Tujuan utama dari proses komunikasi adalah untuk memastikan bahwa semua orang yang terlibat mencapai pemahaman bersama tentang apa yang dikomunikasikan. Ketika pesan dikomunikasikan secara sederhana, berarti pesan tersebut dapat dipahami oleh khalayak yang lebih luas.
Apa yang dimaksud dengan komunikasi yang efektif ?
Menurut Tommy Suprapto dalam buku Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi (2009), komunikasi dikatakan efektif apabila komunikan menerima pesan, makna, atau maksud, sebagaimana yang dikehendaki oleh pengirim pesan.
Dikutip dari buku Komunikasi Keperawatan (2017) karya Eti Wati dan Arni Wianti, komunikasi efektif dalam bahasa asing dikenal dengan istilah the communication is in true. Artinya kedua belah pihak saling berkomunikasi dan sama sama mengerti pesan yang sedang dibicarakan.
Cara membangun komunikasi efektif
Menurut Ambar Wulan Sari dalam jurnal Pentingnya Keterampilan Mendengar dalam Menciptakan Komunikasi yang efektif (2016) , untuk membangun komunikasi yang efektif, individu perlu menguasai bahasa tulisan, yakni membaca dan menulis, serta bahasa lisan, yaitu mendengar dan berbicara. Setidaknya individu harus bisa mengembangkan dua keterampilan komunikasi. Contohnya membaca dan menulis, atau mendengar dan berbicara.
Ciri kominikasi yang efektif
· Langsung (to the point, tidak berbelit-belit dalam menyampaikan pesan)
· Jelas (hal yang disampaikan mudah dimengerti)
· Responsif (memperlihatkan keperluan pandangan orang lain)
· Asertif (tegas dalam menjelaskan isi pesan kepada lawan bicara)
· Terbuka (tidak ada pesan atau makna yang disembunyikan)
Faktor penghambat komunikasi efektif
· Ucapan atau pesan sulit dimengerti
· Tidak percaya diri
· Perbedaan bahasa
· Kurangnya pengetahuan komunikator
· Jarak kedekatan komunikator dengan komunikan
Tips berkomunikasi yang efektif
· Mendengarkan lawan bicara
· Mengajukan pertanyaan jika ada hal yang kurang mengerti
· Memberikan informasi dengan jelas
· Mengombinasikan komunikasi verbal dan non verbal
· Menggunakan bahasa atau kalimat yang sederhana dan mudah dipahami
Adapun tujuan membangun komunikasi yang efektif adalah membangun kepercayaan, kepercayaan bisa timbul melalui komunikasi, sebab jika bisa mendengarkan lawan bicara, atau nasihat ketika diminta, maka lawan bicara bisa menaruh kepercayaannya kepada anda.
“Komunikasi Efektif” ini dapat disimpulkan bahwa komunikasi efektif adalah saling bertukar informasi, ide, perasaan dan sikap antara dua orang atau kelompok yang hasilnya sesuai harapan dan dapat menghasilkan perubahan sikap pada orang yang terlibat komunikasi. Banyak cara untuk menyampaikan pesan yaitu dengan tatap muka atau melalui media komunikasi. Agar komunikasi dapat efektif, maka cara penyampaian pesan atau informasi perlu dirancang secara cermat sesuai dengan karakteristik komunikan maupun keadaan di lingkungan sosial yang bersangkutan.
DAFTAR PUSTAKA
Suprapto Tommy , 2009, Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi . Jakarta : Media presindo.
Eti Wati dan Arni Wianti, Komunikasi Keperawatan, (Cirebon: LovRinz
Publishing, 2017).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar