Selasa, 20 Desember 2016

Semangat 45



Pengertian Bersemangat Menurut KBBI adalah:
Bersemangat/ber·se·ma·ngat/ v 1 ada semangatnya; mengandung semangat; 2 berjiwa: - pelaut; - pejuang; 3 bernafsu (berkemauan); berkegiatan: bangsa yang - perang, bernafsu untuk berperang; bekerja dengan -, dengan giat dan gembira;


Kata semangat memiliki arti sebagai berikut.
  1. roh kehidupan yang menjiwai segala makhluk yang dapat memberi kekuatan;
  2. kekuatan (kegembiraan, gairah) batin;
  3. perasaan hati;
  4. gairah untuk bekerja, berjuang, dsb.
Fungsi Semangat
Semangat itu memiliki fungsi sebagai penggerak batin untuk bertindak.
Tipe Pelaku Bersemangat
 adalah orang-orang periang dan spontan. Mereka penuh pesona, dipenuhi energi, dan pelaku-pelaku sesungguhnya. Mereka memiliki pemikiran dan pandangan yang jernih sekalipun sedang berada dalam situasi sulit. Ini membuat mereka dikenal sebagai pemecah masalah yang jitu. Kemampuan mereka dalam menyerap dan memroses informasi sangat fenomenal. Tipe Pelaku Bersemangat juga memiliki kekuatan dalam pengamatan dan perasaan tajam saat berhadapan dengan orang lain. Mereka mudah memahami, jenaka, dan cerdas. Mereka memiliki kemampuan alami meyakinkan orang lain akan pandangan mereka. Tipe Pelaku Bersemangat hidup dalam kekinian dan membuat keputusan-keputusan spontan dari waktu ke waktu. Mereka senang bersama-sama dengan orang lain dan adalah pebincang yang perasa, riang, dan menghibur. Tidak masalah bagi mereka menjadi pusat keriaan dalam sebuah pesta dan mereka adalah tuan rumah yang baik, murah hati, dan trampil. Mereka tidak berlama-lama memikirkan konsekuensi; dengan cepat mereka menangkap seluruh fakta yang relevan, membuat keputusan pragmatis, lalu melaksanakan keputusan itu dengan penuh semangat. Jika suatu keputusan ternyata keliru di kemudian hari, mereka selalu dapat membuat rencana baru.
Menambah Semangat
Bagaimana caranya untuk menambah semangat?
Semangat yang melemah bisa ditambah dengan beberapa hal dibawah ini, diantaranya adalah :
  • Merasa HARUS bertindak
  • Keinginan untuk melakukan sesuatu yang bermakna bagi diri sendiri, keluarga, kerabat dan orang banyak serta alam semesta
  • Perasaan bertanggung jawab
  • Merasa peduli terhadap sesama, dan lain-lain.
Mempertahankan Semangat Yang Ada
Diperlukan tekad yang kuat untuk mempertahankan semangat. Jika sekarang anda merasa sedang memiliki semangat, anda pula seharusnya mengingat-ingat satu kondisi dan situasi dimana semangat itu sedang pergi atau dengan kata lain ketika anda sedang tidak bersemangat, maksudnya adalah agar anda bisa merasakan apa saja perbedaannya, lalu mempertahankan eksistensinya atau bahkan untuk menambah kekuatan dari semangat itu.
Mempertahankan kehadiran semangat bisa dilakukan dengan memiliki terlebih dahulu tekad yang hebat untuk mempertahankan semangat itu sendiri, lalu meng-arah-kannya agar bisa menghasilkan hal-hal yang produktif dan membuat anda senang. Mengapa demikian ?
Sebab jika semangat itu tidak menghasilkan sesuatu yang menyenangkan, nantinya cenderung biasa-biasa saja bagi anda dalam hal tekad mendapatkan sesuatu, yang seharusnya didukung oleh semangat yang kuat.
Semangat Memiliki Sifat Spiritual Yang Angin-anginan
Semangat itu sifatnya spiritual, adalah dimana batin tergerak untuk bertindak.
Semangat juga bersifat angin-anginan, dia terkadang ada dan tidak ada. semangat tidak hanya datang satu kali, bisa puluhan kali atau ratusan kali bahkan lebih. Semangat bisa datang dan pergi berulang kali tanpa bisa dihitung.
5 Contoh Bersemangat
1.       Seseorang yang giat dalam menuntut ilmu/belajar
2.       Seseorang yang giat dalam bekerja
3.       Mengerjakan sesuatu dengan senang hati (semangat)
4.       Membantu orang lain dengan ikhlas
5.       Dalam mengikuti kompetisi bersemangat agar menang
 
Sumber :
sundiawan,awan. Semangat adalah sikap yang mengalahkan segalanya.2013. https://awan965.wordpress.com/2013/10/14/semangat-adalah-sikap-yang-bisa-mengalahkan-segalanya/  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar