Minggu, 08 September 2019

MENGENAL DIRI

Oleh : Viviancho Samosir P, @P24-VIVIANCHO

        Abstrak
    Setiap manusia cenderung untuk mengembangkan dirinya sendiri menjadi lebih baik, lebih matang dan lebih mantap. Namun kecenderungan seseorang untuk menimbulkan kemampuannya tidak terwujud begitu saja, tanpa ada upaya untuk pengembangan kepribadian yang dimilikinya, karena setiap manusia memiliki kemampuan dan keunikan tersendiri.
       Kata Kunci 
 Mengenal diri, bakat, potensi, watak dan konsep diri

  1. Pendahuluan
   Mengenal diri sendiri berarti memperoleh pengetahuan tentang totalitas diri yang tepat, yaitu menyadari kelebihan atau keunggulan yang dimiliki maupun kekurangan atau  kelemahan yang ada pada diri sendiri. Dengan mengenal diri sendiri secara tepat akan diketahui konsep diri yang tepat pula, dengan berupaya mengembangkan yang positif dan mengatasi atau menghilangkan yang negatif.

     II.    Permasalahan
               Banyak orang tidak dapat menyelesaikan masalah pribadi dirinya sendiri karena belum dapat lebih dalam mengenal pribadi dalam dirinya.

   III.    Pembahasan
     Mengenal diri  didefinisikan sebagai aktivitas yang dapat mengungkapkan bagaimana sedang bereaksi pada suatu situasi yang terjadi pada 
saat itu dan memberikan informasi mengenai pengalaman masa lalu yang masih relevan 
untuk memahami reaksi yang terjadi pada saat itu. Reaksi-reaksi pada orang atau 
peristiwa tidak sebanyak atau sedalam fakta yang dirasakan.Sebenarnya banyak sekali manfaat yang kita dapat jika kita mengenali diri kita sendiri, seperti halnya,
  1. Mampu Menentukan Jalan Hidup
Dalam menjalani kehidupan, kita dihadapkan pada banyak pilihan. Mulai dari pilihan dalam berkarir, asmara, tempat berlibur, dan lain sebagainya. Bila kita sudah mengenali diri sendiri, tentu kita jauh lebih mudah menentukan pilihan yang tepat. Ambil contoh kecilnya kita menyukai menulis, tentu kita dapat dengan mudah memilih berkarir di dunia tulis menulis.
  1. Mudah mencari solusi
Kita akan lebih mudah mencari solusi tepat jika sudah mengenali diri sendiri. Ibarat orang sakit, obatnya beda-beda kan? Semisal dalam menyelesaikan masalah Anda butuh masukan orang lain, tentu Anda akan lebih mudah menyelesaikan masalah dengan meminta saran dari orang terdekat yang sudah menjadi pilihan Anda.
  1. Membantu berkompromi dengan diri sendiri
Ketika kita dihadapkan pada sebuah masalah, dengan keberhasilan kita mengenali diri sendiri akan membantu kita untuk berkompromi dengan diri sendiri dan orang lain dalam berbagai situasi.
  1. Mampu hidup bermasyarakat
Dalam hidup bermasyarakat, tentu kita dihadapkan pada ragam kepribadian. Beda kepribadian, cara bersosialisasinya juga beda. Untuk memahami kepribadian orang lain, tentu kita juga harus bisa mengenali kepribadian kita dulu.
  1. Mampu mengetahui kelebihan dan kekurangan
Masing-masing individu memiliki kelebihan dan kekurangan. Saat mencoba mengenali diri sendiri, kita akan mengetahui kelebihan dan kekurangan yang kita miliki.
  1. Mampu menerima kondisi diri
Ketika kita mulai mengerti kelebihan dan kekurangan yang kita punya, tentu kita turut terbantu pula untuk menerima ikhlas segala kelebihan dan kekurangan diri sendiri.
  1. Mampu mengetahui potensi diri
Dengan mengetahui potensi-potensi yang ada pada diri, kita bisa mengoptimalkannya untuk kesuksesan dalam karir maupun kehidupan.

Cara yang dapat kita lakukan untuk lebih paham dengan diri sendiri dengan
  1. Penelusuran bakat dan kepribadian (melalui tes; setiap orang, selain merupakan perpaduan dari berbagai tipe, juga memiliki sifat dominan dan khas)
  2. Pengalaman sehari-hari; sabar/tidak dalam antrian, kegigihan dalam mengejar cita, ketekunan dalam menjalankan tugas, kesetiaan menepati janji, kepekaan terhadap lingkungan, dll. Tinjau kembali pengalaman-pengalaman tersebut.
  3. Kebersamaan dengan orang lain; untuk membandingkan dengan orang lain, apa perbedaan-persamaan, dan di mana kekhususan kita; bagaimana diri kita (sikap, tutur kata, dll)

IV. Kesimpulan dan Saran
 Kesimpulan
1. Pengenalan akan fisik menyadarkan diri untuk menerima diri apa adanya
2. Dengan penerimaan diri orang bisa sukses karena ia mau mengembangkan diri berangkat dari yang ada
padanya, tidak menyalahkan keadaan fisiknya padanya, fisiknya.
3. Menjadi percaya diri, mampu berusaha, menjadi berkah bagi sesama
 Saran
Sebaiknya kita mengenal diri kita dulu agar dapat memahami diri sendiri serta dapat  lebih mudah menyelesaikan sesuatu masalah dengan pikiran positif terhadap diri kita sendiri dan orang lain.
        
       Daftar Pustaka
Dalam:
Dalam:
http://www.psikoma.com/pentingnya-mengenali-diri-sendiri/
Dalam:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar