Minggu, 08 September 2019

Mengenal Diri


OLEH : 
Muhammad Arifin ( N14-Arifin)

MENGENAL DIRI
   
Mengenal diri merupakan salah satu ciri khas manusia, sebagai makhluk istimewa, terutama karena memiliki akal budi dan kehendak bebas. Utamanya mengenal kepribadian, watak dan temperamen, bakat dan potensi, serta dapat memetakan diri sendiri perihal kekuatan dan kelemahan. Tapi banyak orang yang tidak mengenal dirinya karena di anggap tidak penting atau tidak tahu bagaimana caranya. Dalam hal ini kita harus memahami hal hal pokok dan penting tentang diri sendiri, dari segi psikis, yang meliputi :
-    -   Pengenalan ciri-ciri dasar fisik
-    -   Pengenalan kepribadian, watak, dan tempramen
-    -   Pengenalan bakat
-    -   Pengenalan kekuatan dan kelemahan diri
Jika kita ingin mengenali diri sendiri, kita harus berhenti mencari kesalahan-kesalahan pada diri kita sendiri. Mampu membenahi kesalahan diri sendiri adalah kebajikan yang luar biasa, tetapi jika kita mulai mencari kesalahan diri kita tanpa alasan apapun, itu sudah berlebihan. Mencari-cari kesalahan hanya akan membuat kita tidak percaya diri dan akhirnya akan menurunkan nilai diri kita.

Manfaat Mengenal Diri
Ternyata seseorang bisa salah menilai dirinya sendiri. Hal ini menandakan orang tersebut belum mengenali secara utuh tentang dirinya. Dengan mengenali diri sendiri akan membawa manfaat yang baik, beberapa manfaat tersebut antara lain:
      1.  Mengetahui potensi diri.
Dengan mengenal diri, maka kita akan mengetahui bagaimana potensi diri yang tepat. Setiap orang mempunyai potensi yang berbeda. Jika bisa mengenali potensi diri maka akan bisa mengambil langkah yang tepat dalam setiap keputusan.
 2.  Mengetahui kelebihan dan kekurangan diri.
Setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kelebihan bukan untuk berbangga-banggaan namun semakin diasah agar terus bersinar penambah kualitas diri. Sementara kekurangan perlu diupgrade agar bisa sinergi dengan kelebihan kita.
3. Mengetahui karakter dan sifat diri sendiri.
       Karakter berarti sifat dasar atau pembawaan sejak lahir, karakter tidak sapat dirubah namun bisa terus diasah menjadi lebih baik. Sementara sifat adalah apa yang nampak dalam diri kita.
      4. Mengenal sang pencipta.
Allah berfirman, “Aku sesuai prasangka hambaku”. Jika kita berprasangka baik maka Allah akan berikan kebaikan terjadi mengelilingi kita begitupun sebaliknya. Dengan mengenal diri maka kita akan memahami sang pencipta.
5.Bekal bergaul dengan lingkungan sekitar.
Ada beragam karakter manusia. Dengan mengenali karakter diri maka kita tidak akan mudah terbawa arus lingkungan, apalagi jika arusnya kearah tidak baik.

Beberapa Pengertian Konsep Diri Menurut Para Ahli
-   - Menurut Kreitner dan Kinicki Konsep diri adalah konsep yang di miliki individu tentang dirinya sebagai makhluk fisik, social, spiritual, atau moral
-     -  Menurut Hurlock Konsep diri adalah gambaran yang di miliki orang tentag dirinya.
-    -  Menurut Wibowo Konsep diri adalah suatu keyakinan atau evaluasi diri individu tentang siapa dirinya dan bagaimana merasa dirinya sebagai makhluk fisik, social dan spiritual yang berbeda pada berbagai situasi
DAFTAR PUSTAKA
Azizah, I. 2012. Mengenal Diri Sendiri. https://iimazizah.wordpress.com/2012/10/22/mengenal-diri-sendiri/. ( akses 6 September)
Alfala, K. 2012. Definisi Mengenal Diri. https://kismaalfa.blogspot.com/2012/11/definisi-mengenal-diri_11.html. (akses 6 September)
Anonim. 2014. Mengenal diri Sendiri. https://darunnajah.com/mengenal-diri-sendiri/. ( 7 September 2019)
Anonim.2017. Manfaat Mengenal Diri. https://www.mracang.com/2017/12/5-manfaat-mengenal-diri.html. ( akses 7 September 2019)
Aris, S.2017. Mengenal Diri Sendiri. https://www.kompasiana.com/satyaaris/59c758f79002c17fe35e59c4/mengenal-diri-sendiri?page=all. ( akses 7 September 2019)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar