Rabu, 09 November 2016

Bagaimana Cara Beradaptasi dengan Lingkungan Baru?

By : Anna Lusiana

Dalam menjalani hidup ini kita pasti tidak ingin hidup kita datar bukan? Pulang-pergi, kuliah-rumah, dan sebagainya. Bagaimana cara membuat hidup kita lebih bewarna? Yaitu, dengan cara carilah tempat baru, lingkungan baru, teman baru, dan lain sebagainya.
Pada sebagian orang tentu merasa takut dengan hal baru dan enggan untuk meninggalkan lingkungannya sekarang. Hal seperti ini akan membuat diri kita ‘kuno’ dengan dunia global. Ibaratnya seperti ‘katak dalam tempurung’, menutup diri sendiri dan tidak tahu dunia luar. Solusinya adalah beradaptasilah!
Nah, bagaimana cara kita bisa beradaptasi dengan lingkungan baru? Disini saya akan memberikan tips tentang cara beradaptasi dengan baik :

1. Jangan Asal Menebak
Jika kita ingin memiliki teman baru, jangan mengambil persepsi sendiri seperti, ‘kayanya dia jutek dan sobong’. Kalau kita sudah menganggap seperti itu bagaimana kita akan berteman dengan dia? Pasti kita enggan dong untuk mengenalnya lebih jauh? Oleh karena itu gausah teralu banyak mikir, ajak kenalan aja dulu…

2. Tersenyum
Sikap awal yang harus kita lakukan saat bertemu orang, adalah senyum. Biar orang lain tidak beranggapan kita ‘orang baru yang sombong’, maka senyumlah. Mungkin kita sudah menerapkan Jangan Asal Menebak, namun orang lain belum tentu seperti kita. Jangan sampai karena kita tidak murah senyum, malahan kita akan digunjingkan.

3. Kuatkan Mental dan Fisik Anda
Dalam memulai hidup baru dilingkungan baru, kita harus mampu membuat benteng yang kuat untuk mental dan fisik kita. Kadangkala, banyak orang yang tidak suka dengan kita. Bisa saja diawal pertemuan mereka mengatakan hal yang menyakiti hati kita. Jangan diambil hati. Toh, mereka belum kenal kita. Jangan karena kita diomongin trus kita depresi dan malah sakit. Satu kata buat hal ini, lebay. Kita harus tunjukan kepada mereka kita asik juga kok untuk dijadiin teman.

4. Memulai Percakapan
Mulailah percakapan! Gausah malu. Nanti kalau kita tidak mau mengajak ngobrol dikira kita yang sombong. Percakapan bisa dimulai dengan tanya saja namanya, asal darimana, bertanya tentang minat dan lainnya.

5. Bertanya Saja
Bertanya saja! Apasih kebudayaan atau kebiasaan dilingkungan barumu? Tanyalah pada orang sekitar. Gunanya, supaya kamu tidak mengambil langkah yang salah, yang melanggar aturan bagi mereka.

6. Berkeliling
Yups! Berkeliling. Lihatlah lokasi-lokasi sekitar. Supaya, nanti kalau ada temen barumu mengajak bertemu, kamu sudah tau daerah disitu. Jadi meringankan dirinya untuk menjelaskannya padamu, supaya nantinya tidak membuat dia kesal padamu karena merasa kamu tidak nyambung untuk dijelaskan.

7. Sugesti Diri
Langkah selanjutnya adalah sugesti diri anda sendiri! Katakan pada diri anda, bahwa anda mampu untuk beradaptasi. Anda mampu untuk mencari teman. Anda juga mampu membuat orang lain merasa senang pada anda.

8. Berbaur
Jangan asik sendiri. Seakan-akan kita tidak butuh orang lain. Berbaurlah. Jangan hanya ‘cukup 1 orang teman’, carilah teman yang lainnya. Mereka punya beragam sifat dan hati yang berbeda juga. Mungkin saja anda bisa menjadi lebih bersosialisasi lagi.

9.Jadilah Diri Sendiri
Be your self! Gausah menjadi seperti orang lain supaya kita dapat teman. Toh, pada akhirnya mereka tahu sifat kamu yang sebenarnya. Mendingan mereka tahu kamu dari awal daripada belakangan, yang nantinya membuat mereka kecewa.

10. Pelajari Situasi
Pelajari situasi juga penting loh… kamu harus tahu dimana saatnya mereka lagi sedih, dimana kamu harus bercanda, lihat kelemahan orang lain, apakah dia mudah tersinggung. Semua itu perlu kamu perhatikan. Kenapa? Jangan sampai mereka tersinggung dengan sikapmu, dan enggan untuk berteman dengan mu. Jujur saja hal ini paling sulit. Karena saya pernah mengalaminya. Disaat saya salah berkata-kata, dan hingga sekarang walau say meminta maaf, dia enggan untuk berteman dengan saya.

11. Menghargai Sesama
Terakhir, menghargai sesama. Jika kamu menghargai kebebasan dan kebiasaan orang lain, maka mereka akan menghargaimu juga. Semua itu timbal balik. Mulailah dari diri kalian sendiri.


Daftar Link :
Anonim. 2015. 8 Tips Agar Cepat Beradaptasi dengan Lingkungan Baru. Rosediana.net (diakses 9 November 2016)
Anonim. 2014. 8 Cara Cepat Beradaptasi Bagi Siswa Di Sekolah Baru. Belajarkereatif.net (diakses 9 November 2016)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar