Minggu, 08 September 2019

KENALI DIRIMU SEBELUM MENGENALI ORANG LAIN

Oleh : Rachmatika Anantia Agustin
@P18-ANANTIA, @JK01

Teori
Untuk menjadi manusia seutuhnya tentu dengan mengenali dirinya. Menurut Lao Tzu “Barang siapa mengenal orang lain, dia akan bijaksana. Barang siapa mengenal dirinya sendiri, dia akan tercerahkan.’ Mengenali diri merupakan kemampuan seseorang unntuk melihat kekuatan dan kelemahan yang ada pada dirinya sendiri sehingga dapat melakukan respon yang tepat terhadap tuntutan yang datang dari dalam maupun luar. Kekuatan pada diri merupakan aset dalam kehidupan sehari-hari. Apabila kekuatan ini tidak disadari maka keinginan menggunakan kemampuan akan hilang dengan sendirinya. Saat mencoba mengenali diri, tentu kita mendapati beberapa potensi yang kita punya, lalu kita bisa mengoptimlalkannya untuk kesuksesan dalam karir maupun kehidupan.
Pembahasan
Mengenal diri sendiri bukanlah tidak mendengar atau membutuhkan apa kata orang lain. Apabila ada orang lain yang berkata sesuatu tentangnya, ia tidak akan terpengaruh memikirkan bahwa itu bukan dirinya. Namun, jika sampai terpengaruh maka orang itu belumlah mengenal dirinya. Mengenal diri merupakan langkah awal untuk mengenal dunia luar dan mengevaluasi diri secara terus menerus. Apabila kita tidak mengenal diri sendiri, maka cenderung menyalahkan keadaan ataupun orang lain ketika menghadapi kesulitan dan jarang mengakui kesalahannya. Orang yang tidak mengenali dirinya sendiri juga cenderung merasa pandai dan bisa melakukan apapun, biasanya orang seperti ini sangat susah menerima kritikan karena merasa dirinya mengetahui banyak hal. Banyak manfaat yang timbul apabila kita mengenali diri sendiri, antara lain :
Mampu mengetahui kelebihan dan kekurangan, setiap individu pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Kita bisa memanfaatkannya dengan cara meningkatkan kelebihan dan memperbaiki kekurangan.
Sangat mudah mencari solusi, karena kita sebagai manusia pasti memiliki masalah yang berbeda-beda, apabila kita mengenal diri kita maka kita akan lebih mudah menyelesaikan masalah. Jika ingin mendapat masukan, mintalah saran kepada teman terdekat.
Bisa menentukan jalan hidupnya, apabila kita sudah mengenali diri sendiri, tentu lebih mudah menentukan pilihan yang tepat, karena dikehidupan ini pasti dihadapkan dengan banyak pilihan. Contohnya jika suka memasak, tentunya lebih memilih berkarir didunia masak seperti koki.
Dapat hidup bermasyarakat, cara bersosialisasi manusia tergantung pada kepribadiannya masing-masing. Untuk memahami kepribadian orang lain, pasti kita harus memahami kepribadian kita dahulu karena bagaimana bisa mengenal orang lain dengan baik kalau kita belum mengenal diri kita.
Berbagai cara bisa dilakukan untuk mengenali diri sendiri, yaitu:
Pengalaman sehari-hari ; sabar/tidaknya menunggu artrian, ketekunan dalam mengerjakan tugas, kegigihan dalam menggapai cita-cita, menepati janji dan kepekaan dalam lingkungan.
Kebersamaan dengan orang lain ; dapat membandingkan persamaan dan perbedaan dengan orang lain, dimana kecocokan kita, dan bagaimana kita (tutur kata, sifat, dan lain-lain).
Penilaian dari orang lain dan Menelusuri bakat serta kepribadian, menelusuri bakat dan kepribadian dapat dilakukan dengan tes. 

Kesimpulan
Mengenali diri sendiri berarti menerima kekurangan dan kelebihan serta terus berupaya melakukan yang terbaik. Mengenal diri membuat kita lebih tenang apabila di kritik dan di puji orang lain. Lakukanlah perbaikan diri dan jadi diri sendiri dengan melakukan  hal-hal yang terbaik. Perpaduan dari berbagai cara mengenal diri dapat memberi pemahaman yang semakin baik tentang diri. Pemahaman yang semakin baik dapat membantu untuk mengembangkan diri.

Daftar Pustaka
Helmi, A.F. 1995. Konsep dan Teknik Pengenalan Diri. Dalam https://journal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/view/13391
Anonim. 2012. Mengenal Diri Sendiri. Dalam https://iimazizah.wordpress.com/2012/10/22/mengenal-diri-sendiri/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar