Senin, 07 November 2016

Harus Bisa Beradaptasi!

Saat ini kita akan membahas tentang Adaptasi. Hampir semua orang tahu apa itu Adaptasi entah dari sekolah atau dari membaca di internet atau dari hanya mendengar pembicaraan orang.
Lalu sebenarnya apa itu Adaptasi? Menurut wikipedia Adaptasi adalah cara bagaimana organisme mengatasi tekanan lingkungan sekitarnya untuk bertahan hidup. Organisme yang mampu beradaptasi terhadap lingkungannya mampu untuk: memperoleh air, udara dan nutrisi (makanan). Adapatasi akan dilakukan oleh semua makhluk yang hidup karena Adaptasi adalah salah satu ciri makhluk hidup. Lalu apa tujuan dan guna Adaptasi itu sendiri? Dan mengapa sangat penting bagi makhluk hidup?
Tujuan dari Adatasi itu sendiri sangat banyak dan inti dari semua itu adalah untuk mempertahankan hidupnya. Ada tujuan Adaptasi pada hewan,  tujuan Adaptasi pada tumbuhan, tujuan Adaptasi pada manusia. Biasanya yang sering dibahas adalah tujuan Adaptasi pada hewan dan tumbuhan karena itu salah satu materi pelajaran IPA di SD dan SMP atau Biologi di SMA. Mari kita bahas satu per satu:
a)              Tujuan adaptasi pada hewan
1.       Untuk melindungi diri dari musuh
Seperti cicak dan kadal yang dapat memutuskan ekornya, landak yang memiliki kulit berduri dan kaku dan bunglon yang dapat mengubah warna kulitnya.
2.       Untuk memperoleh makanan
Seperti unggas-unggas yang memiliki cakar juga paruh yang berbeda-beda sesuai dengan makanan dan cara memperoleh makanan itu sendiri.
b)             Tujuan adaptasi pada tumbuhan
Tujuan dari adaptasi pada tumbuhan adalah untuk menyesuaikan diri pada lingkungannya dan terus hidup. Demi mendapatkan tujuan tersebut tumbuhan termodifikasi sehingga mempunyai kebisaan seperti dibawah ini:
1.          Dapat mengurangi penguapan
2.          Dapat mengapung di perairan
3.          Dapat menyimpan air
4.          Dapat menjaga keseimbangan agar tidak terbalik di air
5.          Dapat mengambil oksigen saat pasang surut dengan akarnya
c)              Tujuan adaptasi pada manusia
Sebagai manusia kita harus bisa beradaptasi, bukan hanya untuk bertahan hidup tetapi juga untuk bertahan dari perubahan zaman. Karena dengan perubahan zaman yang sangat “cepat” ini kita tidak hanya dituntut untuk dapat beradaptasi saja tetapi kita juga harus dapat mengikuti perkembangan zaman tersebut agar kita tidak tergilas olehnya.
                Setelah kita membahas tujuan dari adaptasi, lalu apa gunanya adapatasi pada kita sebagai manusia? Gunanya sangat amat banyak, berikut adalah hanya beberapa guna dari adaptasi
·         Untuk mendapatkan teman
Pada artikel sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang manusia sebagai makhluk sosial yang membutuhkan teman atau hubungan sesama manusia untuk bertahan hidup dan untuk mendapatkan teman kita juga perlu melakukan adaptasi, karena semua manusia diciptakan berbeda beda dan untuk membangun sebuah hubungan diperlukan adanya penyesuaian. Contohnya, saat kita ingin berbicara pada yang lebih tua. Kita tidak mungkin menyamakan cara bicara kita dengan teman sebaya maka dari itu diperlukan ada nya penyesuaian atau adaptasi.
·         Untuk mendapatkan pekerjaan
Ini sangat berhubungan dengan point pertama. Kenapa? Karena saat kita dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan kita dan dapat mendapatkan teman sangatlah mudah untuk mendapatkan pekerjaan atau biasa kita sebut sebagai “kekuatan koneksi”. Contohnya, kita memiliki kemampuan yang pas pas an namun kita memiliki banyak teman yang dapat memberikan pekerjaan pada kita dan saat dilingkungan kerja pun kita harus terus beradaptasi agar saat kesulitan misalnya, kita tidak perlu bingung meminta bantuan karena saat kita berhasil melakukan adaptasi semua orang disekitar kita akan nyaman dan rela menolong kita
·         Untuk mendapatkan hidup yang lebih baik
Ini juga sangat berhubungan dengan dua point diatas. Karena dengan memiliki banyak teman dan memiliki pekerjaan yang bagus kita juga akan mendapatkan penghasilan yang lebih dan tentu saja pasangan yang kita inginkan.
                Dan yang terakhir adalah kenapa adaptasi sangat penting bagi kita? Sebenarnya pertanyaan ini sudah dijawab diatas namun untuk lebih mempertegasnya lagi saya akan rangkum disini. Adaptasi sangat penting bagi kita para manusia adalah untuk mempertahankan hidup dan hidup dengan layak tidak hanya seperti hewan yang beradaptasi hanya untuk makan dan berkembangbiak. Maka dari itu kita sebagai manusia hars terus berusaha sebaik

DAFTAR PUSTAKA
Thok, Tugino.2016.Tujuan Adaptasi Hewan dan Tumbuhan.[Online].Tersedia: http://mastugino.blogspot.co.id/2012/12/tujuan-adaptasi-hewan-dan-tumbuhan.html.[7 November 2016]

Anonim.2016.Adaptasi.[Online].Tersedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Adaptasi. [7 November 2016]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar