Kerjasama merupakan interaksi yang sangat penting bagi kehidupan manusia
karena manusia adalah mahluk sosial yang saling membutuhkan.
Kerjasama bisa terjadi ketika individu-individu yang bersangkutan
mempunyai kepentingan dan kesadaran yang sama untuk bekerjasama untuk mencapai
tujuan dan kepentingan bersama.
Kerja sama tim bisa menjadi sebuah dorongan sebagai energi ataupun
motivasi bagi setiap individu yang tergabung dalam tim kerja tersebut. Apabila
kerja sama tim bisa berjalan baik, maka kelancaran dalam komunikasi dan rasa
tanggung jawab setiap individu dalam tim akan dapat terbentuk.
Unsur-Unsur Kerjasama
1. Dua orang atau lebih
Artinya kerjasama akan ada kalau ada minimal dua orang/pihak yang
melakukan kesepakatan. Oleh karena itu, sukses tidaknya kerjasama tersebut
ditentukan oleh peran dari kedua orang atau kedua pihak yang bekerjasama
tersebut.
2. Aktivitas
Menunjukkan bahwa kerjasama tersebut
terjadi karena adanya aktivitas yang dikehendaki bersama, sebagai alat untuk
mencapai tujuan dan ini membutuhkan strategi (bisnis/usaha).
3. Tujuan/target
Merupakan aspek yang menjadi sasaran dari
kerjasama usaha tersebut, biasanya adalah keuntungan baik secara financial
maupun nonfinansial yang dirasakan atau diterima oleh kedua pihak.
Cara Membina Kerjasama
Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membina kerjasama agar
bisa berjalan dengan baik dan lancar sesuai apa yang diharapkan.
1. Tentukan tujuannya
Dengan adanya tujuan yang jelas, maka
kerjasama dapat berjalan dengan baik, lancar dan teratur sesuai apa yang
diharapkan.
2. Siapkan bahasan
Apabila anda tergabung dengan sebuah kerja
sama tim, maka anda perlu menggali materi-materi mengenai suatu yang akan anda
bahas bersama nantinya.
3. Buat kesan positif
Buat kesan positif atau kesan baik ketika
anda memulai kerja sama dengan suatu tim dan pertahankan terus.
4. Hargai setiap pendapat dan kebiasaan
rekan kerja
Dalam sebuah tim kerja sama setiap individu
tentunya mempunyai kebiasaan yang berbeda-beda terutama dalam memberikan
pendapat. Jadi pada saat melakukan kerjasama kita harus menghormati dan
menghargai setiap pendapat dari anggota yang lain, hal itu agar kerjasama yang
dilakukan bisa berjalan secara harmonis dan baik.
5. Tunjukan antusiasme
Tunjukan antusiasme anda kalau memang
senang dapat bekerja sama dan mengenal orang-orang yang ada di lembaga/
organisasi tersebut, lakukan hal seperti itu secara tulus.
6. Tawarkan bantuan
Apabila kamu memang merasa sanggup jangan
sungkan untuk menawarkan bantuan kepada orang lain saat melakukan kerjasama.
7. Selalu fokus pada kualitas
Anda membuat jaringan kerja sama yang
banyak dengan siapapun itu boleh-boleh saja, namun perlu di ingat utamakan
kualitas jangan kuantitas, terutama dalam kualitas kerja
Bentuk-bentuk Kerjasama
Adapun bentuk-bentuk kerja sama yang ada
dalam masyarakat adalah sebagai berikut:
1. Bargaining yaitu perjanjian
mengenai pertukaran barang-barang dan jasa antarindividu maupun antar kelompok.
Dalam arti yang lebih luas, bargaining adalah nilai tawar. Bargaining dilakukan
agar proses kerja sama dapat memberi keuntungan secara adil bagi kedua belah
pihak.
2. Kooptasi yaitu proses penerimaan
unsu-unsur baru dalam kepemimpinan atau pelaksanaan politik dalam suatu
organisasi, sebagai salah satu cara untuk menghindari terjadinya kegoncangan
atupun kekacauan dalam stabilitas organisasi yang bersangkutan.
3. Koalisi yaitu gabungan atau
kombinasi dua kelompok atau lebih yang memiliki tujuan sama dan berusaha untuk
mencapai tujuan tersebut. Contoh dalam kehidupan nyata yaitu dua atau lebih
partai politik berkoalisi untuk mengajukan seorang calon kepala daerah.
