Laman

Minggu, 15 Oktober 2023

Penyelesain konflik di dalam kerja sama tim

 Minggu 15, oktober2023 

 

                                        Penyelesain konflik di dalam kerja sama tim


 Oleh :MAHISA FERONIKA @B017

Bagaimana menyelesaikan konflik tim

Jika Anda ingin mengetahui cara menyelesaikan konflik tim secara konstruktif, ada beberapa langkah yang dapat Anda ikuti. Mungkin bermanfaat untuk memastikan anggota tim mendapatkan pelatihan tentang keterampilan dasar resolusi konflik sehingga mereka dapat menangani beberapa konflik secara mandiri. Untuk permasalahan yang lebih signifikan, manajer atau pemimpin tim mungkin ingin memfasilitasi penyelesaian konflik. Langkah-langkah berikut dapat membantu Anda menyelesaikan konflik dalam tim:

1.   Bicaralah dengan anggota tim secara terpisah

Langkah pertama yang berguna adalah berbicara dengan anggota tim yang merupakan bagian dari konflik secara terpisah. Ini membantu Anda memahami sudut pandang setiap orang. Penting untuk melakukan hal ini secara rahasia sehingga setiap anggota tim dapat jujur. Tetap tidak memihak sangatlah penting. Mengajukan pertanyaan yang sama kepada setiap orang yang terlibat dapat membantu Anda tetap tidak memihak.

2.   Lakukan diskusi kelompok

Setelah Anda memahami perspektif individu, Anda dapat mengumpulkan semua orang untuk melakukan diskusi kelompok. Seringkali merupakan ide bagus untuk menetapkan beberapa aturan dasar di awal. Anda dapat mendorong anggota tim untuk mendengarkan satu sama lain, menunggu orang lain selesai sebelum berbicara, dan hanya mendiskusikan masalah yang relevan.

3. Meminta saran kepada tim secara lebih luas

Jika sesuai, Anda dapat meminta saran dari anggota tim lainnya. Hal ini biasanya hanya tepat jika konflik juga berdampak pada anggota tim lainnya dan masalahnya tidak bersifat rahasia. Mencari ide dari anggota tim lainnya dapat memperkenalkan perspektif baru. Hal ini juga mendukung budaya organisasi atau tim yang aman secara psikologis di mana karyawan merasa nyaman mengekspresikan ide-ide mereka.

4. Kembangkan rencana

Setelah mendiskusikan konflik tersebut, Anda dapat mengembangkan rencana untuk melanjutkan. Anda dapat meminta orang-orang yang terlibat dalam konflik untuk menyepakati cara untuk bergerak maju dan memastikan bahwa setiap orang memiliki komitmen yang sama terhadap penyelesaian konflik. Untuk beberapa konflik, mungkin bermanfaat jika membuat jadwal tindakan tertentu, termasuk kapan konflik itu terjadi. Penting juga untuk meminta pertanggungjawaban semua orang yang terlibat dalam mengikuti rencana tersebut.

5. Tindak lanjuti rencana tersebut Menindaklanjuti rencana akan memastikan bahwa rencana tersebut berfungsi sesuai keinginan Anda dan Anda dapat memeriksa kemajuannya  Hal ini juga memastikan bahwa rencana tersebut benar-benar menyelesaikan permasalahan secara efektif. Anda dapat menjalankan survei anonim untuk anggota tim atau mengadakan pertemuan individu untuk mengetahui perasaan karyawan.

 

Kesimpulan 
kerja sama tim adalah menciptakan lingkungan yang lebih harmonis, meningkatkan produktivitas, memperkuat hubungan antar anggota tim, dan mencapai tujuan bersama secara lebih efektif.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar