Rabu, 09 Desember 2015

Konsep Peduli






Pengertian Peduli
Peduli merupakan sebuah kata sederhana, namun kata sederhana ini memiliki banyak makna. mengapa? karena ketika menanyakan kata peduli pada 10 orang maka kita akan mendapatkan jawaban yang relatif bervariasi.
pada kesempatan kali ini saya ingin menulis mengenai kepedulian. saya awali dari alasan saya.  
Peduli merupakan sikap yang harus dimiliki manusia. Peduli merupakan sikap yang sangat berguna bagi diri sendiri maupun bagi diri orang lain. Dengan peduli orang lain akan merasa terbantu apabila mengalami masalah yang dihadapi orang tersebut. Peduli harus dimiliki oleh seluruh makhluk hidup, meski itu manusia ataupun hewan. Peduli dapat pensejahterakan hidup seluruh manusia. 
Misalnya ketika ada seseorang yang terkena musibah, kita perlu peduli dengan orang yang terkena musibah tersebut. Karena mereka pasti membutuhkan bantuan dari tangan kita. Dengan kita peduli dengan orang lain, maka ketika kita tertimpa musibah maka akan mendapat bantuan dari orang yang lain lagi. Dan Allah swt. Akan memberikan bantuan juga karena sebelumnya kita telah membantu orang lain juga.  Saya akan Menjadi Mahasiswa yang memiliki sifat peduli kepada siapapun, peduli terhadap lingkungan sekitar, membuang sampah pada tempatnya, tidak merokok ditempat umum, memberikan tempat duduk diangkutan umum kepada yang membutuhkan seperti orang tua atau ibu-ibu hamil. peduli kepada keluarga dengan cara selalu menjaga komunikasi dengan baik, selalu menanyakan kabar, selalu menyapa teman serta menolong teman yang sedang kesulitan dan lain sebagainya.
Dalam kisah terkenal tentang tiga pertanyaan sang kaisar, disebutkan bahwa salah satu dari tiga pertanyaan tersebut adalah: apakah hal terpenting yang harus dilakukan dalam hidup ini? Jawabannya, seperti yang kita ketahui dari kisah itu, adalah: Peduli.

Ada yang Selalu Tak Berubah
Saat pertama kali mengetahui jawaban yang begitu sederhananya dari pertanyaan tersebut, saya tidak dapat mempercayai bahwa pertanyaan sepenting itu mempunyai jawaban yang demikian sederhana. Peduli, sebuah kata yang sudah saya ketahui artinya, tetapi jarang saya renungi maknanya. Di balik kesederhanaannya, kata itu mengandung makna yang luar biasa. Dan bila setiap orang memahami dan menjadikannya sebagai pedoman dalam berpikir, bertindak dan berkata, maka dunia kita sudah lama sekali menjadi dunia yang damai dan sentosa.
Peduli berarti kita mengasihi orang lain seperti kita mengasihi diri kita.
Peduli berarti kita memperlakukan orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan.
Peduli berarti kita membuka lebar-lebar pintu hati kita demi kebahagiaan dan kesejahteraan semua makhluk.
Dan dengan kepedulian, kita menjadikan dunia ini sebagai tempat tinggal yang nyaman dan damai bagi semua makhluk, sebelum pada akhirnya bersama-sama merealisasikan tujuan sejati kita semua.

Daftar Pustaka
https://dhammacitta.org/artikel/peduli/
https://id.wikipedia.org/wiki/Peduli


Tidak ada komentar:

Posting Komentar