Sabtu, 07 September 2019

Mengenal Diri Sendiri

Oleh : Dicky Abdillah maulana ( @P03-DICKY, @PROYEK01)
 
 
Mengenal diri sendiri merupakan aspek penting untuk menikmati hidup yang damai dan bahagia. Agar bisa mengenal diri sendiri sebaik mungkin, tentukan sifat yang menjadi keunikan Anda. Selain itu, melakukan refleksi dan meditasi setiap hari merupakan cara tepat mengenal indentitas Anda. Seiring waktu, Anda bisa memanfaatkan semua informasi yang diperoleh untuk menjalin hubungan yang akrab dan bermakna dengan diri sendiri
  
- Kepribadian
  
Dalam kehidupan ini sering kita mendengar tentang kepribadian, tapi apakah itu? untuk itu pada kesempatan kali ini kita akan belajar bersama-sama mengenai pengertian kepribadian. Silahkan di baca baik-baik bagian bawah ini.
 Penjelasan tentang kepribadian
   
Kepribadian adalah keseluruhan sikap, ekspresi, perasaan, temparmen, ciri khas dan juga prilaku seseorang. Sikap perasaan ekspresi & tempramen tersebut akan terwujud dalam tindakan seseorang kalau di hadapkan kepada situasi tertentu. Setiap orang memiliki kecenderungan prilaku yang baku/berlaku terus menerus secara konsisten dalam menghadapai situasi yang sedang di hadapi, sehingga jadi ciri khas pribadinya.

- AMBISI
Pengertian Ambisi keinginan atau nafsu yang menggebu-gebu untuk mendapatkan apa yang di inginkannya seperti contohnya wanita, harta dan kekuasaan, keinginan seseorang yang besar untuk meraih sesuatu didalam kehidupannya atau melakukan sesuatu untuk mencapai cita-cita yang baik dengan hasratnya, maka itu dinamakan dengan ambisi.
Kesimpulan
Jika ingin menjadi orang sukses dimanapun kamu berada maka milikilah ambisi tanpa menggunakan obsesi agar ketenangan dalam jiwamu dan hatimu tetap dalam kesabaran dan penerima apa saja yang menjadi akhir dari usahamu, kamu boleh mempunyai ambisi namun jangan sampai terjerumus dalam obsesi punya ambisi dan jangan obsesi
  
- Motivasi 
    Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya.  motivasi didefenisikan sebagai kondisi internal yang membangkitkan kita untuk bertindak, mendorong kita mencapai tujuan tertentu, dan membuat kita tetap tertarik dalam kegiatan tertentu. Menurut Uno (2007), motivasi dapat diartikan sebagai dorongan internal dan eksternal dalam diri seseorang yang diindikasikan dengan adanya hasrat dan minat, dorongan dan kebutuhan, harapan dan cita-cita, penghargaan, dan penghormatan. Sedangkan Imron (1966) menjelaskan bahwa motivasi berasal dari bahasa Inggris "motivation" yang berarti dorongan atau pengalasan untuk melakukan suatu aktivitas hingga mencapai tujuan.
Dari
serangkain pengertian para ahli diatas, maka dapat disimpulkan bahwa motivasi adalah sesuatu alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan; menyelesaikan; menghentikan; dsb, suatu aktivitas guna mencapai tujuan tertentu yang diinginkan dari motivasi tersebut
- Pengembangan Diri
  meliputi segala kegiatan yang meningkatkan kesadaran dan identitas diri, mengembangkan bakat dan potensi, membangun sumber daya manusia dan memfasilitasi kinerja, meningkatkan kualitas hidup dan memberikan kontribusi dalam mewujudkan impian dan cita-cita. Tidak ada batasan terhadap pengembangan diri, konsepnya melibatkan baik kegiatan formal maupun nonformal untuk mengembangkan orang lain dalam peran sebagai guru, pembimbing, konsultan, manajer, coach atau mentor. Ketika pengembangan diri melibatkan institusi, berarti merujuk kepada metode, program, sarana, tekhnik, dan sistem assessment yang mendukung pembangunan manusia pada tingkat individu dalam sebuah organisasi.

=>
Pengembangan Diri dapat mencakup kegiatan-kegiatan berikut:
-
meningkatkan kesadaran diri
-
meningkatkan pengetahuan diri
-
meningkatkan keterampilan atau mempelajari keterampilan baru
-
membangun atau memperbaharui identitas/harga diri
-
mengembangkan kekuatan atau bakat
-
meningkatkan kesejahteraan
-
mengidentifikasi atau meningkatkan potensi
-
membangun kinerja sumber daya manusia
-
meningkatkan gaya hidup atau kualitas hidup
 
DAFTAR PUSTAKA


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar