Minggu, 08 September 2019

Hargailah Waktumu



@N08-ARDY
Oleh ARDY TRIANANDA

Disiplin berasal dari bahasa latin Discere yang berarti belajar. Dari kata ini timbul kata Disciplina yang berarti pengajaran atau pelatihan. Menurut Ardy (2019), disiplin adalah mematuhi segala aturan dan norma dalam menjalankan segala sesuatu sebagai sebagai bentuk tanggung jawab.
Macam- macam bentuk disiplin:
-Disiplin dalam menggunakan waktu
-Disiplin dalam beribadah
-Disiplin dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
-Disiplin dalam diri sendiri

Waktu adalah hal yang sangat berharga, nikmat dan karunia tuhan yang diberikan kepada setiap manusia. Waktu menjadi misteri yang tidak akan pernah kita tau kapan itu berakhir.
Dengan diberikannya waktu yang begitu singkat, sudah sepantasnya kita mempergunakan waktu semaksimal dan sebaik mungkin, bukan malah membuang-buang waktu. Orang Amerika mengatakan bahwa ‘waktu itu adalah uang’ yang mana sangat penting dan bernilai mahal dalam kehidupan walau itu hanya satu detik.

Banyak sekali manusia yang sering membuang waktunya dengan sia-sia. Seperti kumpul-kumpul dengan teman-teman tanpa menghasilkan sesuatu bahkan sampai larut malam. Ada juga seorang siswa yang menunda-nunda tugas dari sekolah dan akhirnya tidak dikerjakan.

Adapun manfaat yang dapat kita peroleh dari menghargai waktu dan disiplin:
-Jika mempunyai kebiasaan tepat waktu maka orang-orang disekitar kita akan lebih percaya kepada kita
-Dengan mengerjakan sesuatu tepat waktu maka selesai juga akan tepat waktu. Hal ini berarti tidak ada waktu yang terbuang sia-sia
-Melatih rasa kepedulian
-Menghargai orang-orang disekitar kita
-Pekerjaan tidak menumpuk.

Cara menghargai waktu dalam kehidupan sehari-hari:
1.Usahakan agar setiap menyusun jadwal, untuk setiap waktu yang telah ditentukan telah disiapkan dengan target dan sasaran yang ingin diperoleh.
2. Harus memiliki komitment tinggi untuk tidak menggunakan jam karet.
3. Harus realistis, mungkin hal ini telah sedikit di singgung pada poin sebelumnya. Hanya mempertegas saja, sebaiknya buatlah jadwal dengan pertimbangan yang matang sehingga dapat dijalankan dengan benar.
4. Setelah seharian kita menjalankan aktivitas dan berusaha konsisten dengan jadwal yang kita buat, maka sebaiknya sesaat sebelum tidur dilakukan analisis secara keseluruhan.
5. Membantu otak agar lebih mudah untuk berfikir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar