Selasa, 09 Januari 2018

Mengambil Resiko

Pengertian Risiko adalah bahaya, akibat atau konsekuensi yang dapat terjadi akibat sebuah proses yang sedang berlangsung atau kejadian yang akan datang. Dalam bidang asuransi, risiko dapat diartikan sebagai suatu keadaan ketidakpastian, di mana jika terjadi suatu keadaan yang tidak dikehendaki dapat menimbulkan suatu kerugian.
Risiko selalu menghadang setiap individu maupun berbagai institusi, termasuk organisasi bisnis. Resiko, dalam manajemen resiko, memiliki beberapa tingkatan (derajat resiko/ risk degree), yaitu resiko besar dan resiko kecil.

Menurut sifatnya dibedakan dalam :

a.  Resiko murni, yaitu resiko yang terjadi pasti akan menimbulkan kerugian dan terjadinya tanpa disengaja. Misal:  kebakaran, kebanjiran, bencana alam, pencurian dsb.
b.  Resiko speculatif, yaitu resiko yng sengaja ditimbulkan oleh yang bersangkutan agar memberikan keuntungan bagi pihak tertantu. Contoh:  utang-piutang, perdagangan berjangka, pembelian saham dsb.
c.    Resiko fundamental, yaitu resiko yang penyebabnya tidak bisa dilimpahkan kepada seseorang  dan menderita cukup banyak. Misal: banjir, gempa bumi, gunung meletus dsb.
d.  Resko Khusus, yaitu resiko yang bersumber pada peristiwa yang mandiri dan umumnya mudah diketahui penyebabnya, misal : kapal kandas, pesawat jatuh, dsb.
e.    Resiko dinamis, yaitu resiko yang timbul karen perkembangan dan kemajuan masyarakat dibidang ekonomi, ilmu pengetahuan,,teknologi, contoh: resiko penerbangan luar angkasa, nuklir dsb.

Manfaat mengambil resiko
-Resiko Menciptakan Perubahan
-Resiko Membuat Anda Lebih Hidup
-Resiko Menciptakan Standar Hidup yang Lebih Tinggi
-Resiko Sebagai Jembatan untuk Mengenal Diri Lebih Dalam
-Resiko Mengajarkan Anda Tentang Proses
Kekurangan jika mengambil resiko
-jadi banyak pikiran
-suka melamun
-pola tidur jadi tidak karuan
-jadi bingung ketika ingin melakukan suatu hal
-tidak fokus

Pengalaman
Ketika saya berbuat baik dan berkata jujur  resiko yang saya dapatkan adalah akan ada yang tidak suka sama saya dan mungkin membenci saya tapi saya harus lakukan itu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar