Kerja Sama
Kerja
sama adalah suatu usaha bersama antara orang perorangan atau kelompok untuk
mencapai tujuan bersama. Kerja sama dapat berlangsung manakala
individu-individu yang bersangkutan memiliki kepentingan yang sama dan memiliki
kesadaran untuk bekerja sama guna mencapai kepentingan mereka tersebut.
Pentingnya kerjasama
Pada
dasarnya manusia adalah makhluk sosial, yang artinya manusia tidak dapat hidup
sendiri tanpa bantuan orang lain. Oleh karena itu dibutuhkan kerjasama dalam menjalankan kehidupan.
Macam-macam Kerjasama
- Kerja sama spontan (Spontaneous Cooperation) yaitu bentuk kerja sama atas dasar spontanitas.
- Kerja sama langsung (Directed Coopration) yaitu bentuk kerja sama sebagai reaksi atas adanya instruksi dari atasan.
Bentuk-Bentuk Kerjasama
- Tawar menawar atau Bargaining, ialah membentuk kerjasama tentang kesepakatan pertukaran produk atau juga jasa antara dua orang atau juga lebih.
- Koalisi atau Coalition, ialah gabungan dari dua lembaga organisasi atau juga lebih yang memiliki tujuan yang sama, mereka bekerjasama agar mencapai tujuan tersebut.
- Joint Venture, ialah kerjasama agar mengerjakan proyek-proyek tertentu supaya bisa cepat terselesaikan dan juga tujuan cepat tercapai.
- Cooptation, ialah proses kerjasama penerimaan dari berbagai unsur yang baru pada kepemimpinan sebuah organisasi, hal ini bisa dijadikan sebuah cara agar menghindari terjadinya sebuah kecurangan atau juga hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat terjadi.
- Atas dasar kerukunan, ialah kerjasama yang didasari karena sebuah kerukunan sesama manusia, biasanya sebuah kerjasama yang didasari kerukunan tidak diharapkan imbalan atau juga upah.
Cara Membangun Kerjasama Tim yang Kompak dan Solid
1.
Tujuan yang jelas
Dengan
menentukan tujuan yang spesifik, untuk apa kerja sama itu dibentuk.
2.
Pelatihan dan Perintah Yang Jelas
Pelatihan
dapat mengharmoniskan hubungan antar karyawan, alhasil dapat pula membangun
kerjasama tim yang kompak dan solid.
3.
Kondisi Kerja Yang Stabil
Kondisi
kerja juga turut menjadi faktor yang dapat memperkuat kerjasama tim.
4.
Budaya Saling Menghormati dan Saling
Percaya
Adanya
rasa saling menghormati dan percaya akan menciptakan hubungan yang harmonis di
dalam tim, dan akhirnya juga akan membentuk kerjasama tim yang solid.
5.
Selalu Terbuka Terhadap Ide – Ide
Yang Baru
Ada kalanya anggota tim memiliki
pemikiran-pemikiran atau ide yang menurut mereka yang terbaik untuk dilakukan.
Faktor Yang Mempengaruhi Kerjasama
Faktor yang mempengaruhi kerjasama diantaranya yaitu:
Faktor yang mempengaruhi kerjasama diantaranya yaitu:
1.
Hal timbal balik
2.
Orientasi Individu
3.
Komunikasi
Contoh Kerjasama dalam lingkungan:
- Keluarga : bekerjasama membersihkan rumah
- Sekolahan : melaksanakan tugas piket bersama – sama
- Masyarakat : ikut kerjabakti membersihkan desa
Manfaat Dari Kerjasama
- Dapat mempererat ikatan kerjasama
- Menumbuhkan sebuah semangat persatuan
- Pekerjaan bisa lebih cepat selesai
- Pekerjaan menjadi lebih ringan
- Melatih diri untuk menghargai orang lain
- Berlatih untuk mengeluarkan atau mengemukakan pendapat
Kesimpulan
Kerjasama adalah suatu hal yang
dilakukan bersama untuk tujuan bersama.
Daftar Pustaka
-
Anonim. 2013. Pengertian Kerja Sama.
Indonesia: Anonim.
-
Anonim. 2015. Cara Membangun Kerja
Sama Tim yang Kompak Solid Kuat. Indonesia: Anonim.
-
Saputri, Winda. 2016. Pengertian
Kerjasama Dan Manfaat Kerjasama Terlemgkap. Indonesia: Seputar Pengetahuan.
http://www.seputarpengetahuan.com/2016/10/pengertian-kerjasama-dan-manfaat-kerjasama-terlengkap.html
-
Purnomo, Sigit. 2012. Kerjasama.
Indonesia: Zonemakalah.
-
Anonim. 2016. Pengertian Kerjasama
Dan Macam macam Bentuk Kerjasama Beserta Contoh. Indonesia: Bukupedia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar