Senin, 13 Januari 2020

ADIL

Nama : Satria Aji Surya (N15 - SATRIA)


Pengertian Adil

Pengertian adil (fair) adalah suatu sikap jujur, tidak memihak kepada pihak tertentu serta bertindak objektif berdasarkan atas kebenaran yang umum.
Secara bahasa, kata adil berasal dari bahasa arab yang artinya berada di tengah-tengah, jujur, lurus, dan tulus. Dalam bersikap adil, manusia dituntut untuk tetap mempertimbangkan hak dan kewajiban setiap orang. Jika dianalogikan, adil diibaratkan timbangan degan berat beban yang sama di kedua sisinya (balance). Tapi, bukan berarti adil itu harus sama. Seimbang disini maksudnya buka memberikan sesuatu dengan porsi yang sama pada beberapa orang tapi dengan memperlakukan sesuai pada tempatnya tanpa ada yang ditambahkan atau dikurangi.

Tujuan Berperilaku Adil
Tujuan berbuat adil adalah untuk menciptakan keharmonisan dan kesinergian hidup dalam menjalankan kehidupan. Berbuat adil harus dilakukan kepada siapapun, baik terhadap diri sendiri, orang lain, seluruh ciptaan Allah, dan Allah SWT sendiri.

Manfaat Bersikap Adil
Karena adil merupakan salah satu sikap yang mulia yang memiliki banyak manfaat bagi siapa saja yang menjalaninya. Berikut beberapa manfaat adil diantaranya yaitu:
Mencegah Perpecahan. Jika bersikap tidak adil maka akan terjadi perselisihan. Mereka yang merasa dirugikan pasti akan tentu akan berusaha melawan dan akhirnya, keduanya akan saling menjatuhkan dan tidak harmonis.
Mempermudah Segala Urusan. Mereka yang adil akan menempatkan segala hal sesuai porsinya tanpa ada penyimpangan sehingga tidak memiliki beban yang harus dipikul.
Meminimalisir Kecemburuan Sosial. Dengan berperilaku adil maka akan mengurangi kecemburuan sosial di masyarakat, mereka secara mudah akan menyadari hak dan kewajibannya. Kehidupan bermasyarakat juga menjadi lebih rukun dan sejahtera. Bahkan rasa saling percaya juga akan mudah ditumbuhkan selama bersikap adil.
Jenis – jenis perilaku adil
Perilaku adil ada bermacam – macam di kehidupan. Adapun macam – macam perilaku adil, yaitu :
1.      Adil kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Adil kepada Tuhan Yang Maha Esa yaitu menjadikan Tuhan sebagai satu – satunya yang disembah, dan senantiasa mematuhi perintahnya dan menjauhi larangan – Nya.
2.      Adil kepada diri sendiri
Berperilaku adil terhadap diri sendiri itu maksudnya menempatkan diri di tempat yang benar, harus menjaga diri sendiri, dan menempatkan diri pada kebaikan.
3.      Adil kepada sesama manusia
Berperilaku adil terhadap sesama manusia yaitu memperlakukan orang lain pada tempatnya, maksudnya memperlakukan orang lain secara layak, benar, memberikan hak orang lain, jujur, serta tidak menyakiti orang lain.
4.      Adil kepada makhluk lain
Memperlakukan makhluk yang ada di bumi dengan layak, memberikan haknya dengan jujur, serta tidak merusak atau menyakiti.

Pentingnya Bersikap Adil

      Adil adalah sebuah perilaku yang harus ditanamkan sejak dini. Berperilaku adil sangatlah penting untuk diterapkan dalam setiap aspek kehidupan. Karena, apabila seseorang bersikap adil, maka ia akan mendapatkan kepercayaan dari orang banyak karena selalu bertindak sesuai dengan kebenaran. Bersikap adil juga dapat memberikan gambaran baik dari diri kita. Dalam berbagai kegiatan sehari – hari pun seseorang harus selalu bersikap adil.
      Perilaku adil haruslah dimiliki olah seorang pemimpin. Karena, sikap adil akan membawa kepada keberhasilan dalam suatu organisasi ataupun dalam kelompok. Apabila seorang pemimpin tidak dapat berlaku adil, maka akan menyebabkan organisasi atau kelompok yang dipimpinnya akan runtuh. Begitupula di dalam keluarga, jika pemimpin keluarga tidak memperlakukan adil kepada anggota keluarga yang lain, maka akan menciptakan suasana yang tidak harmonis di dalam keluarga.

Daftar Pustaka






Tidak ada komentar:

Posting Komentar