Oleh : Dicky Abdillah Maulana
(@P03-DICKY)
Definisi Kerjasama
Kerjasama
ialah sebuah pekerjaan yang dilakukan oleh dua orang atau juga lebih
agar bisa mencapai tujuan ataupun target yang sebelumnya sudah
direncanakan dan juga disepakati secara bersama. Atau juga kerjasama
bisa diartikan sebagai sebuah tindakan-tindakan di dalam pekerjaan yang
dilakukan oleh dua orang ataupun lebih agar bisa mencapai tujuan serta
demi keuntungan bersama.
Biasanya
di dalam sebuah perusahaan atau juga lembaga-lembaga kerjasama tim
sudah menjadi sebuah kebutuhan agar dapat mewujudkan keberhasilan di
dalam mencapai tujuan. Kerjasama sebuah tim yang akan menjadi sebuah
dorongan sebagai energi ataupun motivasi bagi setiap individu yang juga
tergabung di dalam sebuah tim kerja. Jika sebuah kerjasama tim bisa
berjalan secara baik, maka sebuah kelancaran di dalam berkomunikasi
ataupun rasa bertanggung jawab kepada setiap individu yang ada di dalam
sebuah tim kerja akan dapat terbentuk.
Manfaat Kerjasama
Selain dari penjelasan yang sudah diberikan ada juga sebuah manfaat yang didapatkan dengan kerjasama, yaitu sebagai berikut :
- Mampu mempererat ikatan kerjasama
- Dalam pekerjaan dapat lebih cepat selesai
- Dalam pekerjaan menjadi lebih ringan
Cara-Cara Untuk Membina Kerjasama
Sebuah
kerjasama dapat dilakukan jika cara yang digunakan sudah tepat, untuk
itu pembahasan yang selanjutnya ialah membahas tentang cara membuat
kerjasama yang akan di bahas berikut ini.
- Menentukan Sebuah Tujuan
- Menyiapkan profil
- Membuat sebuah pesan yang positif
- Menghargai setiap pendapat dan juga kebiasaan rekan kerja
- Selalu fokus kepada kualitas
- Menawarkan bantuan
- Menunjukan antusiasme
Tips sukses membangun kerjasama
1. Mulailah dengan membuat visi dan misi bersama
Dalam
bisnis apapun, penting bagi Anda dan mitra bisnis Anda untuk menentukan
visi dan misi usaha sebagai langkah pertama. Jika semua pikiran tidak
mengarah ke arah yang sama dengan cara yang sama, masalah pasti akan
timbul. Motif untuk masing-masing pasangan bisa berbeda, namun tujuan
keseluruhan dan metode tentunya harus sama.
2. Pastikan kebutuhan dan harapan diungkapkan secara jelas
Setiap
orang tentu memiliki alasan sendiri mengapa ia memerlukan mitra bisnis
dalam menjalankan bisnisnya. Ada yang melaksanakan kerjasama usaha untuk
mendapatkan modal, terkadang untuk keahlian tertentu, atau juga
memperluas koneksi. Mungkin ini tidak selalu diungkapkan, namun ini
merupakan alasan penting yang mendasari kerjasama usaha tersebut. Jika
tidak terpenuhi, hubungan bisa menjadi renggang. Karena setiap keahlian,
motivasi, dan kepribadian orang berbeda-beda, maka penting untuk
mendiskusikannya sebelum menjalankan komitmen dengan kontrak. Karena
kebutuhan dan harapan individu dapat berubah dari waktu ke waktu, setiap
perubahan rencana perlu untuk diungkapkan dan ditulis secara rinci
juga.
3. Identifikasi dan manfaatkan kekuatan dari mitra
Mitra
bisnis Anda bergabung karena berbagai alasan dan dengan berbagai
harapan, karena hal tersebut biasanya keahlian masing-masing individu
malah terabaikan. Pastikan Anda tidak mengabaikan keahlian masing-masing
individu karena bisa saja nantinya menimbulkan perbedaan besar perihal
motivasi, komitmen bisnis bahkan kesuksesan bisnis tersebut nantinya.
4. Melengkapi kekurangan mitra
Dalam
upaya menghemat keuangan perusahaan, Anda dan mitra bisnis Anda
tentunya harus memilah-milah hal yang perlu dan yang tidak diperlukan.
Seiring waktu, hal-hal tersebut benar-benar dapat menenggelamkan bisnis
Anda sehingga Anda harus segera mengetahui apa saja kekurangan Anda dan
mitra Anda. Kekurangan tersebut bisa saja terdapat pada strategi,
pengembangan produk/jasa, pemasaran dan penjualan, manajemen tim, manajemen
keuangan dan administrasi, serta operasional. Segera identifikasi
kekurangan mitra bisnis Anda sehingga Anda bisa segera mengantisipasi
dengan merekrut tim yang tepat.
5. Tetapkan tujuan individu dan perusahaan
Cara
ideal bagi para mitra bisnis Anda untuk menentukan tujuan perusahaan
dapat dimulai dengan menentukan tujuan dari masing-masing individu yang
tentunya nanti akan menunjang tujuan perusahaan. Pastikan tujuan yang
disusun secara terstuktur dan mendukung ekspektasi terhadap bisnis
tersebut.
6. Segera tangani perselisihan, kekecewaan, dan frustasi
Di
setiap kerjasama usaha,selisih paham dan perbedaan pendapat pasti
terjadi. Penanganan perselisiahan dalam kemitraan dengan efektif adalah
kunci untuk menjaga hubungan secara stabil dan menjaga kemitraan dengan
baik. Jangan biarkan perasaan benci tumbuh antara satu sama lain dari
waktu ke waktu. Buatlah aturan dimana masing-masing dapat melakukan
pendekatan pada yang lainnya ketika ada sesuatu yang perlu ditangani.
Daftar Pustaka
Bobsusanto 2016. Pengertian Kerjasama Dan Manfaat Kerjasama Terlengkap. Spengatahuan.com. dalam http://www.spengetahuan.com/2016/10/pengertian-kerjasama-dan-manfaat-kerjasama-terlengkap.html. Diunduh 18 Oktober 2016.
Bitar 2016. Pengertian, Manfaat, Dan Bentuk Kerjasama Beserta Contohnya Lengkap. Gurupendidikan.co.id. dalam http://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-manfaat-dan-bentuk-kerjasama-beserta-contohnya-lengkap/. Diunduh 15 Desember 2016
Sribu 2014. 7 Tips Sukses Membangun Kerjasama Usaha dengan Orang Lain. Blog.sribu.com. dalam http://blog.sribu.com/7-tips-sukses-membangun-kerjasama-usaha-dengan-orang-lain/. Diunduh 17 Juli 2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar