Jumat, 06 September 2019

Mengenal Karakter Diri


Mengenal Karakter Diri


Oleh: Gayatri Wahyu Andini (@P13-GAYATRI)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Karakter, yaitu tabiat, watak, sifat-sifat kejiwaan yang membedakan seseorang dengan orang disekitarnya. Walaupun ada beberapa orang yang memiliki karakter tapi pasti ada karakter yang berbeda. Atau istilahnya serupa tapi tak sama. Seperti kita mempunyai saudara kembar, hanya fisik yang serupa namun memiliki karakter yang mebedakannya.

Pengertian Karakter Menurut Para Ahli

  1. Maxwell
Menurut Maxwell, karakter jauh lebih baik dari sekedar perkataan. Lebih dari itu, karakter merupakan sebuah pilihan yang menentukan tingkat kesuksesan.
  1. Wyne
Menurut Wyne, karakter menandai bagaimana cara atau pun teknis untuk memfoukuskan penerapan nilai kebaikan ke dalam tindakan atau pun tingkah laku.
  1. Kamisa
Menurut Kamisa, pengertian karakter adalah sifat – sifat kejiwaan, akhlak, dan budi pekerti yang dapat membuat seseorang terlihat berbeda dari orang lain. Berkarakter dapat diartikan memiliki watak dan juga kepribadian.

  1. Doni Kusuma
Menurut Doni Kusuma, karakter merupakan ciri, gaya, sifat, atau pun katakeristik diri seseorang yang berasal dari bentukan atau pun tempaan yang didapatkan dari lingkungan sekitarnya.
  1. W. B. Saunders
Menurut W. B. Saunders, karakter merupakan sifat nyata dan berbeda yang ditunjukkan oleh individu. Karakter dapat dilihat dari berbagai macam atribut yang ada dalam pola tingkah laku individu.
  1. Gulo W.
Menurut Gulo W. Pengertian karakter adalah kepribadian yang dilihat dari titik tolak etis atau pun moral (seperti contohnya kejujuran seseorang). Karakter biasanya memiliki hubungan dengan sifat – sifat yang relatif tetap.


  1. Alwisol
Menurut Alwisol, karakter merupakan penggambaran tingkah laku yang dilaksanakan dengan menonjolkan nilai (benar – salah, baik – buruk) secara implisit atau pun ekspilisit. Karakter berbeda dengan kepribadian yang sama sekali tidak menyangkut nilai – nilai.
Contoh karakter dalam kehidupan sehari-hari:
Ada beberapa individu sudah mengenal diri mereka sendiri dan juga masih ada yang kurang mengenal diri nya sendiri atau bahkan ada individu yang belum mengenal diri mereka sendiri “who am i?”. Mungkin sudah ada beberapa individu yang sudah kenal diri nya, seperti saat ada orang lain memberikan pendapatnya kepada orang tersebut, ia tidak mudah berpengaruh karena dia sudah mengenal dirinya karena menurutnya bahwa dirinya sudah benar. Beda lagi kalau orang itu masih berpengaruh atau memikirkan apa pendapat orang lain. Ia merasa harus bagaimana, tidak tahu apa yang harus dilakukan. Ada berbagai contoh karakter di kehidupan sehari-hari seperti bijaksana, boros, hemat, pemarah, penyayang, murah hati, sombong, angkuh, iri, ceria, cuek, jujur, licik, cerdas, ramah, suka menolong, dan sebagainya. Pasti orang disekitar kita atau bahkan diri kita sendiri memiliki karakter yang diatas tanpa disadari atau disadari.
Cara mengenal karakter diri:
1.       Bersikaplah jujur pada diri sendiri
Mengenal diri sendiri berarti menerima berbagai aspek yang membentuk identitas, kepribadian, dan keberadaan Anda. Langkah ini membantu Anda mengetahui semua aspek kepribadian yang Anda miliki, bukan untuk mengkritik diri sendiri.
2.       Ajukan pertanyaan bijak kepada diri sendiri
Contoh pertanyaan :
·         Apa hobi Anda?
·         Apa cita-cita atau tujuan hidup Anda?
·         Apa yang ingin Anda wariskan?
·         Apa yang paling tidak Anda sukai dari diri sendiri?
·         Apa kesalahan yang pernah Anda lakukan?
·         Apa persepsi orang lain tentang Anda? Apa persepsi yang Anda harapkan dari mereka?
·         Siapa tokoh panutan Anda?
3.       Dengarkan baik-baik suara hati anda
Suara hati mengekspresikan perasaan dan keyakinan Anda. Suara hati akan berbicara saat terjadi sesuatu yang menjengkelkan atau menyenangkan. Belajarlah mendengarkan suara hati.
Manfaat memahami karakter diri:
  1. Lebih mengenal diri sendiri
Hal pertama yang akan anda rasakan apabila anda mampu memahami dan mengenali kepribadian anda adalah anda akan menjadi orang yang lebih mengenal diri sendiri. Aneh bukan apabila anda bahkan tidak mampu mengenali diri anda sendiri? Karena itu, ketika anda mampu untuk memahami dan mengenal kepribadian anda, maka anda akan lebih mudah mengenal diri sendiri. Ibaratnya, bagaimana anda bisa memahami orang lain, kalau diri sendiri saja anda tidak kenal. Betul tidak?
  1. Lebih mudah memecahkan masalah
Anda akan mencari pemecahan masalah yang sesuai dengan diri anda, dan pastinya anda akan menjadi lebih banyak mencari pertimbangan dalam mencari pemecahan masalah.
  1. Regulasi diri yang lebih baik
Regulasi diri adalah kemampuan seseorang dalam mengatur dirinya, baik itu dalam hal emosi, perilaku, dan sebagainya. Anda akan mudah untuk mengontrol diri anda, sesuai dengan kepribadian yang anda miliki.
4.       Mampu menempatkan diri di situasi yang berbeda-beda
Ketika anda paham dan mengenal diri anda, maka anda akan lebih mudah untuk menempatkan diri anda di berbagai macam posisi di situasi yang beragam. Anda tahu apa yang akan anda bicarakan, atau apa yang akan anda lakukan di dalam situasi tertentu.
  1. Mengurangi stress
Ya, ketika anda memahami dan mengenal kepribadian anda, maka anda akan lebih mudah dalam menganalisa stressor (penyebab stress) anda
Daftar Pustaka:
Unkwon.2019. Definisi karakter – Wikipedia Indonesia. Dalam https://id.wikipedia.org/wiki/Karakter
Unkwon.2017. Pengertian karakter menurut para ahli. Dalam https://pengertiandefinisi.com/pengertian-karakter-menurut-pendapat-para-ahli/
Unkwon. Contoh karakter diri dalam kehidupan sehari-hari – Sumberpengertian.id. Dalam https://www.sumberpengertian.id/pengertian-karakter-lengkap
Heston, Klare. Cara mengenal diri – wikiHow. Dalam https://id.wikihow.com/Mengenal-Diri-Sendiri

Pambudi, Eduardus. Manfaat mengenal diri – Psikologi Mania.  Dalam  http://www.psikoma.com/manfaat-mengenali-kepribadian/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar