Senin, 19 Desember 2016

Hidup Penuh Semangat



 
Kata semangat  menjadi sebuah acuan dalam menjalani hari-hari, karena sering kali kita mengalami semangat yang menurun. baik itu semangat dalam belajar,semangat dalam melakukan kerja bahkan semangat dalam melakukan akitivitas seringkali kita rasakan menurun. Sebenarnya semangat itu apa? Secara umum semangat merupakan pikiran ketika batin tergerak untuk melakukan satu atau banyak tindakan. Jadi, semangat itu memiliki fungsi sebagai penggerak batin untuk bertidak.

Tips Agar Tetap Semangat Sepanjang Hari
·         Kelilingi Diri dengan Warna Cerah
Melihat warna-warna cerah dan terang dapat membuat adrenalin semakin aktif. Energi akan bertambah dan rasa kantuk akan lenyap. Coba gunakan warna-warna cerah di kamar Anda, agar begitu Anda bangun tidur, maka Anda akan langsung disambut oleh warna-warna cerah yang Anda lihat di kamar Anda. Misalnya, gunakan sprei dan sarung bantal yang warnanya cerah. Anda juga bisa meletakkan bunga berwarna-warni (cerah) di sudut kamar Anda.
·         Olahraga Ringan
Tubuh memerlukan olahraga agar tetap bugar dan sehat. Bila ingin tetap semangat sepanjang hari, Anda perlu melakukan olahraga ringan di pagi hari misalnya senam ringan, jalan kaki, atau lari pagi. Bila memang tidak sempat, Anda bisa berolahraga sembari berangkat menuju ke kantor atau kampus. Misalnya, jika Anda berangkat dengan kendaraan pribadi, tak ada salahnya mencari tempat parkir yang agak jauh agar Anda bisa berjalan kaki dari tempat parkir ke ruangan kantor atau kampus. Atau, Anda juga bisa berolahraga dengan lebih memilih menaiki tangga di kantor atau kampus dari pada menggunakan lift.
·         Sarapan dengan Protein Lebih Banyak
Hal yang tidak boleh ditinggalkan setiap pagi adalah sarapan. Sarapan penting untuk menjaga Anda agar siap menjalani aktivitas sepanjang hari.
·         Makanlah Pada Waktunya
Salah satu yang membuat kita lelah adalah menunda makan. Tubuh perlu makan (sarapan) di pagi hari. Jangan melewatkannya, atau menundanya sampai waktu makan siang, dengan alasan tidak sempat, atau ingin diet. Menunda makan dapat membuat tubuh menjadi lemas dan tak bersemangat.
·         Jaga Pasokan Air
Selain menjaga pasokan kadar gula darah, Anda juga perlu menjaga pasokan air ke dalam tubuh Anda. Konsumsilah air putih dalam jumlah yang cukup agar tubuh terasa segar. Saat tubuh Anda terasa lelah terkadang yang Anda butuhkan hanyalah segelas air putih. Dan, semakin tinggi aktivitas Anda, akan semakin tinggi pula kebutuhan air bagi tubuh Anda.
·         Jangan Lupa Break
Saat sudah lelah menjalani berbagai aktivitas di kantor atau kampus, sebaiknya Anda segera berisitrahat sebentar sambil menikmati segelas minuman yang menyegarkan. Istirahat atau break bisa membantu Anda meredakan stress dan rasa penat. Di saat break, Anda juga bisa berbincang-bincang dengan teman membicarakan hal-hal yang lucu atau hal lain yang bisa membangkitkan semangat.
·         Tidur Cukup
Tubuh memerlukan waktu tidur yang cukup. Rata-rata orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7 – 8 jam per hari. Tidur yang cukup dapat membuat tubuh Anda menjadi segar dan bersemangat. Sebaliknya, kurang tidur akan membuat Anda menjadi lemas dan tak bersemangat (meskipun baru bangun tidur). Tak hanya harus cukup, kita juga perlu menjaga agar tidur kita berkualitas (nyenyak).

Contoh Ciri-Ciri Semangat Bekerja
a. Suka Bekerja Keras
   Seseorang yang memiliki semangat bekerja, suka kerja keras. Dia pantang menyerah. Tidak mudah putus asa. Dia juga memiliki rasa tanggung jawab.
b. Disiplin
        Melakukan pekerjaan harus disiplin. Waktu itu sangat berharga. Kita harus disiplin menghargai waktu. Misalnya waktu belajar dimanfaatkan untuk belajar. Waktu istirahat dimanfaatkan untuk istirahat. Siswa yang disiplin akan mematuhi tata tertib di sekolah. Di rumah pun demikian.
c. Jujur
        Perilaku jujur wajib dimiliki. Seseorang dihargai karena kejujurannya. Kepercayaan berasal dari kejujuran. Oleh karena itu wajib berperilaku jujur. Kapan dan di manapun. Kalau ingin sukses dalam bekerja.

Daftar  Pustaka:

Anonim. .2014. “10 tips agar tetap semangat”. http://informasitips.com/tips-trik-agar-tetap-semangat-sepanjang-hari. 19 Desember 2016.
Ruslani, 2015, “pengertian tentang semangat”,  http://www.ruslani.com/pengertian-tentang-semangat.html. 19 Desember 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar