Lintang Gurun Cahyo
@J09-Lintang
Pernahkah kalian
mendenger kerjasama? Pernahkah kalian malakukan kerjasama? Memang kerjasama
sangat dibutuhkan dalam suatu kelompok untuk mencapi tujuan dengan mudah.
Menurut Jonathan, Pengertian kerjasama adalah sebuah usaha
yang dilakukan oleh beberapa orang atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama.
Kerjasama merupakan interaksi yang sangat penting bagi kehidupan manusia karena
manusia adalah mahluk sosial yang saling membutuhkan. Kerjasama
bisa terjadi ketika individu-individu yang bersangkutan mempunyai kepentingan
dan kesadaran yang sama untuk bekerjasama untuk mencapai tujuan dan kepentingan
bersama.
Dalam suatu Lembaga
ataupun perusahaan membutuhkan kerjasama yang kuat dari semua anggotanya guna
mnenciptakan Lembaga yang solid dan tujuan Lembaga atu perusahaan dapat dicapai
dengan mudah. Dikutip dari laman temukanpengertian.com, ada beberapa cara
membina kerjasama dan macam-macam kerjasama sebagai berikut:
Cara Membina Kerjasama
1. Tentukan tujuannya
Dengan adanya tujuan yang jelas, maka kerjasama dapat berjalan dengan baik, lancar dan teratur sesuai apa yang diharapkan.
2. Siapkan profil
Apabila anda tergabung dengan sebuah kerja sama tim, maka anda perlu menggali materi-materi mengenai diri anda dan gali juga latar belakang diri anda, termasuk juga hal-hal apa saja yang menari dari diri anda.
3. Buat kesan positif
Buat kesan positif atau kesan baik ketika anda memulai kerja sama dengan suatu tim dan pertahankan terus.
4. Hargai setiap pendapat dan kebiasaan rekan kerja
Dalam sebuah tim kerja sama setiap individu tentunya mempunyai kebiasaan yang berbeda-beda terutama dalam memberikan pendapat. Jadi pada saat melakukan kerjasama kita harus menghormati dan menghargai setiap pendapat dari anggota yang lain, hal itu agar kerjasama yang dilakukan bisa berjalan secara harmonis dan baik.
5. Tunjukan antusiasme
Tunjukan antusiasme anda kalau memang senang dapat bekerja sama dan mengenal orang-orang yang ada di lembaga/ organisasi tersebut, lakukan hal sepeerti itu secara tulus.
6. Tawarkan bantuan
Apabila kamu memang merasa sanggup jangan sungkan untuk menawarkan bantuan kepada orang lain saat melakukan kerjasama.
7. Selalu fokus pada kualitas
Anda membuat jaringan kerja sama yang banyak dengan siapapun itu boleh-boleh saja, namun perlu di ingat utamakan kualitas jangan kuantitas, terutama dalam kualitas kerja.
Dengan adanya tujuan yang jelas, maka kerjasama dapat berjalan dengan baik, lancar dan teratur sesuai apa yang diharapkan.
2. Siapkan profil
Apabila anda tergabung dengan sebuah kerja sama tim, maka anda perlu menggali materi-materi mengenai diri anda dan gali juga latar belakang diri anda, termasuk juga hal-hal apa saja yang menari dari diri anda.
3. Buat kesan positif
Buat kesan positif atau kesan baik ketika anda memulai kerja sama dengan suatu tim dan pertahankan terus.
4. Hargai setiap pendapat dan kebiasaan rekan kerja
Dalam sebuah tim kerja sama setiap individu tentunya mempunyai kebiasaan yang berbeda-beda terutama dalam memberikan pendapat. Jadi pada saat melakukan kerjasama kita harus menghormati dan menghargai setiap pendapat dari anggota yang lain, hal itu agar kerjasama yang dilakukan bisa berjalan secara harmonis dan baik.
5. Tunjukan antusiasme
Tunjukan antusiasme anda kalau memang senang dapat bekerja sama dan mengenal orang-orang yang ada di lembaga/ organisasi tersebut, lakukan hal sepeerti itu secara tulus.
6. Tawarkan bantuan
Apabila kamu memang merasa sanggup jangan sungkan untuk menawarkan bantuan kepada orang lain saat melakukan kerjasama.
7. Selalu fokus pada kualitas
Anda membuat jaringan kerja sama yang banyak dengan siapapun itu boleh-boleh saja, namun perlu di ingat utamakan kualitas jangan kuantitas, terutama dalam kualitas kerja.
Bentuk-bentuk Kerjasama
Adapun bentuk-bentuk kerja sama yang ada dalam masyarakat
adalah sebagai berikut:
- Bargaining yaitu perjanjian mengenai pertukaran barang-barang dan jasa antarindividu maupun antar kelompok. Dalam arti yang lebih luas, bargaining adalah nilai awar. Bargaining dilakukan agar proses kerja sama dapat memberi keuntungan secara adil bagi kedua belah pihak.
- Kooptasi yaitu proses penerimaan unsu-unsur baru dalam kepemimpinan atau pelaksanaan politik dalam suatu organisasi, sebagai salah satu cara untuk menghindari terjadinya kegoncangan atupun kekacauan dalam stabilitas organisasi yang bersngkutan.
- koalisi yaitu gabungan atau kombinasi dua kelompok atau lebih yang memiliki tujuan sama dan berusaha untuk mencapai tujuan tersebut. Contoh dalam kehidupan nyata yaitu dua atau lebih partai politik berkoalisi untuk mengajukan seorang calon kepala daerah.
- Joint Venture yaitu bentuk kerja sama yang dilakukan oleh dua orang/ perusahaan dalam melaksanakan suatu pekerjaan/ proyek.
Setelah penjelasan yang telah dijabarkan diatas,
ada juga beberapa manfaat yang didapatkan dengan kerjasama seperti yang
dikutip dari laman gurupendidikan.com, yaitu sebagai berikut :
- Mampu mempererat ikatan kerjasama
- Dapat menumbuhkan sebuah semangat persatuan
- Dalam pekerjaan dapat lebih cepat selesai
- Dalam pekerjaan menjadi lebih ringan
Daftar Pustaka :
Jonathan. 2018. Pengertian Kerjasama:
Manfaat, Beberapa Bentuk Kerjasama https://www.maxmanroe.com/pengertian-kerjasama.html
Anonym. 2013. Pengertian Kerjasama. https://www.temukanpengertian.com/2013/09/pengertian-kerja-sama.html
Bitar. 2018. Pengertian, Manfaat, dan Bentuk Kerjasama
Beserta Contohnya Lengkap. https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-manfaat-dan-bentuk-kerjasama-beserta-contohnya-lengkap/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar