu, dan itu bisa diperoleh lewat informasi yang diberikan lewat informasi yang diberikan orang lain pada diri individu.
Pendapat tersebut dapat diartikan bahwa konsep diri yang dimiliki individu dapat diketahui lewat informasi, pendapat, penilaian atau evaliasi dari orang lain mengenai dirinya. Individu akan mengetahui dirinya cantik, pandai, atau ramah jika ada informasi dari orang lain mengenai dirinya.
2.       Cara mengenal diri

o   Bersikap terbuka (open minded ) terhadap kritik, saran orang lain, dan mau menerima apa adanya demi perkembangandirinya; tidak defensif.
o   Melalui penelusuran bakat dan kepribadian.
o   Melalui pengalaman sehari-hari.
o   Melalui kebersamaan dengan orang lain.
o   Melalui refleksi dan perenungan diri pribadi merumuskan potret diri sendiri.
                                                                                    
3.       Tujuan mengenal diri

1. Seseorang dapat mengenal kenyataan dirinya, dan sekaligus kemungkinan-kemungkinannya, serta (diharapkan mengetahuiperan apa yang harus dia mainkan untuk mewujudkannya.
2. Sebaliknya, orang yang tidak mengenal dirinya, tidak mengetahuiapa yang harus dikerjakan dan dikembangkannya.
3. Tidak memahami posisi diri akan membuatnya sulit mengarahkandiri kepada tujuan hidupnya, sehingga gagal dalam pergumulan hidupnya.

4.       Proses pembentukan konsep diri

Konsep diri berkembang dalam waktu yang cukup lama, yang dimulai sejak masa kanak-kanak. Saat seorang sudah dewasa maka konsep diri cenderung telah konsisten dan tidak berubah. Terdapat beberapa faktor yang cukup berpengaruh yang bila terjadi terus menerus maka akan dapat mengubah konsep diri seseorang.
 Baldwin dan Holmes (Calhoun dan Accocella, 1990:77) mengatakan bahwa konsep diri adalah ciptaan sosial, hasil belajar dan hubungan kita dengan oranglain. Hadipranata (Handayani, 2003: 11) menyebutkan bahwa terdapat beberapa komponen dalam proses pembentukan konsep diri, yakni physical self, personal self, family self, dan social self

 a. Physical Self  Merupakan bayangan kebanggan seseorang akan citra tampang tubuh maupun keseluruhan pribadinya. Hal ini merupakan gambaran pandangan individu terhadap tubuhnya dan hal-hal yang berhubungan dengan tubuhnya seperti kesehatan, penampilan, ketampanan, dan sebagainya.

 b. Personal Self Merupakan bayangan kebanggan seseorang terhadap jangkauan hidup dankehidupannya atau akan menjadi apa kehidupannya kelak yang merupakan aspirasi setiap individu. Hal ini menggambarkan seberapa besar penilaian individu terhadap dirinya, merasakan sebagai diri yang 14 adekuat dan menggambarkan pilihan terhadap tubuh dan hubungan dengan orang lain di sekitarnya.

 c. Family self Merupakan bayangan kebanggan seseorang terhadap citra ayah, ibu, dan sanak saudaranya. Ini menggambarkan persepsi diri individu dalam kaitannya dengan kelompok primer seperti keluarga dan teman-teman dekatnya.

 d. Social self Merupakan bayangan seseorang terhadap citra kelompok sosialnya dimanapun orang tersebut terkait dengan komitmennya. Hal ini menggambarkan diri individu dalam kaitannya dengan interaksi sosialnya dengan orang lain.

Daftar Pustaka
http://avin.staff.ugm.ac.id/data/jurnal/teknikpengenalandiri_avin.pdf

https://belajarpsikologi.com/pengertian-konsep-diri/

https://www.academia.edu/25257800/MENGENAL_DIRI_SENDIRI

http://digilib.uinsby.ac.id/10977/5/bab%202.pdf

 https://id.wikipedia.org/wiki/Pengembangan_diri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar