Minggu, 08 September 2019

Mengenal Diri

Oleh: Rosa Amaria Putri (@P09-Rosa) @Proyek JK01
Diriku

Pendahuluan
        Pada dasarnya manuasia memiliki kepribadian masing-masing yang berbeda setiap inndividu,dan setiap individu cenderung mengembang dirinya menjadi lebih baik,tetapi setiap individu memiliki sifat yang berbeda bagaimana cara mereka untuk menjadi pribadi yang lebih unggul.Manusia adalah makhluk social,memiliki tujuan hidup,cita-cita,hobi,kepercayaan mereka masing-masing.

Pembahasan

1.     Manusia Sebagai Makhluk Sosial
           Manusia adalah makhluk sosial yang hidup bermasyarakat (zoon politicon). Keutuhan manusia akan tercapai apabila manusia sanggup menyelaraskan perannya sebagai makhluk ekonomi dan sosial. Sebagai makhluk sosial (homo socialis), manusia tidak hanya mengandalkan kekuatannya sendiri, tetapi membutuhkan manusia lain dalam beberapa hal tertentu. Misalnya, dalam lingkungan manusia terkecil yaitu tetangga. Dalam hidup bertetangga kita harus saling tolong menolong,seperti tetangga sakit kita menjenguk,tetangga kesusahaan dibantu,ataupun dalam gotong royong seperti kerja bakti.Manusia tidak dapat mencapai apa yang diinginkan dengan dirinya sendiri.Karena manusia adalah makhluk sosial dimna saling membutuhkan satu sama lain.

2.     Tujuan Hidup
              Tujuan hidup saya adalah bermanfaat bagi masyarakat,karena segala seuatu yang ada di dunia ini pasti punya manfaatnya masing-masing apa lagi manusia.Jika punya harta lebih kita bisa membantu orang yang kesusahan,jika tidak ada harta untuk membantu kita bisa bantu dengan yang lainnya seperti tenaga,pemikiran,ataupun doa.Betapa bahagianya ketika kita bisa membantu orang lain dan membuat senang orang lain dengan cara yang sederhana.

3.     Definisi Kepribadian
             Definisi kepribadian yang disampaikan oleh beberapa ahli yaitu Roucek dan Warren, dalam buku yang berjudul "Sociology an Introduction",Roucek dan Warren mendefinisikan kepribadian sebagai organisasi faktor-faktor biologis, psikologis, dan sosiologis yang mendasari perilaku individu.

4.     Rosa
             Saya lahir di Jakarta,25 Maret 2001, saya memiliki kedua orang tua yaitu ayah dan ibu bernama Suparman dan Lili Yanah,saya seorang muslim,hobi saya adalah berenang,menonton,kuliner.Sifat yang ada dalam diri saya adalah rajin,rajin membantu orang tua dirumah,membantu meringankan perkerjaan rumah,rajin mengerjakan tugas,rajin melakukan hal-hal yang saya sukai,saya pemarah,saya ambivert merupakan sifat antara introvert dan ekstrovert,supel,jujur,suka menolong,tidak sombong,dan rajin menabung.Cita-cita saya adalah ingin menjadi pengusaha Karena bisa membuka peluang kerja bagi orang lain,dan menjadi cost control engineer,aamiin.

Daftar Pustaka
Sumber lainnya: -Ibu
                           -buku psikologi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar