Senin, 07 November 2016

Kiat Sukses Berani Mengambil Resiko



Oleh : Dhico Imtinan Setyowati
Resiko adalah bahaya, akibat atau konsekuensi yang dapat terjadi akibat sebuah proses yang sedang berlangsung atau kejadian yang akan datang. Meraih kesuksesan adalah impian semua orang. Bagi mereka yang benar-benar menginginkannya akan bersungguh-sungguh menjalani prosesnya. Mereka berani mengambil risiko, walaupun risiko tersebut sangat menantang kehidupannya. Tentu saja, risiko yang dimaksud bukanlah risiko ringan saja, tapi juga risiko berat.
Bagi mereka yang hanya menghayal, mereka menginginkan sesuatu tapi prosesnya mereka lalui dengan santai alias tanpa melakukan pekerjaan atau melalui langkah-langkah kecil sekalipun. Mereka terlalu cepat takut mengambil risiko bahkan tidak ingin menghadapi risiko apapun.
Lalu, adakah langkah penting bagi seseorang yang ingin menggapai kesuksesan dalam dunia apapun yang memperolehnya dengan melalui resiko-resiko?
·         Berbaik sangka kepada Allah
Siapapun yang ingin menggapai impiannya, jika dia berani berikhtiar, maka dia mesti yakin bahwa ikhtiarnya benar-benar berada dalam naungan Allah, berada dalam ridha Allah.

·         Percaya bahwa semuanya berisiko
Tidak ada yang diperoleh dalam hidup ini yang tidak berisiko

·         Percaya akan peluang
Yakin bahwa peluang itu selalu terbuka bagi siapapun yang menginginkan kesuksesan.

·         Percaya diri atas hasil usaha
Orang sukses adalah dia yang siap menerima hasil akhir dari usaha maksimalnya.

·         Yakin bahwa kesuksesan punya proses
Hampir tak ada kejadian yang tidak melalui proses. Orang hidup saja melalui proses. Jika seseorang ingin meraih impian atau menggapai kesuksesan, maka dia mesti melalui proses atau langkah-langkahnya.

Mengapa  orang sukses tidak pernah takut dengan resiko yang mereka ambil? Berikut adalah alasan mengapa harus mengambil resiko :

·         Akan mendapatkan pengalaman setiap kali mengambil resiko. Setiap masalah dan resiko, pengalamannya pun berbeda. Oleh sebab itu jangan pernah menghindari resiko. 
·      Orang yang mengambil resiko adalah orang yang kuat. Mereka ditempa oleh resiko-resiko yang mereka ambil. Sampai akhirnya mereka menjadi pribadi yang kuat. 
·         Resiko bagi adalah tanda kesuksesan dan keberhasilan. Tidak ada resiko, Tidak ada yang sukses. 
·         Orang yang mengambil resiko bukan berarti bodoh dan gegabah. Mereka cerdas, karena ketika mereka mencelupkan diri ke dalam resiko tersebut, mereka sebelumnya sudah mempelajari setiap resiko yang ada di hadapannya.
·         Setiap ada resiko, bukan hanya mengalami hal baru, tapi juga mendapatkan pengetahuan yang mungkin tidak semua orang miliki. 

 

DAFTAR PUSTAKA

Kadir, Syamsudin. 2012. Berani Mengambil Resiko. https://akarsejarah.wordpress.com/2012/07/30/berani-mengambil-risiko/
Farhana, Karla. 2015. 8 Alasan Kamu Enggak Boleh Takut Sama Resiko. http://www.bintang.com/lifestyle/read/2285064/8-alasan-kamu-enggak-boleh-takut-sama-resiko

Tidak ada komentar:

Posting Komentar