Senin, 07 November 2016

Pentingnya Beradaptasi



Oleh : Dhico Imtinan Setyowati
Sebagai individu kita dapat dipastikan akan menghadapi lingkungan baru. Sebagai contoh, pertama kali masuk kuliah, mendapat teman baru, pertama kali kos, bekerja di tempat baru, dan yang lainnya yang masuk dalam bagian lingkungan baru. Sebagian besar individu akan merasa takut untuk memasuki dunia baru, karena mereka akan merasakan hal – hal asing yang sebelumnya belum didapatkan. Ketakutan ini sangatlah wajar, namun perlu diketahui lingkungan yang baru bisa saja mendatangkan berbagai hal positif. Lalu bagaimanakah agar individu itu dapat meraih hal – hal positif dari lingkungan baru?. Yang perlu dilakukan adalah dengan Beradaptasi.
Beradaptasi adalah kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan hidupnya. Ada beberapa cara penyesuaian diri yang dapat dilakukan, yaitu dengan cara penyesuaian bentuk organ tubuh, penyesuaian kerja organ tubuh, dan tingkah laku dalam menanggapi perubahan lingkungan. Kadang, saat proses adaptasi itu tersebut, tidak jarang seseorang itu mengalami hambatan. Banyak faktor-faktor yang mempengaruhinya. Misalkan saja ada seseorang yang memiliki sifat pendiam dan pemalu, akan sulit untuk beradaptasi di lingkungan barunya karena mungkin dia tertutup dan sulit untuk memulai komunikasi sehingga proses adaptasinya terhambat. Bisa juga jika ada seseorang yang 'minderan'. Dia merasa minder karena mungkin kekurangan yang dimilikinya sehingga dia sulit untuk bergaul dengan orang-orang baru maupun lingkungan baru.

Cara mudah beradaptasi dengan lingkungan baru :
1.      Menata Persepsi Kita Tentang Lingkungan Baru Kita.
Untuk menghindari persepsi yang salah, sebelumnya kita harus membekali diri dengan informasi yang benar dan terpercaya tentang lingkungan baru tersebut.

2.      Persiapkan Mental.
Intinya adalah kita menanamkan kepada diri bahwa kita adalah orang baru yang harus berlaku baik agar diterima. Janganlah segan menyapa. Jangan pula takut bertanya.

3.      Rajin – rajinlah Memulai Pembicaraan
Rajin – rajinlah menyapa atau mengobrol dengan teman2 baru kita. Dengan membuka pembicaraan terlebih dahulu berarti kita sedang menunjukkan bahwa adalah pribadi yg hangat & terbuka terhadap lingkungan baru.
 
4.      Mintalah Penilaian dari Orang-orang di Sekitar Kita.
Cobalah minta penilaian terhadap apa yang sudah kita lakukan. Baik dan buruknya mesti kita terima, sehingga kita bisa meningkatkan kualitas diri kita di lingungan baru.

5.      Hargailah Budaya & Aturan di Lingkungan Baru.
Percayalah, jika kita memasuki suatu lingkungan, pastilah kita berhadapan dengan peraturan. Sebebas-bebasnya suatu lingkungan, pastilah ada aturannya. Peraturan ini mutlak diperlukan agar kehidupan dalam lingkungan tersebut berjalan teratur.

6.      Menata Diri
Persiapkan diri menghadapi lingkungan baru tersebut. Secara fisik, jika lingkungan baru kita membutuhkan persiapan ekstra, maka persiapkan fisik kita.

 
DAFTAR PUSTAKA
Eko, Ardian. 2012. Cara Agar Mudah Beradaptasi di Lingkungan Baru. https://ardianeko.wordpress.com/2012/03/08/cara-agar-mudah-beradaptasi-di-lingkungan-baru/
Nugroho, Bagus. 2013. Kemampuan Beradaptasi. http://bagusnunu.blogspot.co.id/2013/10/kemampuan-beradaptasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar