Sabtu, 07 September 2019

Metode Mengenal Diri

Oleh : Sunu Dwi Prambudi ( @P11-SUNU )


Mengenal diri sendiri adalah permulaan dari semua kemenangan hidup. Mengenal diri sendiri memang sangat penting namun terkadang juga sulit dilakukan, dan satu-satunya orang yang bisa mengenali diri kita tentu hanya diri kita sendiri. Maka dari itu kita harus mengenal diri kita sendiri salah satu nya dengan cara menggunakan metode dibawah ini :



Memahami Diri Sendiri

1.       Ajukan pertanyaan bijak kepada diri sendiri. Cara ini membantu Anda menentukan apa yang membuat Anda merasa bahagia atau tertekan. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan informasi yang diperoleh untuk mengisi waktu dengan melakukan aktivitas yang bermanfaat atau mencapai tujuan.

2.       Dengarkan baik-baik suara hati Anda. Suara hati mengekspresikan perasaan dan keyakinan Anda. Suara hati akan berbicara saat terjadi sesuatu yang menjengkelkan atau menyenangkan. Belajarlah mendengarkan suara hati. 

3.       Belajarlah memusatkan perhatian saat menjalani keseharian. Saat memusatkan perhatian, Anda mengalami sepenuhnya apa yang sedang terjadi sehingga mampu menyadari setiap pikiran yang muncul dan tindakan yang dilakukan.



Memperbaiki Kepribadian
·         Buatlah rencana dan tujuan yang pasti. Ketika ingin berubah menjadi pribadi yang lain, seseorang pasti akan merasa gamang bila dia tidak membuat rencana yang pasti tentang apa yang harus dilakukannya dan hendak menjadi pribadi yang bagaimana nantinya.
·         Mulailah berpikir terbuka. Pikiran yang terbuka akan memudahkan kita untuk merubah kepribadian ke arah yang lebih baik. Tanpa pikiran yang terbuka, kita akan sulit menemukan cara untuk berubah. Cobalah berpikir di luar kotak, jangan terkungkung oleh anggapan yang kaku. Karena dunia ini tidak hanya berwarna hitam dan putih, melainkan memiliki berbagai macam warna. 
·         Berhenti berpikir negatif. Sama dengan pikiran yang tertutup, selalu berpikir negatif akan menghalangi kita mengembangkan diri dengan lebih baik lagi. Jika kita berpikir bahwa kita bisa, maka kita akan bisa dan begitu pula sebaliknya. Kembangkan kemampuan untuk berpikir positif dan optimis. Dengan berpikiran positif, maka kita juga bisa membantu orang lain.
·         Jadilah Diri Sendiri
Tidak ada yang lebih nyaman dari menjadi diri sendiri. Jangan memaksakan diri meniru orang lain yang memang anda rasa tidak sesuai di hati.
·         Jadilah Pendengar yang Baik
Mendengarkan orang lain dengan baik akan membantu anda memahami orang tersebut dengan lebih baik pula. Seseorang akan memberikan respek positif terhadap orang yang mau mendengarkannya.



Memenuhi Kebutuhan
  • Dengan memahami kebutuhan (need) pada diri kita maka dengan sendirinya kita dapat memahami apa dan bagaimana serta siapa diri kita sebenarnya.
  • Hal tersebut sangat membantu Anda untuk lebih mudah menyesuaikan diri dan sangat membantu Anda dengan mudah memahami orang lain dari berbagai lingkungan sosial.
  • Identitas diri sangat membantu mempertebal keyakinan serta rasa percaya diri Anda dalam pengembangan kepribadian.

DAFTAR PUSTAKA

http://belajarkepribadian.blogspot.com/2013/03/pengenalan-diri.html
https://olvista.com/bagaimana-cara-meningkatkan-kepribadian/
https://cintalia.com/kehidupan/cara-merubah-kepribadian
https://id.wikihow.com/Mengenal-Diri-Sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar