Senin, 19 Desember 2016

Pro Aktif

PROAKTIF

Pengertian atau definisi proaktivitas adalah orang yang relatif tidak terpengaruh oleh kekuatan situasi di sekitarnya, bahkan orang tersebut mampu mempengaruhi timbulnya perubahan dalam lingkungannya salah satu ahli yang memberikan pengertian proaktif adalah Stephen R Covey (1997) yaitu : suatu sikap untuk bertanggung jawab atas hidup diri kita sendiri. Hidup yang kita jalani berasal dari berbagai macam keputusan yang kita buat dan kita sebagi manusia juga punya tanggung jawab dan berbagai inisiatif untuk membuat segalanya terjadi. Orang dengan proaktivitas tinggi mampu mengidentifikasi kesempatan dan mengambil tindakan yang tepat untuk memanfaatkan kesempatan tersebut, menampakkan inisiatif dan mempertahankannya sampai perubahan yang bermakna terjadi. Lawan dari proaktif adalah pasif atau reaktif, yaitu orang yang cenderung untuk beradaptasi atau berkompromi dengan keadaan, daripada berusaha merubah dirinya untuk memberikan pengaruh positif pada situasi disekitarnya.

Proaktivitas manusia selalu memiliki tujuan, bergerak maju, dan berorientasi ke masa depan, serta secara internal memunculkan perilakunya sendiri. Stimulus dari luar lebih tampak sebagai sesuatu yang menjadi kecenderungan aktualisasi dari dalam keluar daripada sesuatu yang menjadikan individu bereaksi terhadap stimulus lingkungan.

Berikut contoh implementasi sikap Proaktif dalam kehidupan sehari-hari demi sukses Anda :

a.       Inisiatif.
Sering anda mendengar bahwa Orang Proaktif adalah tipe orang yang punya Inisiatif dalam pekerjaannya. Inisiatif adalah kemampuan seseorang untuk mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan keadaan yang terjadi dari sebuah pekerjaannya di masa datang.  Inisiatif adalah sikap tidak menunggu apa yang akan terjadi sebelum Bertindak.  Inisiatif adalah Tindakan yang dilakukan berdasarkan nilai yang telah dipikirkan dengan cermat. 

b.      Tanggung Jawab.
Sikap Proaktif memiliki pandangan bahwa keadaan tidak akan mampu mengubah hasil pencapaian jika tidak melakukan perubahan sendiri.

c.       Solutif.
Sikap Proaktif mampu memberikan Pemecahan yang beragam dalam menghadapi Permasalahan. Sehingga tidak menjadi sebuah Solusi Tunggal dalam mengantisipasi kemungkinan yang terjadi. Sikap Proaktif mempunyai banyak alternatif solusi dari sebuah Problematika, dengan Analisa dan Perhitungan Matang.

d.      Positif.
Setiap kerangka berpikir selalu diasumsikan dengan Hal Positif dan menjauhkan diri dari Fokus pada Kelemahan. Berpikir Positif atau Optimis dalam tindakan menjadikan orang dengan sikap Proaktif makin handal melakoni tahapan sukses.

Manfaat Sikap Proaktif

1.              Tidak lekas tersinggung.
2.              Bertanggungjawab terhadap pilihannya sendiri.
3.              Berpikir sebelum bertindak.
4.              Cepat pulih kalau terjadi sesuatu yang buruk.
5.              Selalu mencari jalan untuk menjadikan segalanya terlaksana.

DAFTAR PUSTAKA

·         Anonim. 2014.Pengertian Proaktif Menurut Para Ahli. http://www.definisimenurutparaahli.com/pengertian-proaktif-dan-contohnya/ (diakses 16 Desember 2016)
·         Hidayat, Atep Afia.2009. Mengembangkan Sikap Proaktif. http://netsains.net/2009/11/mengembangkan-sikap-proaktif/ (diakses 16 Desember 2016)

·         Anonim. 2013. Jadilah Orang Proaktif untuk Sukses. http://ikhtisar.com/jadilah-orang-proaktif-untuk-sukses/  (diakses 29 November 2016)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar