Minggu, 18 Desember 2016

Bentuk-Bentuk Kerja Sama

Kerja sama adalah sebuah sistem pekerjaan yang kerjakan oleh dua orang atau lebih untuk mendapatkan tujuan yang direncanakan bersama. Kerja sama dalam tim kerja menjadi sebuah kebutuhan dalam mewujudkan keberhasilan kinerja dan prestasi kerja. Kerja sama dalam tim kerja akan menjadi suatu daya dorong yang memiliki energi dan sinergisitas bagi individu-individu yang tergabung dalam kerja tim. Komunikasi akan berjalan baik dengan dilandasi kesadaran tanggung jawab tiap anggota.

Manfaat Kerjasama
1.Kerja sama mendorong persaingan di dalam pencapaian tujuan dan peningkatan produktivitas.
2. Kerja sama mendorong berbagai upaya individu agar dapat bekerja lebih produktif, efektif, dan efisien.
3.Kerja sama mendorong terciptanya sinergi sehingga biaya operasionalisasi akan menjadi semakin rendah yang menyebabkan kemampuan bersaing meningkat.
4.Kerja sama mendorong terciptanya hubungan yang harmonis antarpihak terkait serta meningkatkan rasa kesetiakawanan.
5 Kerja sama menciptakan praktek yang sehat serta meningkatkan semangat kelompok.
6.Kerja sama mendorong ikut serta memiliki situasi dan keadaan yang terjadi dilingkungannya, sehingga secara otomatis akan ikut menjaga dan melestarikan situasi dan kondisi yang telah baik.

Contoh Kerjasama
Contoh bentuk kerjasama / gotong royong :
1.Bersama membersihkan lingkungan desa
2.Turut ikut aktif melaksanakan siskamling / ronda
3.Tolong menoling dalam segala hal terutama dalam masyarakat
4.Bersama membantu orang yang mengalami musibah
5. Bekerja sama memecahkan masalah guna kepentingan bersama

Bentuk-Bentuk Kerjasama
Selain bagaimana cara untuk dapat membentuk kerjasama, tetapi ada juga bentuk-bentuk dari kerjasama. Apa saja bentuk tersebut? mari langsung saja kita melanjutkan pembahasan berikut ini.
Tawar menawar atau Bargaining, ialah membentuk kerjasama tentang kesepakatan pertukaran produk atau juga jasa antara dua orang atau juga lebih.
Koalisi atau Coalition, ialah gabungan dari dua lembaga organisasi atau juga lebih yang memiliki tujuan yang sama, mereka bekerjasama agar mencapai tujuan tersebut.
Joint Venture, ialah kerjasama agar mengerjakan proyek-proyek tertentu supaya bisa cepat terselesaikan dan juga tujuan cepat tercapai.
Cooptation, ialah proses kerjasama penerimaan dari berbagai unsur yang baru pada kepemimpinan sebuah organisasi, hal ini bisa dijadikan sebuah cara agar menghindari terjadinya sebuah kecurangan atau juga hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat terjadi.
Atas dasar kerukunan, ialah kerjasama yang didasari karena sebuah kerukunan sesama manusia, biasanya sebuah kerjasama yang didasari kerukunan tidak diharapkan imbalan atau juga upah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar