Senin, 19 Desember 2016

Menjadi Pribadi Yang Proaktif

Bersikap proaktif berarti bertanggung jawab atas perilaku kita sendiri di masa lalu, di masa sekarang, maupun di masa mendatang, dan membuat pilihan-pilihan berdasarkan prinsip-prinsip sserta nilai-nilai ketimbang pada suasana hati atau keadaan. Orang-orang proaktif adalah pelaku-pelaku perubahan dan memilih untuk tidak menjadi korban, untuk tidak bersikap reaktif, untuk tidak menyalahkan orang lain.

Bersikap proaktif itu banyak manfaatnya :

  • ·  Tidak mudah tersinggung
  • · Bertanggungjawab atas pilihan-pilihannya sendiri
  •    Berpikir sebelum bertindak
  •    Cepat pulih kalau terjadi sesuat
  •    Selalu mencari jalan untuk menjadikan segalanya terlaksana
·         Fokus pada hal-hal yang bisa mereka ubah, dan tidak menguatirkan hal-hal yang tidak bisa mereka ubah

Cara untuk memahami cara berpikir positif agar menjadi pribadi yang proaktif adalah:
1.      Mengubah kemunduran menjadi kemenangan
Setiap kali kita mengalami kemunduran, itu adalah peluang bagi kita untuk mengubahnya menjadi kemenangan. “Yang penting bukanlah apa yang terjadi padamu dalam hidup ini, melainkan bagaimana responmu terhadap kejadian itu”.

2.      Bangkit mengatasi pelecehan
Salah satu kemunduran terberat adalah pelecehan. Kalau kamu pernah dilecehkan, itu bukanlah salahmu. Dan kebenaran harus diungkapkan. Pelecehan akan mnjadi-jadi kalau didiamkan.

3.      Menjadi pelaku perubahan
Jika kamu proaktif, kamu bisa menghentikan  kebiasaan-kebiasaan buruk ini sehingga tidak diteruskan ke generasi berikutnya. Kamu bisa menjadi “pelaku perubahan”, dan meneruskan kebiasaan-kebiasaan baik kepada generasi-generai medatang.

4.      Mengembangkan otot-otot proaktifmu
Bertanggungjawab atas hidupmu dan menjauhkan diri dari lubang-lubang dengan melatih otot-otot proaktifmu. Ini adalah kebiasaan terobosan yang akan menyelamatkanmu lebih sering dari yang kamu bayangkan.

5.      Sikap aku bisa
Bersikap proaktif sesungguhnya berarti dua hal. Pertama tanggungjawab atas hidupmu sendiri. Kedua, kamu punya sikap “aku bisa”. Orang-orang dengan sikap “aku bisa” selalu mengambil inisiatif untuk menjadikan segalanya terlaksana, memikirkan solusi dan pilihan, serta bertindak. Sikap aku bisa itu berani, ulet, cerdik, kreatif, berani ambil resiko, dan sangat banyak akal.




DAFTAR PUSTAKA

Nuraeni, Nuri. The 7 Habits Of Highly Effective Teens. 2012. [Online]. Tersedia : http://characterbuiling1.blogspot.co.id/2012/10/kebiasaan-1-jadilah-proaktif.html?m=1. [diakses tanggal 18 Desember 2016].


Aditya. Reaktif Vs Proaktif. 2016. [Online]. Tersedia: https://richieshan.wordpress.com/2011/08/16/reaktif-vs-proaktif/. [diakses tanggal 18 Desember 2016]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar