Pengaruh Kerjasama terhadap Pribadi
Oleh: Lucia debby Gracella Sihombing
@E07-Lucia, @ProyekA12
1. Pengertian Kerjasama
Kerjasama
berasal dari kata kerja dan sama tetapi semua itu diberatkan pengertian dari
kerjasama yaitu kegiatan
atau usaha yang dilakukan oleh beberapa orang (lembaga, pemerintah, dan
sebagainya) untuk mencapai tujuan bersama. Kerjasama bukan hanya terjadi
dikalangan pemerintahan atau yang memiliki tingkatan tinggi. Dalam Organisasi
maupun kelompok kecil dapat terjadi yang namanya kerjasama dimana memiliki
tujuan dengan prinsip yang sama.
Kerjasama merupakan salah satu cara untuk
cepat mencapai sebuah tujuan yang diinginkan oleh manusia hampir dalam semua
aspek kehidupan. Kerja sama atau belajar bersama adalah proses beregu (berkelompok)
di mana anggota-anggotanya mendukung dan saling mengandalkan
untuk mencapai suatu hasil mufakat.
2. Manfaat kerjasama
Manfaat Kerjasama Anak
Usia Dini Sangat Penting Dalam Usia Perkembangannya. Pada usia sekolah
interaksi dengan teman pada usia sekolah menjadi lebih kompleks, lebih
selektif, dan secara subjektif lebih menonjol (Erwin dalam Durkin, 1995). Yudha
M. Saputra, dkk (2005) juga mengatakan manfaat pembelajaran kerjasama adalah:
mampu mengembangkan aspek moralitas dan interaksi sosial peserta didik karena
melalui kerjasama anak memperoleh kesempatan yang lebih besar untuk
berinteraksi dengan anak yang lain, mempersiapkan siswa untuk belajar bagaimana
caranya mendapatkan berbagai pengetahuan dan informasi sendiri, baik guru,
teman, bahan pelajaran ataupun sumber belajar yang lain, meningkatkan kemampuan
siswa untuk bekerja sama dengan orang lain dalam sebuah tim, membentuk pribadi
yang terbuka dan menerima perbedaan yang terjadi, dan membiasakan anak untuk
selalu aktif dan kreatif dalam mengembangkan analisisnya. Selain itu Manfaat yang dapat dihasilkan melalui pembelajaran
kerjasama adalah anak akan bertambah sikap tanggung jawabnya terhadap dirinya
sendiri maupun anggota kelompoknya, anak akan bangkit sikap solidaritasnya
dengan membantu teman yang memerlukan bantuannya, anak akan merasakan perlunya
kehadiran teman dalam menjalani hidupnya, anak dapat mewujudkan sikap kerjasama
dalam kelompok dan merefleksikannya dalam kehidupan, dan anak mampu bersikap
jujur dengan mengatakan apa adanya kepada teman dalam kelompoknya (Saputra, dkk
2005).
3. Daftar
Pustaka
Aprilyan,
Vandi. 2013. Kerjasama (teamwork). Blogspot. Dalam http://vandyaprillyan.blogspot.co.id/2013/10/kerja-sama-team-work.html.
Diunduh 21 Oktober 2013.
Akhmad,
Faishal. 2017. Sebuah
Jawaban dalam Bentuk Kerjasama. Kompasiana. Dalam https://www.kompasiana.com/yurnero/598e909efcf68120394fe263/sebuah-jawaban-dalam-bentuk-kerjasama. Diunduh 12 Agustus 2017.
Sulasmi, Siti. 2008. Pengaruh Kepemimpinan
Membangun Semangat Kerjasama Dengan Kebersamaan Visi Sebagai Variabel Moderator.
Majalah Ekonomi . Dalam http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=18493. Diunduh
01 April 2008.
Ruandini, Wilda. 2012. Peningkatan Kemampuan
Kerjasama Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Siswa Smp N 14
Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Pendidikn Fisika. Dalam http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=9382. Diunduh 10 September 2012.
Al-Maqassary, Ardi. 2014. Manfaat Kerjasama. Jurnal Hasil Riset.
Dalam http://www.e-jurnal.com/2014/02/manfaat-kerjasama-anak-usia-dini.html. Diunduh 14 Februari 2014.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar