Sabtu, 07 September 2019

MENGENAL DIRI

Penulis : MUHAMMAD FATHAN FADILAH (@N10-FATHAN)

Mengenal diri merupakan salah satu ciri khas manusia, namun masih banyak orang yang tidak mengenal dirinya sendiri karena menganggapnya tidak penting atau tidak tahu bagaimana caranya.

Menurut John Robert Powers pada tahun 1977 “Konsep diri adalah kesadaran dan pemahaman terhadap dirinya sendiri yang meliputi : siapa aku, apa kemampuanku, apa kekuranganku, apa kelebihanku, apa perananku, dan apa keinginanku“. Konsep diri menjadi perilaku hidup sehari-hari yang disadari. Kesadaran dan pemahaman akan dirinya semakin mencerminkan prinsip hidup dan kehidupannya.

Dari pengertian tersebut terkandung makna bahwa konsep diri merupakan cara seseorang mamandang diri sendiri dari dalam maupun dari luar dirinya. Konsep diri memengaruhi seseorang untuk mengambil keputusan, seperti memilih melakukan yang baik daripada yang jahat atau sebaliknya.

Konsep diri memiliki dua karakteristik. Pertama, identitas personal. Ciri ini yang membuat kita unik dan berbeda dari orang lain dalam kelompok sosial. Kedua, identitas sosial. Identitas social merupakan implikasi etika dalam identifikasi organisasi. Ciri ini yang menjadikan seseorang diterima dalam kelompok sosial.

Bagaimana cara mengenal diri kita sendiri ? Ada berbagai cara mengenal diri kita sendiri. Diantaranya :

1.      Bersikaplah jujur kepada diri sendiri.
2.      Ajukan pertanyaan bijak kepada diri sendiri.
3.      Dengarkan baik-baik suara hati sendiri
4.      Deskripsikan penampilan.
5.      Mengikuti tes kepribadian atau psikotes.
6.      Menanyakan kepribadian diri kepada orang terdekat.

Mengenal diri juga memiliki berbagai menfaat yang sangat penting bagi kehidupan seseorang tersebut. Diantaranya :

1.      Mampu menentukan jalan hidup.
2.      Mudah mencari solusi.
3.      Membantu berkompromi dengan diri sendiri.
4.      Mampu hidup bermasyarakat.
5.      Mampu mengetahui kelebihan dan kekurangan pada diri sendiri.
6.      Mampu menerima kondisi sendiri.
7.      Mampu mengatahui potensi diri.

       Dapat disimpulkan bahwa mengenal diri adalah pandangan diri tentang diri sendiri dalam segi fisik, psikologis, intelektual dan sosial. Menganal diri memerlukan usaha secara sadar. Orang yang mabuk karena minuman keras tidak mungkin menganal dirinya sendiri. Orang mabuk tidak bias mengontrol diri sendiri termasuk di depan public. Jadi, orang yang mengenal diri adalah orang yang berusaha sadar. Sadar adalah syarat penting untuk mengenal diri.

DAFTAR PUSTAKA :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar