Sabtu, 07 September 2019

Mengenal Diri - PROYEK P01

Mengenal Diri Sendiri Demi Masa Depan

Disusun oleh :

Hana Muyesca (@P10-HANA)
Abstak :
Pada dasarnya setiap manusia memiliki bakat dan potensi yang berbeda-beda. Setiap orang juga tentunya ingin berkembang menjadi lebih baik lagi. Namun, hampir setiap orang tidak mengenal dirinya sendiri. Hal tersebut menjadi kendala seseorang untuk berkembang dan mewujudkan keinginan. Sebuah kepribadian atau karakter seseorang akan terwujud dengan baik tergantung dari sejauh mana lingkungan mendorong untuk perkembangan orang tersebut, dan seberapa jauh orang tersebut merasa dirinya perlu belajar agar lebih baik lagi. Untuk itu penting diketahui apakah pengenalan dan pengembangan diri seseorang sudah dilakukan dengan optimal.
Kata Kunci :
Mengenal diri, kepribadian, bakat, karakter, pengembangan diri, konsep diri.
I.       Pendahuluan
Mengenal diri sendiri adalah awal mengenal kebenaran. Kebenaran merupakan “kacamata” yang membuat orang berkomunikasi dengan orang lain tanpa kepalsuan. Apabila kita sudah mengenal diri kita dengan optimal, hendaknya kita pun belajar untuk mengontrol diri. Menurut Nur Gufron dan Rini Risnawati (2011) mengontrol diri adalah kemampuan untuk mengendalikan perilaku, kecenderungan untuk menarik perhatian, keinginan untuk mengubah perilaku agar sesuai untuk orang lain, menutup perasaannya. Seseorang menggunakan kontrol dirinya untuk tujuan jangka panjang, individu dengan sengaja menghindari melakukan perilaku yang biasa dikerjakan. Oleh karena itu, pentingnya untuk mengenal dan mengontrol diri.

II.    Pembahasan
2.1   Definisi
Menurut Stuart dan Sundeen (2005) konsep diri adalah semua pikiran, keyakinan, dan kepercayaan yang merupakan pengetahuan individu tentang dirinya sendiri dan mempengaruhi hubungannya dengan yang lain. Sedangkan menurut Potter dan Perry (2005) konsep diri adalah citra subjektif dari diri dan pencampuran yang kompleks dari perasaan, sikap dan persepsi bawah sadar maupun sadar. Konsep diri memberi individu kerangka acuan yang mempengaruhi manajemen diri terhadap situasi dan hubungan seseorang dengan orang lain.

2.2  Tujuan Mengenal Diri
Ada beberapa tujuan serta manfaat yang dihasilkan apabila kita mengenal diri sendiri diantaranya
1.      Mampu menentukan jalan hidup
Dalam menjalani kehidupan, kita dihadapkan pada banyak pilihan. Mulai dari pilihan dalam berkarir, asmara, tempat berlibur, dan lain sebagainya. Bila kita sudah mengenali diri sendiri, tentu kita jauh lebih mudah menentukan pilihan yang tepat. Ambil contoh kecilnya kita menyukai melukis, tentu kita dapat dengan mudah memilih berkarir di dunia seni.
2.      Mudah mencari solusi
Terkadang kita sebagai manusia biasa kerap kali mengalami masalah, entah itu masalah besar atau kecil. Apabila kita sudah mengenal diri dengan optimal maka kita dapat mencari solusi yang tepat.
3.      Mampu hidup bermasyarakat
Dalam hidup bermasyarakat, tentu kita dihadapkan pada ragam kepribadian. Beda kepribadian, cara bersosialisasinya juga beda. Untuk memahami kepribadian orang lain, tentu kita juga harus bisa mengenali kepribadian kita dulu. Bagaimana bisa mengenal orang lain dengan baik kalau belum bisa mengenal diri sendiri?
4.      Mampu menerima kondisi diri
Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Saat mencoba mengenali diri sendiri, kita akan mengetahui kelebihan dan kekurangan yang kita miliki. Kita bisa meningkatkan kelebihan dan memperbaiki kekurangan kita. Ketika kita mulai mengerti tentang kelebihan dan kekurangan kita, kita pun harus ikhlas menerima kelebihan dan kekurangan kita.
2.3  Cara mengenal Diri
1.      Bersikap terbuka (open minded) terhadap kritik, saran orang lain, dan mau menerima apa adanya demi perkembangan dirinya; tidak defensif.
2.      Melalui penelusuran bakat dan kepribadian
3.      Melalui pengalaman sehari-hari
4.      Melalui kebersamaan dengan orang lain
5.      Melalui refleksi dan perenungan diri pribadi merumuskan potret diri sendiri.

III.      Kesimpulan dan Saran
Masa depan ditentukan oleh diri kita sendiri. Oleh sebab itu, mulai dari sekarang kita harus mencoba untuk mengenal diri kita dengan cara open minded, penelusuran bakat dan kepribadian, pengalaman sehari-hari, kebersamaan dengan orang lain, dan perenungan diri. Apabila kita sudah mengenal diri dengan optimal, maka masalah apa pun yang datang bisa diatasi dengan berbagai solusi.
                                                                                                                                                               
IV.           Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar