Oleh : Yolanda Puspitasari
(@B08-YOLANDA)
Kemampuan komunikasi kepemimpinan adalah faktor kunci dalam kesuksesan perusahaan atau organisasi. Pemimpin yang efektif tidak hanya mampu menyampaikan gagasan dan pandangan mereka dengan jelas, tetapi juga memiliki kemampuan untuk memotivasi, menginspirasi, dan memandu tim mereka menuju tujuan bersama.
Kemampuan berkomunikasi
dengan jelas dan tujuan adalah faktor utama dalam mencapai kesuksesan baik
dalam karier pribadi maupun profesional. Pemimpin yang efektif tidak hanya
mampu menyampaikan pandangan mereka, tetapi juga mampu memotivasi dan
menginspirasi tim menuju tujuan bersama.
Kemampuan komunikasi yang
kuat pada tingkat kepemimpinan dapat membantu membangun budaya kerja yang
positif, meningkatkan produktivitas, mendukung inovasi, dan memastikan visi dan
tujuan organisasi dipahami dan diterapkan oleh seluruh tim.
Menurut G.Riley Mills,
co-founder dari Pinnacle Performance Co yang berbasis di Chicago sekaligus
penulis buku “The Bullseye Principle” menyebut, “kemampuan berkomunikasi dengan
kejelasan dan tujuan adalah kunci kesuksesan pribadi dan profesional.”
Kepemimpinan yang efektif
sangat penting karena itu memungkinkan organisasi untuk mempertahankan
karyawan, memuaskan pelanggan, dan meningkatkan produktivitas. Pemimpin harus
mampu secara efektif mengomunikasikan visi perusahaan, membimbing tim, dan
mempengaruhi perubahan. Sayangnya, banyak pemimpin kurang fokus pada
pengembangan keterampilan komunikasi dan lebih berorientasi pada keterampilan bisnis.
Namun, kurangnya kemampuan komunikasi dapat berdampak negatif pada organisasi,
mengakibatkan pemborosan waktu dan upaya, menurunkan moral, mengurangi
produktivitas, serta merusak kepercayaan dan kredibilitas. Menurut Dean
Brenner, presiden The Latimer Group di Wallingford, Conn., yang menyediakan
layanan pelatihan eksekutif.
Kemampuan komunikasi yang
kuat adalah salah satu aspek utama yang membedakan pemimpin yang sukses dari
yang tidak. Keterampilan bisnis penting, tetapi tanpa kemampuan komunikasi yang
baik, seorang pemimpin mungkin kesulitan dalam memandu timnya menuju
keberhasilan.
Berikut beberapa
Keterampilan Komunikasi Efektif yang harus dimiliki oleh seorang Pemimpin :
1. Kemampuan Menyesuaikan Gaya Komunikasi, Salah
satu penyebab komunikasi buruk yang sering terjadi adalah gaya komunikasi yang
berbeda. Ini dapat menyebabkan masalah seperti ketidakjelasan prioritas dan
peningkatan stres, menurut Economist Intelligence Unit.
2. Kemampuan menjadi Active Listener, Pemimpin
yang efektif tahu kapan harus berbicara dan kapan harus mendengarkan. Mereka
harus menghindari interupsi saat karyawan berbicara, tetap fokus pada apa yang
mereka katakan, dan menghilangkan gangguan seperti bermain ponsel.
3. Transparansi,
Dalam komunikasi perusahaan adalah kunci. Lebih dari sepertiga manajer senior,
eksekutif, dan karyawan tidak tahu apa yang terjadi di perusahaan, menurut
survei oleh American Management Association. Mengakui kesalahan dapat mendorong
eksperimen dan menciptakan ruang yang aman untuk pemecahan masalah.
4. Kejelasan dalam Komunikasi,
Ketika berbicara dengan karyawan, gunakan bahasa yang mudah dimengerti dan
sampaikan informasi secara spesifik untuk menghindari kebingungan.
5. Kemampuan Mengajukan Pertanyaan Terbuka, Untuk memahami motivasi, pemikiran, dan tujuan karyawan dengan lebih baik, pemimpin dapat mengajukan pertanyaan terbuka. Gunakan akronim 'TED,' yang berarti 'Tell me more,' 'Explain what you mean,' dan 'Define that term or concept for me.'
6. Empati, Banyak
pemimpin kehilangan kredibilitas mereka karena kurang dalam mempraktikkan
empati. Dalam kemampuan berkomunikasi, empati adalah unsur kunci yang sangat
berpengaruh dalam berhasilnya komunikasi. Semakin baik seorang pemimpin dalam
mengenali dan memahami perasaan serta pengalaman karyawan, semakin besar
kemungkinan karyawan merasa didengar dan dihargai.
7. Keluwesan Berkomunikasi Lewat Bahasa
Tubuh, Jika seorang pemimpin berusaha memberikan inspirasi
kepada seseorang, hindari ekspresi wajah yang serius dan alis yang merengut
adalah penting. Sebaliknya, penting untuk menjaga kontak mata agar dapat
menunjukkan minat dan membangun hubungan yang baik. Selain itu, senyuman tulus
dapat digunakan untuk mengungkapkan kehangatan dan kepercayaan..
Komunikasi
adalah penyelesaian seluruh masalah dan dasar bagi pengembangan diri pribadi. -
Peter Shepherd.
Sebenarnya,
tingkat kualitas komunikasi antara bawahan dan pemimpin adalah hasil dari
hubungan personal yang ada di antara mereka, dan juga sejauh mana hubungan ini
memenuhi harapan bawahan. Keberhasilan dalam memastikan bahwa setiap bawahan
melaksanakan tugasnya dengan baik sangat bergantung pada kemampuan pemimpin
dalam berkomunikasi dengan efektif.
DAFTAR
PUSTAKA
Vindiasari Yunizha (2022, January 11 ) Pentingnya Memahami Karakter
Leadership Communication Skill bagi Pemimpin Bisnis dan Perusahaan https://www.ruangkerja.id/blog/pentingnya-memahami-karakter-leadership-communication-skill-bagi-pemimpin-bisnis-dan-perusahaan
A.M, (2022,
September 04) Komunikasi Dalam Kepemimpinan https://kumparan.com/ruhbanullail/komunikasi-dalam-kepemimpinan-1xtwOq0HzMY/2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar