Sabtu, 07 September 2019

Mari Kenali Konsep Diri Sendiri


Mengenal Konsep Diri

 oleh : Oky maulana 
@N07-OKY
 

Konsep diri adalah pandangan dan sikap individu terhadap diri sendiri. Pandangan diri terkait dengan dimensi fisik, karakteristik individual, dan motivasi diri. Pandangan diri tidak hanya meliputi kekuatan-kekuatan individual, tetapi juga kelemahan bahkan juga kegagalan dirinya. Konsep diri merupakan inti dari kepribadian individu. Inti kepribadian berperan penting untuk menentukan dan mengarahkan perkembangan kepribadian serta perilaku positif individu. 



Pengertian Konsep diri menurut para ahli

1. Rochman Natawidjaya (1979)
Menurut Rochman Natawidjaya pengertian konsep diri adalah persepsi individu mengenai dirinya sendiri, kemampuan dan ketidakmampuannya, tabiat-tabiatnya, harga dirinya dan hubungannya dengan orang lain.

2. James F. Calhoun (1995)
Menurut James F Calhoun pengertian Konsep diri adalah gambaran mental individu yang terdiri dari pengetahuan tentang dirinya sendiri, pengharapan diri, dan penilaian terhadap diri sendiri.

3. Stuart & Sundeen (2005)
Menurut Stuart & Sundeen pengertian konsep diri adalah semua pikiran, keyakinan, dan kepercayaan yang merupakan pengetahuan individu tentang dirinya sendiri dan mempengaruhi hubungannya dengan orang lain.

4. Keliat (2005)
Menurut Keliat definisi konsep diri adalah cara individu memandang dirinya secara utuh, fisikal, emosional, intelektual, sosial dan spiritual.


Tujuan mengenal konsep diri

            Tujun dari mengenal konsep diri yaitu :

Tumbuhnya kesadaran seseorang untuk memahami dan mengenali dirinya serta mampu mengembangkan kemampuannya. 
Terbentuknya sikap dan perilaku percaya diri serta prinsip hidup menuju kehidupan yang sejahtera. Sikap dan perilaku percaya diri adalah kemampuan mengekspresikan diri atau mengemukakan hak-hak pribadi serta mempertahankannya tanpa melanggar hak orang lain.


Macam Macam konsep diri

            1. Konsep Diri Positif

Orang yang memiliki konsep diri positif akan lebih mudah beradaptasi dengan banyak situasi. Ia memandang hal-hal buruk memiliki hikmah dan bukan sebagai akhir dari segalanya.
Ciri-ciri individu yang memiliki konsep diri positif adalah:
·        Menganggap orang lain sama dengan dirinya.
·        Punya keyakinan mampu mengatasi bermacam masalah.
·        Bisa menerima pujian tanpa merasa malu.
·        Punya kesadaran bahwa orang lain punya perasaan, keinginan, dan perilaku yang belum tentu. diterima semua anggota masyarakat.
·        Keinginan dan kemampuan dalam memperbaiki diri sendiri.

2. Konsep Diri Negatif

Orang-orang yang memiliki konsep diri negatif cenderung lebih pesimistik dan sulit melihat kesempatan dalam kesulitan. Bahkan, mereka merasa kalah sebelum mencoba.
Ciri-ciri individu yang memiliki konsep diri negatif adalah:
  • Merasa pesimis setiap kali menghadapi persaingan.
  • Sangat sensitif terhadap kritikan.
  • Responsi terhadap pujian.
  • Cenderung bersikap hiperkritis.
  • Punya perasaan tidak disenangi oleh orang lain.
 
Contoh konsep diri

Seperti yang dijelaskan dalam pengertian konsep diri, pembentukan pola pikir ini dipengaruhioleh banyak hal. Termasuk pada pola asuh orang tua dan lingkungan sekitar, karena hal ini akan menjadi bahan informasi seorang anak akan label yang diberikan oleh orang lain padanya.

Pengalaman ini kebanyakan akan terbawa sampai kehidupan dewasa. Contoh konsep diri; seorang anak yang kerap dipukul, dibentak, dihina dan tidak pernah dipuji umumnya akan memiliki konsep diri negatif karena menerima perlakuan tersebut sebagai bentuk hukuman atas kesalahannya. Sebaliknya, bila ia tumbuh di lingkungan yang baik, ia akan merasa dihargai dan tumbuh lebih positif.

Namun demikian, bukan berarti konsep diri ini bersifat statis. Konsep ini bergantung pada aspek-aspek lainnya sehingga suatu saat akan berubah.

Daftar Pustaka

Unknown. 2019. Menjelaskan pengertian konsep diri dalam :

Wandik, Didimus. 2018. Menjelaskan tentang mengenal diri sendiri dalam : https://www.kompasiana.com/didimuswandik8413/5b7abdecbde575591b1ad9e6/mengenal-diri-sendri?page=all

Unknown. 2019. Menjelaskan konsep diri dalam : 

 
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar