Sabtu, 07 September 2019

Membangun Kemampuan Beradaptasi untuk Kamu Si Introvert




Hampir mayoritas sebagai individu akan mengalami peristiwa seperti menghadapi lingkungan baru. Pasti mereka akan merasa canggung, gugup, terasa asing dan lain-lain. Tentunya di lingkungan baru tersebut kita harus memiliki kemampuan beradaptasi. Apa sih kemampuan beradaptasi itu ? Kemampuan beradaptasi adalah suatu prilaku yang sangat kompleks karena didalamnya melibatkan sejumlah fungsi dan intelektual. Apakah setiap individu harus memiliki kemampuan beradaptasi ? Ya perlu, kemampuan itu sangatlah penting karena selama manusia hidup pastilah akan mengalami berbagai perubahan-perubahan baik secara mendadak atau terencana.
Setiap orang tentunya memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Jika menemukan seseorang yang dengan mudahnya beradaptasi kemudian bersosialisasi dengan lingkungan baru, tandanya ia seorang ekstrovert. Lalu bagaimana untuk mereka si introvert ? Tentu tidak mudah untuk menghadapi lingkungan baru. Ekstrovert dan introvert merupakan salah satu istilah yang awalnya diungkapkan oleh Carl Jung, seorang Psikoanalis dari Swiss. Kedua kepribadian ini memiliki kaitan yang erat dengan bagaimana attitude seseorang dalam menghadapi sebuah situasi. Introvert sendiri memiliki arti kepribadian manusia yang lebih berkaitan dengan dunia dalam pikiran manusia itu sendiri.

Mereka yang berkepribadian introvert memiliki ciri-ciri sifat sebagai berikut :
11. Terlihat pendiam atau menarik diri ketika berada di tengah keramaian
22. Merupakan pengamat yang baik
33. Cenderung menyimpan perasaan sendiri
44.  Lebih nyaman dengan lingkaran pertemanan yang kecil
55.  Menghindari komunikasi yang tidak perlu

Bukan hal yang rumit bagi si introvert untuk bisa beradaptasi dan bersosialisasi. Semua itu dapat dihadapi dengan mudah. Tentunya diimbangi juga dengan kemampuan dalam beradaptasi. Salah satunya dengan mengubah presepsi bahwa lingkungan baru bukanlah momok yang mengerikan tetapi sebagai tempat untuk mencari teman dan memperluas relasi. Lakukanlah juga persiapan diri dan mental secara matang dengan meyakinkan diri sendiri bahwa kita adalah orang yang berprilaku baik dan berbudi. Dengan menanamkan keyakinan tersebut akan membangun keberanian diri untuk menghadapi situasi di lingkungan yang baru. Lalu, jangan pernah takut untuk memulai pembicaraan kepada orang lain, cobalah hanya untuk sekedar menyapanya atau bertanya pertanyaan ringan. Karena jika hanya diam, orang lain pun akan mengecap anda sebagai orang yang sombong dan tidak mau bersosialisasi. Tentunya jangan lupa untuk selalu tersenyum dan bersikap ramah dengan setiap orang yang ditemui. Karena bagi beberapa orang first impression merupakan hal yang penting untuk dapat meyakinkan mereka harus berteman dengan siapa.


Sumber :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar