Oleh: Rofiqoh Awaliyah ( @K28-Rofiqoh )
Abstrak
Kedisiplinan
merupakan faktor yang berasal dari dalam diri yang dapat mempengaruhi
pencapaian prestasi belajar. Dengan tingkat kedisiplinan belajar yang tinggi
diharapkan dapat memperoleh prestasi yang optimal. Dengan disiplin belajar yang
baik akan dapat mendorong meraih prestasi belajar yang optimal. Semakin tinggi
tingkat kedisiplinan belajar, maka akan semakin baik prestasi belajar yang
diraihnya.
Kata
Kunci: Disiplin Belajar
Ya, salah satu yang mempengaruhi
prestasi adalah disiplin belajar. Disiplin belajar merupakan salah satu sikap
atau perilaku yang harus dimiliki. Kita akan memperoleh hasil belajar yang memuaskan
apabila kita mampu mengatur waktu dan kegiatan belajarnya.
Teori menyatakan bahwa disiplin
belajar adalah perwujudan dari sikap, tingkah laku dan perbuatan seseorang yang
tumbuh dari dalam kesadaran dirinya untuk belajar dengan mematuhi dan
melaksanakan segala macam peraturan yang berlaku baik di sekolah maupun di
rumah (Djamarah 2002: 12).
Sikap disiplin yang
timbul dari kesadarannya sendiri akan dapat lebih memacu dan tahan lama
dibandingkan dengan sikap disiplin yang timbul karena adanya pengawasan dari
orang lain. Disiplin dapat tumbuh dan dibina melalui latihan, pendidikan atau
penanaman kebiasaan dimulai sejak dalam lingkungan keluarga, mulai pada masa
kanak-kanak dan terus tumbuh berkembang sehingga menjadi disiplin yang semakin
kuat. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa disiplin belajar merupakan
salah satu faktor yang berpengaruh terhadap perhatian orang tua dirumah.
Prestasi belajar
seseorang pada dasarnya dipengaruhi oleh berbagai faktor baik yang berasal dari
dalam (internal) maupun dari luar (eksternal) diri kita yang paling terkait. Tetapi
pada kenyataannya faktor dalam diri saja tidak menunjang dalam proses prestasi
belajar tanpa adanya metode pembelajaran yang baik serta dukungan dari pengajar
sebagai tenaga pengajar dalam proses belajar mengajar. Beberapa masalah yang
berkaitan dengan prestasi belajar antara
lain, motivasi dalam belajar, metode pembelajaran, disiplin belajar, perhatian
orang tua, sumber dan fasilitas yang tersedia, kondisi lingkungan yang
mendukung dan sebagainya.
Menurut Soegeng
Prijodarminto, (1993: 15) “Disiplin adalah suatu kondisi yang tercipta dan
terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai
ketaatan, kepatuhan, keteraturan dan ketertiban”. Disiplin memang susah dalam
penerapan dan berat untuk dilakukan, namun apabila kita tetap untuk disiplin
maka hasil yang akan diperoleh cenderung akan sesuai dengan yang diinginkan.
Menurut Rugun (1991:20); Aspek-aspek penting yang mempengaruhi
penerapan disiplin tersebut adalah:
(a)ketepatan waktu,
(b) ketaatan dalam mengikuti aturan-aturan yang didasari kerelaan hati untuk melaksanakan aturan dan menghindari larangan-larangan,
(c) tanggung jawab terhadap segala kegiatan.
(a)ketepatan waktu,
(b) ketaatan dalam mengikuti aturan-aturan yang didasari kerelaan hati untuk melaksanakan aturan dan menghindari larangan-larangan,
(c) tanggung jawab terhadap segala kegiatan.
Pada hakekatnya tidak ada
faktor tunggal yang berdiri sendiri yang secara otomatis menetukan prestasi
belajar. Kesadaran pentingnya norma, aturan, kepatuhan, dan ketaatan merupakan
prasyarat kesuksesan seseorang.
Kesimpulan
Berdasarkan latar
belakang tersebut menunjukkan adanya permasalahan motivasi, metode pembelajaran
dan disiplin belajar. Dapat disimpulkan bahwa disiplin itu adalah kesadaran dan
kesediaan seseorang menaati semua peraturan disuatu tempat dan norma-norma yang
berlaku, sehingga dengan menanamkan sikap disiplin seseorang akan dengan mudah
mencapai hasil belajar yang maksimal.
Daftar
Pustaka
Simbolon. 2015. Pengaruh Variasi Gaya Mengajar Guru
Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X AP SMK YAPIM 2
MEDAN. https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=manfaat+disipin+belajar&btnG
, http://digilib.unimed.ac.id/14536/1/7111141003%20BAB%20I.pdf
Maja, Ibnu. 2013. PENGARUH MOTIVASI, METODE
PEMBELAJARAN DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA TEKNIK
DI POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA (Studi Penelitian pada Mahasiswa Jurusan Teknik
Kimia). ORASI
BISNIS Vol 9,
No 3 (2013): Orasi Bisnis Edisi IX Mei 2013 http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=89941
Ariefiani, Mega Nita. 2013. HUBUNGAN DISIPLIN DENGAN
HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGOLAHAN MAKANAN INDONESIA 1 DI SMK
NEGERI 9 PADANG. E-Journal Home Economic and Tourism Vol 2, No 1 (2013):
periode maret 2013 http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=24245
Nurhayati. 2014. PENGARUH KEADAAN EKONOMI ORANGTUA,
DISIPLIN MELALUI PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR. Vol 2, No 5 (2014):
JEE (jurnal Edukasi Ekobis) http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=287875
Anggraini, Pramita dan Arifin Rahman. 2013. PENGARUH
PENERAPAN MOTIVASI DAN DISIPLIN DALAM KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
KELAS VII SMP NEGERI 7 NGANJUK. Kajian Moral dan Kewarganegaraan No 1 Vol 1 https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=manfaat+disipin+belajar&btnG
, http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/1478/1117
Artikel memacu pelajar untuk bljr disiplin
BalasHapus