4. Joint Venture, yaitu bentuk kerja sama
yang dilakukan oleh dua orang/ perusahaan dalam melaksanakan suatu pekerjaan/
proyek.
5. Atas dasar kerukunan adalah
kerjasama yang didasari adanya kerukunan sesama makhluk manusia, kerjasama atas
dasar kerukunan biasanya tidak akan mengharapkan upah/ imbalan. Misalnya dalam
hal bergotong royong membangun fasilitas umum, kerja bakti kebersihan
lingkungan dan yang lainnya.
Mengatasi Konflik Dalam Kerjasama
Untuk mengatasi masalah-masalah dalam berkerjasama, ada beberapa cara
yang dapat menjadikan kerjasama dapat berjalan dengan baik dan mencapai tujuan
yang telah disepakati oleh dua orang atau lebih tersebut.
1. Saling Terbuka
Setiap orang yang terlibat dalam tatanan
kerjasama harus mengemukakan pendapatnya, dengan pengertian mengungkapkan apa
yang menjadi keinginannya dan mau dibawa ke mana permasalahan itu nanti. Selain
itu, harus ada kejelasan pembagian tugas yang harus diemban oleh setiap orang
yang terlibat dalam kerjasama tersebut.
2. Saling Mengerti
Seorang yang terlibat dalam menyelesaikan
masalah tersebut harus memahami bahwa dia telah melakukan suatu bentuk upaya
dalam menyelesaikan permasalahan. Jangan sampai terlintas dalam benaknya buruk
sangka yang mengakibatkan ketidakpercayaan dan kegagalan kerjasama. Sebaliknya
orang yang telah melakukan kesalahan harus cepat sadar bahwa dia masih
dibutuhkan oleh orang lain.
3. Saling Menghargai
Bagian ini merupakan bagian yang sangat
penting dalam setiap bentuk aktivitas sehari-hari manusia. Hasil sebuah
penelitian mengatakan bahwa sebuah ucapan yang baik terhadap salah
seorang yang terlibat dalam proses kerjasama, sangat bernilai untuk
menumbuhkan semangat baru yang dapat menghilangkan kejemuan, kekesalan, dan
kekecewaan terhadap sebuah permasalahan .
Manfaat Kerja Sama
Terdapat beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dalam menjalin
kerjasama, berikut ini adalah manfaat kerja sama.
1. Kerja sama dapat mempererat ikatan
persaudaraan
Kerja sama dalam sebuah tim kerja dapat
membuat setiap individu saling berinteraksi dan saling membantu dalam
menyelesaikan persoalan yang ada untuk mencapai sesuatu yang dituju. Dengan
begitu maka dapat terjalin komunikasi yang baik dimana hal seperti itu bisa
menambah rasa persaudaraan.
2. Kerja sama dapat menumbuhkan semangat
persatuan
Dengan bekerja sama maka bisa menumbuhkan
rasa semangat persatuan setiap individu yang tergabung dalam tim kerja. Agar
setiap kegiatan dalam kelompok kerjasama bisa berjalan secara baik maka harus
menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan.
3. Kerja sama membuat Pekerjaan lebih cepat
terselesaikan
Dengan menjalin kerja sama maka sesulit
apapun masalah yang ada akan bisa cepat terselesaika. Sebab tidak hanya
mengandalkan satu orang saja dalam menyelesaikan masalah, namun banyak orang
yang bersatu, saling mendukung antara satu dengan yang lain. Dengan begitu maka
pekerjaan akan cepat terselesaikan dan cepat mendapatkan hasil.
4. Dengan kerja sama pekerjaan terasa lebih
ringan
Dengan bekerja sama pekerjaan yang terasa
sulit akan menjadi lebih ringan dan mudah untuk diselesaikan. Hal itu karena
dikerjakan oleh banyak orang yang saling memberi dukungan atara satu dengan
yang lain.
Daftar Pustaka
https://www.temukanpengertian.com/2013/09/pengertian-kerja-sama.html
https://blog.ub.ac.id/hanikayanti/2013/12/03/artikel-bagaimana-kita-membangun-sistim-kerja-sama-tim-dalam-pengelolaan-konflik/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar