Kerjasama
adalah suatu usaha antara orang perorangan atau kelompok manusia
diantara kedua belah pihak untuk tujuan bersama sehingga mendapatkan hasil yang
lebih cepat dan lebih baik.
Kerjasama
dimaksudkan sebagai suatu usaha bersama antara orang perorangan atau kelompok
manusia untuk mencapai satu atau tujuan bersama. Keragaman dalam team mendorong
munculnya pandangan dan inovasi baru. Tetapi keragaman membawa resiko pada
kerjasama karena anggota team umumnya lebih dapat bekerja sama bila merasa
memiliki sebuah kesamaan (pendidikan/budaya/latar belakang/SARA). Semakin
tinggi tingkat keasingan pada sebuah team, semakin kecil kemungkinan anggota
team mau berbagi pengetahuan atau bekerja sama. Hal yang sama berlaku juga
untuk pendidikan, semakin tinggi pendidikan, semakin sering terjadi debat
pendapat dalam team (dapat mengarah ke “analysis paralysis” – dimana tidak ada
seorangpun yang mau mengalah).
Pengertian kerjasama
tim di atas, mengandung makna penting yaitu:
·
Dua orang atau lebih, mengandung
pengertian bahwa kerjasama akan terbentuk jika ada minimal dua orang atau
dua pihak yang melakukan kesepakatan
·
Aktivitas, bahwa kerjasama akan terjadi
karena ada aktivitas atau usaha yang dikehendaki bersama, sebagai alat dalam
mencapai tujuan yang membutuhkan strategi bisnis.
·
Tujuan atau target, merupakan aspek yang
menjadi otoritas atau sasaran dari kerjasama tersebut. Keuntungan yang diterima
atau dirasakan kedua pihak baik secara finansial ataupun nonfinansial.
·
Jangka waktu, kerjasama tim yang
dibentuk kedua pihak dibatasi oleh waktu dengan maksud ada kesepakatan kedua
belah pihak kapan kerjasama tesebut berakhir setelah tujuan yang dikehendaki
tercapai.
Dari
uraian pengertian diatas, dapat dipahami bahwa kerjasama terbentuk karena
adanya kesadaran dan saling menguntungkan kedua belah pihak. Kerjasama dalam
tim selain mempermudah meraih keuntungan bersama, juga memiliki manfaat lain
yaitu:
o
Kerjasama dalam tim mendorong timbulnya
persaingan dalam mencapai tujuan serta adanya peningkatan produktivitas.
Produktivitas yang tinggi didapatkan bila terjadi pengurangan input, tetap
diperoleh output yang semakin besar.
o
Kerjasama dalam tim memicu berbagai upaya
individu agar dapat bekerja secara efektif, produktif, dan efisiensi yang
diartikan pencapaian kerja yang hemat, tidak boros sehingga menimbulkan keadaan
menguntungkan baik dari segi waktu, biaya, maupun tenaga.
o
Kerjasama dapat mendorong terciptanya
sinergi sehingga menekan biaya operasional dan menyebabkan persaingan
meningkat.
o
Tanggung jawab sesuai dengan kemampuan
yang dimiliki masing-masing.
o
Kerjasama menciptakan hubungan harmonis
antara kedua belah pihak yang terlibat, serta dapat meningkatkan rasa
kesetiakawanan.
o
Kerjasama tim menghasilkan praktek
yang sehat serta meningkatkan motivasi anggota.
o
Mendorong partisipasi dalam menjaga dan
melestarikan kondisi dan situasi di lingkungannya tempat kerjanya.
Tujuan
Bekerja sama :
Ada sepuluh karakteristik
yang diperlukan tim dan partisipasi dalam menghasilkan kinerja secara luar
biasa dan cepat mencapai tujuan yang diharapkan.
§ Prinsip,
Tujuan dan Sasaran
§ Keterbukaan
dan Konfrontasi
§ Dukungan
dan Kepercayaan
§ Kerjasama,
Komunikasi dan Konflik
§ Prosedur
kerja dan keputusan yang layak
§ Kepemimpinan
yang layak
§ Review
Kerja dan Program secara Reguler.
§ Pengembangan
Individu.
§ Hubungan
antar kelompok (sosial).
§ Ikatan
hati secara sinergi.
Daftar Pustaka
Aprillyan,
Vandy. 2013. Kerja Sama (Team Work). [Online]. Tersedia: http://vandyaprillyan.blogspot.co.id/2013/10/kerja-sama-team-work.html.
[26 November 2016].
Anonim.
2014. Manfaat dan Pengertian Kerjasama Tim. [Online]. Tersedia: http://equity-worldf.com/manfaat-dan-pengertian-kerjasama-tim-equity-world-futures/.
[26 ovember 2016].
Sn, Nuning. 2014. Pengaruh Kerjasama Tim Terhadap Kinerja. [Online]. Tersedia: http://sunbrighter.blogspot.co.id/2014/12/pengaruh-kerjasama-tim-terhadap-kinerja.html. [26 November 2016].
Tidak ada komentar:
Posting Komentar