Selasa, 15 Desember 2015

Rasa Peduli

Peduli adalah sebuah nilai dasar dan sikap memperhatikan dan bertindak proaktif terhadap kondisi atau keadaan di sekitar kita. Peduli adalah sebuah sikap keberpihakankita untuk melibatkan diri dalam persoalan, keadaan atau kondisi yang terjadi di sekitar kita.

Sikap peduli merupakan sikap yang terpanggil secara alamiah untuk membantu mereka yang lemah, miskin, membantu mengatasi penderitaan dan kesulitan yang dihadapi orang lain. Orang-orang peduli adalah orang-orang yang tidak bisa tinggal diam menyaksikan penderitaan orang lain.

Sikap peduli adalah sikap untuk proaktif dalam mengatasi masalah-masalah di masyarakat dengan menggunakan dan memanfaatkan di masyarakat dengan menggunakan dan memanfaatkan sumber daya yang ada di masyarakat. Sikap peduli juga memberikan kesediaan untuk memberi solusi terhadap persoalan masyarakat. Agar masyarakat dapat mau berdonasi, agar masyarakat mau menyumbang, agat masyarakat memilih kerelawanan sehingga membantu kesulitan saudara-saudara kita.

Memiliki sifat peduli memang sangat penting karena dengan kita peduli, kita menjadi peka dengan apa yang ada di sekitar kita. Dengan peduli kita belajar untuk menjadi orang yang tidak egois dan mementingkan diri sendiri sehingga kita disenangi banyak orang dan mudah untuk bergaul. Sehingga mudah untuk melakukan hubungan kerja dan sebagainya.

Peduli tidak hanya dengan sesama manusia, tetapi peduli dengan lingkungan, benda yang ada di sekitar kita, kondisi diri kita maupun orang lain, tumbuhan, hewan, perkembangan zaman, dan sebagainya.

Sikap peduli juga dibutuhkan seorang pemimpin, karena pemimpin harus peduli terhadap anggotanya atau partner kerjanya, karena jika pemimpin tidak memiliki sifat peduli terhadap sesama, maka anggota yang ada di bawah naungannya akan tidak merasa nyaman dan pekerjaan menjadi tidak maksimal dan terkesan terpaksa.


Saya sendiri orang yang selalu mencoba untuk peduli dan mengerti orang lain, namun terkadang saya sulit peduli dengan diri saya, karena saya termasuk orang yang agak ambisius, jadi terkadang terkesan memaksakan dan kurang peduli dengan keadaan.

Sikap peduli memang sangat penting. Biasakan hidup dengan rasa peduli, namun jangan jadikan peduli ini hanya karena Anda menginginkan sesuatu, lakukanlah dengan ikhlas. Sesungguhnya setiap kegiatan yang dilakukan dengan ikhlas akan memperoleh hasil yang baik dan memuaskan hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar