Jumat, 06 September 2019

 YUK, KENALI POTENSI DIRI





Oleh :RAMA NUR HIDAYAT
[@N01-RAMA]

Menurut John Robert Powers (1977),  konsep diri adalah ‘kesadaran dan pemahaman terhadap dirinya sendiri yang meliputi ; siapa aku, apa kemampuanku, apa kekuranganku, apa kelebihanku, apa perananku, dan apa keinginanku’ Konsep diri menjadi dasar perilaku hidup sehari-hari yang disadari. Kesadaran dan pemahaman akan dirinya semakin mencerminkan prinsip hidup dan kehidupannya. Salah satu yang harus kita tahu adalah ‘apa kemampuanku?’ atau potensi diri kita. Pengertian potensi diri menurut para ahli adalah suatu bentuk keahlian, kepandaian, serta kekuatan seseorang baik itu yang terlihat atau yang tidak terlihat dan belum digunakan secara maksimal. Setiap orang pasti memiliki kemampuan potensi diri dalam dirinya. Entah itu yang nampak ataupun yang masih tersembunyi di dalam diri. Dengan kita mengetahui kemampuan potensi dalam diri kita sendiri, akan memberikan banyak manfaat dalam kehidupan. Seperti dalam pendidikan, mencari pekerjaan, dan apa yang kita ingin lakukan di masa depan. Kita bisa melihat contohnya ketika seorang calon mahasiswa ingin mendaftar kuliah, mereka pasti akan disuruh untuk mengambil sebuah jurusan. Kebanyakan para mahasiswa tidak mengenali potensi dalam dirinya sehingga salah dalam memilih jurusan, hal ini mengakibatkan kegiatan kuliah mereka terganggu. Untuk itulah mengapa pentingnya menggali potensi diri agar kita dapat menghindari kejadian yang seperti itu.

Pengalaman saya tentang pengenalan diri sendiri adalah saya terus mengasah kemampuan dalam berolahraga. Dan suatu ketika saya merasa saya mempunyai kelebihan di futsal dibandingkan olahraga lainnya. Lalu saya coba terus berlatih dan bertanding futsal bersama teman-teman saya, karena saya percaya bakat dan potensi yang saya miliki akan bagus bila terus diasah. Sekarang pun saya yakin akan kemampuan saya dalam bermain futsal. Maka dari itu saya mengikuti ukm futsal di kampus untuk terus mengasah bakat dan potensi saya dalam bermain futsal.

Cara Mengetahui Potensi Diri Sendiri
1. Sadari impian kita
Kita semua sebagai manusia pasti memiliki impian yang ingin diwujudkan. Terkadang potensi diri dapat berasal dari sebuah impian. Dengan menyadari impian akan membuat kita mengetahui potensi dalam diri Anda sendiri.
2. Ketahui hal yang kita suka
Setiap orang pasti memiliki beberapa hal yang mereka suka dan pasti orang tersebut akan melakukan segala hal untuk melakukan apa yang disukainya. Meskipun hal tersebut terjadi dalam keadaan yang sempit dan tidak memungkinkan. Biasanya di dalam hal-hal yang kita suka inilah terdapat potensi diri yang luar biasa kita miliki.
3. Ketahui hal yang membuat kita asyik dan nyaman
Pasti ada suatu hal yang terbiasa kita lakukan tanpa bosan. Kita merasa nyaman dan mampu untuk melakukannya selama mungkin. Ketika kita mengerjakannya begitu mengasyikan dan seperti tanpa beban dalam mengerjakannnya. Hal tersebut jika kita dalami bisa saja menjadi potensi diri yang kita cari.
4. Bertanya kepada orang lain
Apabila kita menilai diri kita sendiri, pasti penilaiannya akan kurang tepat. Itu karena setiap orang akan bersikap objektif terhadap dirinya sendiri. Mintalah bantuan kepada orang lain seperti keluarga, sahabat, orang di sekitar untuk mengetahui potensi diri sendiri. Jangan malu untuk melakukannya karena ini untuk kebaikan kita sendiri.

Kesimpulannya kita hidup janganlah seperti air yang hanya mengikuti kemanakah arah alirannya saja, tetapi kita harus mampu mengambil langkah yang sesuai dengan keinginan diri sendiri. Berusahalah untuk menjadi diri sendiri dan ketahuilah potensi Anda. Orang yang mampu mengetahui dan mengembangkan diri sendiri dalam dirinya akan mampu meraih kesuksesan dalam kehidupan.

Sumber 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar